sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan With dan By serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

Saat belajar Bahasa Inggris, kamu akan mendapati ada beberapa kata yang memiliki arti sama secara harfiah. Namun karena kata-kata tersebut berbeda, tentu makna dan penggunaannya juga berbeda. Seperti halnya kata With dan By yang akan kita bahas perbedaan serta penggunaannya dalam Bahasa Inggris.

Arti With dan By

Arti umum dari With dan By dalam Bahasa Indonesia adalah “dengan”. Selain itu, kata with juga bisa berarti bersama, pada, karena, terhadap, serta, menggunakan, memakai, milik, walau, dan meskipun. Sedangkan kata by dapat berarti juga oleh, menurut, dan, karena, demi, per, lewat, mengikuti, dan di dekat.

Arti yang luas dari kedua kata ini penerapannya harus disesuaikan dengan konteks dan makna yang mengacu dalam kalimat. Jadi baik kata With dan By sulit untuk diartikan atau dipahami hanya dari kata per kata saja tanpa melihat kalimatnya secara keseluruhan. Untuk lebih jelasnya mengenai makna serta penggunaan dari kedua kata ini akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Penggunaan With

Penggunaan With dalam Bahasa Inggris cukup banyak dan konteksnya bervariasi. Namun secara umum penggunaan With terbagi ke dalam lima kategori, yaitu:

Menunjukkan Kebersamaan

Penggunaan With yang yang pertama adalah menunjukkan kebersamaan atau keterlibatan satu orang/pihak dengan orang/pihak yang lainnya. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

Ian: Donna, do you see Gerry? (Donna, apa kamu melihat Gerry?)

Donna: Gerry was with me until a moment ago, but then he went to library for returning some books. (Gerry bersama denganku sampai beberapa saat lalu, tapi kemudian dia pergi ke perpustakaan untuk mengembalikan beberapa buku.)

Menunjukkan Kepemilikan

Kata With juga dapat digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atas sesuatu, dan biasanya merupakan bagian dari diri seseorang sebagai identitas dirinya. Misalnya seperti berikut:

A: I’m looking for a girl named Bianca. Can you tell me where I can find Bianca? (Aku mencari seorang gadis bernama Bianca. Bisakah kamu beritahu dimana aku bisa menemukan Bianca?)

B: You can go to the cafetaria and find a girl with red hat. Bianca is the one who wear that hat in this school. (Anda bisa pergi ke kantin dan cari gadis dengan topi merah. Bianca satu-satunya orang yang menggunakan topi itu di sekolah ini.)

Menunjukkan Pemakaian

Kata With dapat diterapkan untuk menunjukkan pemakaian atau penggunaan suatu benda, yang biasanya untuk mendukung suatu kegiatan. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

Tiara: Wow, your painting is really great! How did you make it? (Wah, lukisan kamu bagus banget! Gimana cara buatnya?)

Dinda: I paint it with colorful watercolor so the colors turn out well. (Aku melukisnya dengan cat air warna-warni jadi menghasilkan warna-warna yang bagus.)

Menunjukkan Persetujuan

Penggunaan kata With yang selanjutnya adalah sebagai ungkapan persetujuan atas sesuatu atau sepakat dengan pendapat orang lain. Misalnya seperti pada contoh berikut:

Doni: I think our team’s preparation was not maximal for today’s competition. (Menurutku persiapan tim kita tidak maksimal untuk perlombaan hari ini.)

Reza: Yes, I’m agree with you. We didn’t give our all, not like the usual us. (Iya, aku setuju denganmu. Kita tidak mengerahkan kemampuan terbaik, tidak seperti kita yang biasa.)

Penggunaan By

Seperti halnya kata with, kata by juga banyak digunakan pada berbagai konteks dalam Bahasa Inggris. Secara garis besar, berikut adalah penggunaan kata By yang dapat diterapkan:

Menunjukkan Jarak

Penggunaan By yang pertama adalah untuk menunjukkan jarak atau rentang, dan bisa diartikan sebagai kedekatan dari segi dimensi. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

Leo: Rian, I heard that you met the singer Rain yesterday. (Rian, aku dengar kamu ketemu penyanyi Rain kemarin.)

Rian: Yes, he was by my side and I could see his face clearly! But I couldn’t ask for his autograph because I was too nervous. (Ya, dia berada di sampingku dan aku bisa melihat wajahnya dengan jelas! Tapi aku tidak bisa meminta tandatangannya karena aku terlalu gugup.)

By dalam Kalimat Pasif

Kata By sangat erat kaitannya dalam konteks kalimat pasif, yang digunakan di depan subjek yang melakukan suatu perbuatan. Dalam konteks ini, kata by bisa diartikan sebagai oleh atau dengan.

Dinda: Wow, your hair is really pretty, Nanda! Do you braid it yourself? (Wah, rambut kamu cantik banget, Nanda! Apa kamu mengepangnya sendiri?)

Nanda: Of course no, Dinda. My hair was braided by my mother this morning. (Tentu saja tidak, Dinda. Rambutku dikepang oleh ibuku pagi ini.)

Menunjukkan Cara

Penggunaan kata By yang selanjutnya adalah untuk menunjukkan cara atau metode dalam melakukan sesuatu. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

Bayu: Mia, how long it will take to go to your grandmother’s village? (Mia, berapa lama yang dibutuhkan untuk pergi ke desa nenekmu?)

Mia: It will take about 12 hours, and we need to go by boat. There is no other transportation that will go there. (Itu akan membutuhkan waktu sekitar 12 jam, dan kita harus pergi dengan naik kapal. Tidak ada transportasi lain yang akan pergi kesana.)

Menunjukkan Tujuan

Penggunaan kata By yang terakhir adalah untuk menunjukkan suatu tujuan dari tindakan yang akan atau sedang dilakukan. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

Tiara: How is your dating relationship after that incident, Rere? (Bagaimana hubungan asmara kamu setelah kejadian itu, Rere?)

Rere: Well, he is trying to do it well by treating me kindly. (Yah, dia sedang berusaha memperbaikinya dengan memperlakukanku secara baik.)

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan kata With dan By, serta penggunaannya yang dapat diterapkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Perbedaan antara Preposisi To dan For dalam Bahasa Inggris
Perbedaan That vs Which vs Who vs Whom
Perbedaan Used To, Be Used To, dan Get Used To dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Can I, Could I dan May I
Perbedaan: A lot of vs Lots of
Perbedaan Wake, Waken, dan Awake
Perbedaan Penggunaan Kata Will dan Going To
Perbedaan Two, To, dan Too
Perbedaan Kata Benda Plural vs Singular
Perbedaan Erase, Remove, dan Delete