sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Generic Structure dan Contoh Descriptive Text

DESCRIPTIVE TEXT adalah bacaan yang menjelaskan sesuatu. Fungsi bacaan ini adalah untuk mendeskripsikan atau menjelaskan dengan baik tentang suatu hal, bisa berupa seseorang, hewan, benda, tempat, dll.

Bila Anda ingin pembaca membayangkan sesuatu, Anda bisa menggunakan bacaan deskriptif untuk menjelaskannya.

Agar lebih mudah mengenali descriptive text, Anda bisa memerhatikan struktur yang biasanya ada dalam bacaan tersebut, antara lain:

  • Identifikasi: mengidentifikasi atau mengenali sesuatu yang akan dijelaskan.
  • Deskripsi: menjelaskan hal tersebut berdasarkan bagian-bagiannya, kualitas, atau karakteristiknya.

Selain itu, perhatikan pula bahwa descriptive text kerap kali menggunakan kata be dan have, yang juga kerap digunakan dalam bentuk simple present tense. Namun, bila hal yang akan Anda jelaskan sudah tidak lagi ada, Anda bisa menggunakan past tense untuk menggambarkannya.

–> penjelasan lebih lengkap tentang descriptive text

Mari kita simak contoh descriptive text berikut ini.

MISS APRIL

Miss April is my English teacher in kindergarten and she teaches my class for a whole year.

Miss April wears square glasses and always cuts her hair short. She’s very tall and very skinny. She says she doesn’t like her skinny body but doesn’t know how to gain weight either. She loves wearing sneakers to school, always wears polo shirt and a pair of black pants. She has not married yet and doens’t have any children on her own. She says that’s why she teaches kindergarten, so that she can be near a lot of kids.

She is very smart and a very fun teacher. She teaches us a lot of things from animals to house equipments. She loves to play with us, teaches us new words, how to spell the words that we just learn, and sometimes she brings her ukulele to the class and sings us children songs, such as Itsy Bitsy Spider, Twinkle-Twinkle Little Star, and If You’re Happy song.

Bacaan di atas merupakan deskripsi seorang murid akan gurunya yang bernama Miss April. Bila kita uraikan berdasarkan struktur descriptive text, maka:

MISS APRIL
Identifikasi Bu April adalah guru bahasa Inggris saya di taman kanak-kanak dan ia mengajar kelas saya selama sepanjang tahun.
Deskripsi Bu April mengenakan kacamata kotak dan selalu memotong pendek rambutnya. Ia amat tinggi dan amat kurus. Ia bilang bahwa ia tidak suka dengan tubuh kurusnya tapi ia juga tidak tahu bagaimana cara untuk bertambah gemuk. Ia suka memakai sepatu kets ke sekolah, selalu mengenakan baju polo dan sepasang celana panjang hitam. Ia belum menikah dan tidak memiliki anak. Ia bilang itulah yang membuat mengajar taman kanak-kanak, agar ia bisa dekat dengan anak kecil.

Ia adalah guru yang amat pintar dan menyenangkan. Ia mengajari kami banyak hal mulai dari hewan hingga peralatan rumah. Ia suka bermain dengan kami, mengajari kami hal-hal baru, bagaimana mengeja kata-kata yang baru kami pelajari, dan ia kadang membawa ukulelenya ke kelas dan menyanyikan lagu anak-anak untuk kami, seperti Itsy Bitsy Spider, Twinkle-Twinkle Little Star, dan lagu If You’re Happy.

Setelah contoh deskripsi mengenai seseorang, mari kita simak deskripsi mengenai tempat berikut ini.

MY FAVORITE ROOM

My favorite room in the whole world is my own bedroom in my parents’ house.

It has everything that I want in this life: a comfortable bed that faces a wide window on the east side of the room. So, when I wake up in the morning and swipe the window curtain, the light of sunrise enters the room little by little, creates a beautiful silhouette and warms the whole room. On the right corner of room near the window, there’s a study desk that was once my father’s. Next to that desk, there’s a white wardrobe where I put all of my clothes.

In front of the wardrobe, at the other side of the room, there’s a yellow bookshelf where I put half of my book collection. I choose the collor yellow so it matches the collor of my bedroom wall. Next to the bookshelf, I have a dressing table. And next to that dressing table is where I put my guitar. It’s a fifteen-year-old guitar but it still sounds great and I love it so much.

Bacaan di atas merupakan deskripsi seseorang akan ruangan favoritnya, yakni kamar tidurnya sendiri. Bila kita uraikan berdasarkan struktur descriptive text, maka:

MY FAVORITE ROOM
Identifikasi Ruangan favoritku di seluruh dunia adalah kamar tidurku sendiri di rumah orangtuaku.
Deskripsi Di sana ada segalanya yang aku inginkan dalam hidupku: tempat tidur nyaman yang menghadap sebuah jendela lebar di sisi timur kamar. Sehingga, saat aku bangun di pagi hari dan menyibakkan tirainya, sinar matahari masuk ke dalam kamar sedikit demi sedikit, membentuk siluet yang cantik dan menghangatkan seluruh kamar. Di sisi kanan kamar di dekat jendela, ada meja belajar yang dulunya milik ayahku. Di sebelah meja tersebut, ada lemari pakaian putih di mana aku menaruh seluruh bajuku.

Di depan lemari tersebut, di sisi lain kamar ini, ada sebuah rak buku kuning tempat aku menaruh sebagian koleksi bukuku. Aku memilih warna kuning agar cocok dengan warna dinding kamarku. Di samping rak buku tersebut ada meja rias. Dan di samping meja rias itulah aku menaruh gitarku. Gitar berusia 15 tahun yang masih bersuara bagus dan sangat kusayangi.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa untuk menulis descriptive text, perhatikan:

  • Fokus pada orang-orang yang secara spesifik terkait dalam tulisan.
  • Gunakan simple present tense, tapi bila hal tersebut sudah tidak lagi ada maka gunakan past tense.
  • Gunakan descriptive adjectives.
  • Gunakan frasa nomina yang detil untuk menggambarkan subjek.
  • Gunakan action verbs.
  • Gunakan adverbia untuk memberi info tambahan tentang suatu perilaku.
  • Gunakan bahasa figuratif atau perumpaan.

Nah, kini giliran Anda untuk mencoba membuat descriptive text sendiri. Mulailah dengan mencoba membuat bacaan yang menggambarkan suatu tempat yang telah Anda kenal dengan baik. Bisa berupa kamar tidur Anda, kampus, kota tempat tinggal Anda, kafe favorit, dll. Anda bisa gunakan tips serta contoh yang kami berikan untuk membuatnya. Selamat belajar!

–> contoh desriptive text lainnya

 

10 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris
5 Contoh Kisah Klasik “Narrative Text” dalam Bahasa Inggris
Generic Structure & Contoh Narrative Text
Apa itu Report Text?
Apa itu Spoof Text? Berikut Contoh Spoof Text!
Generic Structure dan Contoh Descriptive Text
Text Genre Classification: Apa itu Descriptive Text?
Contoh Cause Effect & Penjelasannya – Part 2
Belajar Banyak Hal dari Explanation Text
Generic Structure & Contoh Recount Text


 
Perbedaan Penggunaan Do, Be, dan Have
20 Kalimat Sindiran dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Have Been, Has Been, dan Had Been
Contoh Daily Activity Seorang Ibu
Daftar Ucapan Selamat Pernikahan dalam Bahasa Inggris beserta Terjemahannya
Daftar Ucapan Selamat Tahun Baru dalam Bahasa Inggris beserta Terjemahannya
Text Genre Classification: Apa itu REVIEW TEXT?
Perbedaan Bahasa Inggris Britis (UK) dan Amerika (US)
Cara Membaca Waktu (Jam) dalam Bahasa Inggris dan Artinya
Perbedaan Their, They’re, dan There