sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Different Vs Divergent

Dalam bahasa Inggris ada banyak kata yang memiliki makna serupa, salah satunya different dan divergent. Namun meski maknanya mirip, ternyata ada sejumlah perbedaan dari kedua kata tersebut. Seperti apakah perbedaan diantara keduanya? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Different

Dalam bahasa Indonesia, kata different memiliki makna “berbeda, tidak serupa atau tidak sama.” Sementara dalam bahasa Inggris differrent dibedakan menurut fungsinya.

Different merupakan adjective (kata sifat). Sebagai kata sifat atau adjective, different memiliki makna sebagian atau semuanya yang tampak tidak sama secara alami, baik dari bentuk atau kualitasnya. Bisa juga diartikan sebagai sesuatu yang tidak sama, tidak umum, lain, atau spesial. Different dapat digunakan dalam beberapa contoh kalimat berikut,

  • A very different situation to the one under which we live, (Situasi yang sangat berbeda dengan yang kita tinggali).
  • Switched to a different radio program. (Ganti dengan program radio yang berbeda).
  • He was different and special. (Dia berbeda dan spesial).
  • He has a different opinion. (Dia memiliki pendapat yang berbeda).
  • The two sisters could not have been more different. (Kedua bersaudara itu sangat berbeda).
  • We have to try an entirely different approach. (Kita harus mencoba pendekatan yang benar-benar berbeda).
  • She was trying to be different women. (Dia sedang mencoba menjadi wanita yang berbeda.)
  • That horor comedy movie certainly was different. (Film komedi horor itu tentu berbeda).
  • She has a very different style of dressing. (Dia memiliki gaya berpakaian yang sangat berbeda)
  • They went to different school. (Mereka pergi ke sekolah yang berbeda).
  • There’s nothing wrong with having a different opinion. (Tidak ada yang salah dengan memiliki pendapat yang berbeda).
  • She’s a different person, entirely. (Dia orang yang berbeda, sama sekali).
  • Some people changed together and others went in different directions. (Beberapa orang berubah bersama dan lainnya pergi ke arah yang berbeda).
  • I enjoy traveling, especially to very different places. (Saya menikmati pergi jalan-jalan, khususnya ke tempat-tempat yang sangat berbeda).
  • What’s the different about your test? (Apa perbedaan tentang ujian kamu?)
  • Everything is different nowadays, everything is changed. (Semuanya berbeda sekarang ini, semuanya berubah.)

Dalam penerapannya, different kerap diikuti kata from, than dan to (umumnya digunakan dalam English British). Sementara different from lebih umum digunakan, baik British English maupun American English.

Divergent

Sementara divergent merupakan sinonim dari different. Sebagai sinonim, tentu kedua kata tersebut memiliki makna yang tidak jauh berbeda. Namun ada beberapa definisi tentang divergent, diantaranya.

  1. Cenderung untuk berpindah ke arah yang berbeda.
  2. Mundur semakin jauh dari satu sama lain, seperti garis yang memancar dari satu titik.
  3. Menyimpang dari yang lain atau dari standar.

Dalam matematika, divergent didefinisikan sebagai suatu deret tak terhingga, urutan yang tidak memiliki batas. Atau deret tidak terhingga yang jumlah parsialnya tidak memiliki batas. Biasanya ini digunakan untuk menjelaskan sebuah rumus bilangan tertentu. Sementara dalam ilmu fisika,  divergent menyebabkan sinar menjauh dari pusat umum, menyebabkan divergensi sinar.

Kata lain dari divergent ialah divergently yang merupakan kata keterangan (adverb). Perhatikan contoh kalimat berikut.

  • It took the spouses four years to discover that their tastes were divergent and their tempers incompatible. (Pasangan ini membutuhkan waktu empat tahun untuk menemukan bahwa selera mereka berbeda dan emosi mereka tidak sesuai.)
  • Two divergent views have been held as to the nature of the original hexapod stock. (Dua pandangan berbeda sudah ada secara alami dari heksapoda asli.)
  • With regard to the origin of this building two divergent views are still held. (Berkenaan dengan asal mula gedung ini, dua pandangan yang berbeda masih dipegang).
  • It was here and now that divergent ideals as to the powers of the eldership really emerged. (Di sinilah dan sekarang cita-cita yang berbeda mengenai kekuatan para tetua benar-benar muncul).
  • The textus receptus is that of the Formula of Concord, the divergent Latin and German forms being equally binding. (Textus Receptus merupakan Formula dari Concord, perbedaan bentuk Latin dan Jerman yang sama-sama mengikat).
  • Thus the ancient kingdom was divided into three separate states with divergent aims and interests, a condition of things which, with frequent rearrangements, continued for more than 150 years. (Dengan demikian kerajaan kuno dibagi menjadi tiga negara terpisah dengan tujuan dan kepentingan yang berbeda, sebuah kondisi dimana, seiring penyusunan ulang yang dilakukan terus selama lebih dari 150 tahun).

Perbedaan Different dan Divergent

Dari segi makna, antara different dan divergent memang memiliki makna yang hampir sama. Namun nyatanya dalam penggunaannya, kedua kalimat tersebut tidak bisa menggantikan satu sama lain. Pasalnya jika sudah berada di dalam kalimat, kedua kata tersebut bisa memiliki makna yang cukup berbeda tergantung konteks kalimat.

Different cenderung digunakan dalam kalimat yang menunjukan perbedaan dengan lebih umum. Sementara divergent digunakan dalam kalimat yang lebih spesifik membahas sesuatu. Dalam konteks ilmu matematika, divergent merupakan sebuah deret, bukan konvergen. Sesuatu yang tidak mendekati suatu batas. Sementara differrent merupakan hasil berbeda.

Jika digunakan sebagai kata sifat, perbedaan antara divergent dan differrent ialah jika divergent itu tumbuh semakin jauh. Sementara differrent adalah sesuatu yang tidak sama, tidak serupa dan sesuatu yang menunjukkan perbedaan.

 

Perbedaan Lay, Lie, Lain, dan Laid
Perbedaan Adjective Modifiers vs Noun Modifiers
Perbedaan Singular Noun dan Plural Noun
Perbedaan Trip, Travel, Tour, & Journey
Perbedaan: Avenge vs Revenge vs Vengeance
Perbedaan Because vs Because of
Perbedaan: A lot of vs Lots of
Perbedaan antara Suggestion dan Recommendation dalam Bahasa Inggris
Perbedaan ‘Goose’ dan ‘Geese’
Perbedaan: Can, Could, Be Able To