sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Penggunaan Other dan Another dalam Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa kata yang memiliki arti serupa namun makna serta penggunaannya berbeda satu sama lain. Salah satunya adalah kata Other dan Another yang akan diulas lebih dalam pada pembahasan kali ini. Supaya dapat menggunakan kosakata Other dan Another dengan tepat sesuai dengan kaidah Bahasa Inggris, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Arti Kata Other dan Another

Secara harfiah, other dalam Bahasa Indonesia berarti lain, yang lain, satu lagi, orang lain, atau secara lain. Other bisa bermakna sebagai suatu tambahan (additional/extra), suatu pilihan atau alternatif lain (alternative), dan jenis atau tipe lain dari sesuatu (different type of something). Makna dari Other ini disesuaikan dengan penggunaan dan konteks kalimatnya, yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Sedangkan another juga berarti lain, namun lebih kepada yang lainnya atau sesuatu yang lainnya. Sama seperti Other, Another juga bisa bermakna sebagai suatu tambahan (additional/extra), alternative, dan different type. Another dapat juga dimaknai sebagai adanya satu lagi yang lainnya (one more).

Selain cara penggunaannya yang berbeda, perbedaan yang mendasar dari kedua kata ini adalah secara umum Another digunakan dalam bentuk tunggal (singular). Sedangkan kata Other bisa digunakan dalam bentuk tunggal (singular) maupun jamak (plural).

Penggunaan Other

Pengertian dan makna kata Other tentu masih sulit dipahami tanpa penjelasan mengenai bagaimana penggunaannya. Secara garis besar, berikut penggunaan Other dalam kaidah Bahasa Inggris yang tepat:

Other Sebagai Adjective

Penggunaan Other yang pertama adalah sebagai adjective atau kata sifat, yang diletakkan setelah noun (kata benda). Penggunaan Other sebagai adjective ini cukup sering ditemukan dalam berbagai konteks Bahasa Inggris, baik dalam bentuk tunggal maupun jamak.

  • I saw Doni leaving to the library with other boy from his class. (Aku melihat dia pergi ke perpustakaan bersama anak laki-laki lain yang sekelas dengannya.
  • Manda: I’m sorry, Rani. I can’t return your red dress right now because it got rained on yesterday and my mother is drying it in my home. (Maafkan aku, Rani. Aku tidak bisa mengembalikan sepatu merahmu sekarang karena kemarin kehujanan dan ibuku lagi mengeringkannya di rumah.)

Rani: It’s okay, Manda. I have other dresses beside that one, so take your time to return it. (Nggak apa-apa, Manda. Aku punya sepatu lain selain yang itu, jadi kamu nggak usah buru-buru mengembalikannya.)

Other Sebagai Pronoun

Penggunaan Other yang selanjutnya adalah sebagai pronoun yang merupakan kata ganti dari kata benda (noun) dalam kalimat tersebut. Jika dalam bentuk tunggal maka pronoun ini dituliskan dengan the other, dan dalam bentuk jamak dituliskan menjadi others.

  • Miranda has two kids, the first one is a daughter and the other is a son. (Miranda memiliki dua anak, yang pertama adalah anak perempuan dan yang satunya adalah anak laki-laki.)
  • Rio: Nisa, did you come alone from the school? Where are the other students? (Nisa, apa kamu datang sendiri dari sekolah? Mana murid-murid lainnya?)

Nisa: Yes, but others told me that they will come soon. (Iya, tapi yang lain bilang padaku kalau mereka akan datang segera.)

Other + Ones dan The Other + One

Kata Other dapat digunakan sebagai adjective tanpa ditambahkan noun setelahnya, namun diganti menjadi one atau ones. Jika bentuknya tunggal, yang digunakan adalah the other ditambahkan one di belakangnya. Sedangkan jika bentuknya jamak, maka yang digunakan adalah other dengan ones setelahnya.

  • I like the dress from that store, and I want to buy the other one. (Aku suka gaun dari toko itu, dan aku ingin beli satu gaun lagi.)
  • We give the books to the orphanage, and our friends from other class will give other ones (Kami memberikan buku-buku ke panti asuhan itu, dan teman-teman kami dari kelas lain akan memberikan buku-buku yang lain juga.)

Penggunaan Another

Seperti halnya Other, penggunaan Another secara garis besar diterapkan sebagai adjective (kata sifat) dan pronoun (kata sifat). Berikut pembahasan mengenai penggunaan Another dalam kaidah Bahasa Inggris yang tepat:

Another Sebagai Adjective

Sebagai adjective, Another diletakkan sebelum kata benda atau noun yang memiliki bentuk tunggal (singular). Misalnya seperti pada contoh berikut:

Bambang already has five cars in his garage, and he bought another car last week. (Bambang sudah punya lima mobil di garasinya, dan dia membeli satu mobil lagi minggu kemarin.)

Seperti yang telah diulas pada bagian sebelumnya, kata Another digunakan untuk kata benda dengan bentuk tunggal. Jadi jika ingin menggunakan Another dalam kata benda berbentuk jamak, kita harus menambahkan angka di depannya.

Rana said that she and her family will stay in Kotabaru for another five years. (Rana bilang kalau dia dan keluarganya akan tinggal di Kotabaru untuk lima tahun ke depan.)

Another Sebagai Pronoun

Berbeda dengan Other, kata Another sebagai pronoun hanya dapat digunakan sebagai bentuk tunggal saja. Another digunakan untuk menggantikan noun atau kata benda berbentuk tunggal yang tidak spesifik.

I must print some documents but the paper has run out, so I need to buy another. (Aku harus mencetak beberapa dokumen tapi kertasnya habis, jadi aku butuh beli lagi.)

Another + One

Sama halnya dengan Other, kata Another juga dapat digunakan sebagai adjective dengan menambahkan kata one di belakangnya. Misalnya seperti pada contoh berikut:

Dharma ate two bowls of noodle, and he ask for another one. (Dharma memakan dua mangkuk mie, dan dia meminta satu mangkuk lagi.)

Demikianlah pembahasan Other dan Another serta bagaimana penggunaannya dalam Bahasa Inggris secara tepat. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Perbedaan Most dan Most Of
Perbedaan Can I, Could I dan May I
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Perbedaan Preferensi: Like, Prefer, Would Prefer, Would Rather
Perbedaan That dan Which Beserta Contohnya
Perbedaan: God, Gods, Goddess, Deity
Perbedaan Penggunaan “That” vs “Which” dalam Bahasa Inggris
Perbedaan: Beside vs Besides
Perbedaan Play, Do, dan Go dalam Olahraga
Contoh Penggunaan Preposition of Time