sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Announcement dan Advertisement dalam Bahasa Inggris

Kamu mungkin sering mendapati Announcement dan Advertisement saat sedang membaca teks-teks berbahasa Inggris. Dari segi pengertian, sebenarnya Announcement dan Advertisement sudah memiliki arti yang berbeda. Arti announcement secara sederhana adalah pengumuman, sedangkan advertisement adalah iklan.

Keduanya merupakan tulisan yang memberikan informasi, namun memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda. Kesamaan dari kedua hal ini adalah sama-sama merupakan bentuk komunikasi yang menyampaikan informasi kepada orang banyak. Pembahasan kali ini akan mengulas lebih mendalam mengenai Announcement dan Advertisement serta contoh-contohnya.

Apa Itu Announcement?

Announcement merupakan pengumuman, pemberitahuan, atau pernyataan yang biasanya bersifat formal dan ditujukan untuk publik. Announcement dapat menyampaikan mengenai fakta, peristiwa yang terjadi, atau hal-hal lainnya yang dirasa penting untuk diketahui orang banyak. Tujuan dari Announcement adalah menyampaikan informasi kepada publik atau khalayak yang memiliki kepentingan dengan isi dari pengumuman tersebut.

Dalam membuat Announcement, terdapat beberapa struktur yang harus diikuti, yaitu:

  • Title/Type, yaitu judul atau tipe Announcement yang akan disampaikan. Bagian ini tidak baku harus tertulis judul atau tipe dari Announcement itu, tapi sering juga ditulis dengan kata “Announcement” (pengumuman) saja.
  • Content, yaitu isi dari Announcement yang akan disampaikan seperti misalnya ditemukan barang atau pengumuman acara dalam sebuah organisasi.
  • Time & Place, yaitu waktu dan tempat yang terkait dengan isi dari Announcement itu sendiri. Misalnya tempat ditemukannya sebuah barang atau waktu pelaksanaan suatu acara.
  • Contact Person, yaitu kontak orang yang dapat dihubungi untuk mengkonfirmasi informasi dalam Announcement itu lebih lanjut.

Apa Itu Advertisement?

Advertisement adalah informasi mengenai produk, jasa, atau event tertentu yang disampaikan kepada publik. Berbeda dengan Announcement, Advertisement lebih bersifat komersil dan biasanya bertujuan mempromosikan atau menjual sesuatu. Advertisement juga bisa digunakan untuk mengajak orang-orang agar menghadiri event yang digelar oleh brand atau organisasi tertentu.

Berikut adalah beberapa hal yang harus terdapat dalam Advertisement:

  • Product, Service, or Event Name; yaitu nama produk, jasa, atau acara yang akan dipromosikan. Hal ini bisa dibilang merupakan hal yang paling penting dalam Advertisement dan merupakan inti dari informasi yang disampaikan.
  • Purpose, yaitu tujuan dari pembuatan Advertisement tersebut. Bisa jadi untuk mengenalkan produk baru, mempromosikan jasa tertentu, atau mengajak agar orang ikut serta dalam sebuah
  • Brand or Organization, yaitu nama merk atau organisasi yang membuat produk, jasa, atau acara yang dipromosikan. Hal ini supaya orang mengetahui siapa yang memiliki, menjual, atau menggelar informasi yang disampaikan itu.

Perbedaan Announcement dan Advertisement

Setelah mengetahui apa itu Announcement dan Advertisement, selanjutnya kita akan membahas perbedaan dari keduanya. Secara garis besar, Announcement dan Advertisement memiliki tiga perbedaan, yaitu:

  • Informasi

Perbedaan pertama adalah jenis dan sifat informasi yang diberikan. Informasi dalam Announcement merupakan fakta atau peristiwa dan informasinya lebih bersifat memberitahukan atau menyampaikan saja.

Sedangkan dalam Advertisement, informasinya lebih bersifat persuasif atau mengajak agar orang melakukan sesuatu. Misalnya untuk membeli sesuatu atau mengikuti event yang diadakan.

  • Perhatian Audience

Perbedaan selanjutnya adalah perhatian yang didapat dari audience atau orang yang disampaikan isi informasinya. Dalam Announcement, informasi yang disampaikan biasanya merupakan hal penting sehingga orang lebih menaruh perhatian kepadanya. Orang lebih merasa sukarela untuk melihat isi dari Announcement, bahkan kadangkala merasa adanya kebutuhan akan informasi tersebut.

Sedangkan dalam Advertisement, orang biasanya tidak merasa harus mengetahui isi informasinya dan perhatian kepadanya pun lebih rendah. Tidak semua orang merasa sukarela untuk melihat apalagi mencari tahu isi dari Advertisement, dan tidak semuanya merasa butuh akan informasi di dalamnya.

  • Kreativitas

Perbedaan yang terakhir ini masih terkait dengan poin sebelumnya, dimana tingkat perhatian audience berbeda pada Announcement dan Advertisement. Kreativitas lebih dituntut dalam membuat Advertisement karena tingkat perhatian orang yang lebih rendah.

Agar orang dapat tertarik dan lebih memperhatikan isi informasi yang disampaikan, pembuatan Advertisement membutuhkan kreativitas yang tinggi dibanding dalam membuat Announcemet. Jadi tak heran jika biasanya dalam Advertisement disertai gambar-gambar yang menarik, atau kata-kata yang dapat memancing perhatian orang.

Contoh Announcement

Announcement

In commoration of the 50th Anniversary of Bangun Jaya Senior High School, we will hold an inter-class competition. The competition that will be held are tug of war, basketball, futsal, class decoration, and cooking contest. All of class must delegate the representatives to all competitions, and the class who don’t will be punished.

Signed,

Principal of Bangun Jaya Senior High School

Terjemahan:

Pengumuman

Sehubungan dengan perayaan ulang tahun sekolah SMA Bangun Jaya yang ke-50, pihak sekolah mengadakan perlombaan antar kelas. Lomba-lomba yang diadakan adalah lomba tarik tambang, basket, futsal, menghias kelas, dan memasak. Setiap kelas harap mengirimkan perwakilannya untuk semua lomba tersebut, dan kelas yang tidak mengirimkan akan dikenakan sanksi.

Tertanda,

Kepala sekolah SMA Bangun Jaya

Contoh Advertisement

Tired with the same fashion style every single morning? Here comes Your Fashion as an answer to your fashion and lifestyle needs! From clothes, pants, skirts, until accessories; you can find it all on Your Fashion. Get discounts up to 50% for your first purchase on Your Fashion!

(Bosan dengan gaya fashion yang itu-itu saja setiap paginya? Sekarang hadir Your Fashion sebagai jawaban dari kebutuhan fashion dan gaya hidup Anda! Mulai dari baju, celana, rok, hingga aksesoris semua ada di Your Fashion. Dapatkan diskon hingga 50% untuk pembelian perdana Anda di Your Fashion!)

Demikian pembahasan mengenai Announcement dan Advertisement serta perbedaan diantara keduanya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Perbedaan Penggunaan: Mr vs Mrs vs Ms vs Miss?
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Penggunaan Just, Already, Still, Yet
Perbedaan Penggunaan Kata Will dan Going To
Perbedaan Penggunaan Another, Other, Others, dan the Other
Perbedaan This, That, These, Those
Perbedaan Abbreviations vs Acronyms
Perbedaan antara Miss, Mrs, Mr?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Contoh Pengumuman (Announcement) di Tempat Umum dalam Bahasa Inggris