sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pidato Inggris Singkat: Cinta NKRI

Kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Bagaimanapun juga, di Indonesia lah kita dilahirkan dan dibesarkan. Namun, saat ini kecintaan masyarakat terhadap Indonesia sendiri semakin menipis. Pidato merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membangkitkan kembali kecintaan terhadap Indonesia. Berikut ini adalah contoh pidato kecintaan terhadap NKRI dalam bahasa Inggris.

English

Good morning ladies and gentlemen. It is a grace from God that we are all able to get together today in commemoration of Indonesia’s Independence Day. Today our beloved country is 74 years old. It had been quite a long journey and it wasn’t an easy one, because Indonesia was built with blood, tears, and struggle.

Those tears and blood would not have been shed, if our ancestors of this nation did not love Indonesia. And I believe that the their love towards Indonesia was immense. Because at the beginning, Indonesia was merely an idea. It had not existed yet, the term ‘Indonesia’ itself was extraneous. But, our ancestors, longing for a home where they can live peacefully without oppression of foreigners, fought for that idea. They knew it would cost them their lives, but they kept on striving. And today, we can see that their hard work paid off, as now Indonesia is an independent country.

Now is our moment to show our love towards Indonesia. It is our responsibility to carry on their struggles. The fights will not be over until every Indonesian can sleep sound at night, wearing comfortable clothes with full stomach. Our purpose of having a prosperous country is still far from our grip.

There are many ways to show our love towards Indonesia. I believe that the simplest way is by being a good citizen who helps those in needs, contributes in social activity, pays taxes, supports government programs and gives criticism in a mannered way when necessary, does not do corruption nor drugs, votes during election, buys product that was made in Indonesia, and any other small but meaningful gesture of virtue.

Those things are simple, yet absolutely necessary. It helps the enforcement of law and our country’s principle which is Pancasila.

At a glance, love towards our country or nationalism seems to be delicate. But in the end, it’s all about love. The best way to show it, is by being sincere. Just like a mother who raises her child, until one day the mother gets old and the child takes care of her. That is what we are doing. We were borned and raised in this country which provided us with everything we needed. Now, it is our time to give back to it. Simply by being the best person that we can be.

Ladies and gentlemen, today let’s reignite our love towards Indonesia. Let’s be a better person, starting from today. Let’s reunite, be more involved in our society, and solve problems together. And hopefully one day we can live in a prosperous Indonesia.

Indonesian

Selamat pagi bapak dan ibu sekalian. Merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa karena kita bisa berkumpul bersama hari ini pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Hari ini negara kita tercinta berusia 74 tahun. Perjalanan yang dilewati telah cukup panjang dan tidaklah mudah, karena Indonesia sendiri dibangun dengan pertumpahan darah, air mata, dan perjuangan.

Air mata dan darah tersebut tidak akan tercurah, apabila nenek moyang bangsa ini tidak mencintai Indonesia. Dan saya percaya bahwa rasa cinta mereka terhadap Indonesia sangatlah besar. Karena pada awalnya, Indonesia hanyalah sebuah ide. Indonesia belumlah ada, bahkan istilah ‘Indonesia’ sendiri sangatlah asing. Tapi, nenek moyang kita, yang sangat menginginkan sebuah rumah di mana mereka dapat hidup dengan damai tanpa tekanan pihak asing, berjuang untuk ide tersebut. Mereka tahu bahwa harga yang dibayar adalah nyawa mereka sendiri, tapi mereka tetap berjuang. Dan hari ini, kita bisa melihat bahwa perjuangan mereka telah membuahkan hasil, sebagaimana saat ini Indonesia adalah negara yang merdeka.

Sekarang adalah waktu bagi kita untuk menunjukkan kecintaan terhadap Indonesia. Ini adalah tanggung jawab kita untuk melanjutkan perjuangan para nenek moyang. Pertarungan belum akan selesai hingga seluruh rakyat Indonesia dapat tidur dengan nyenyak pada malam hari, sembari menggunakan pakaian yang nyaman dan perut yang kenyang. Tujuan kita akan negara yang sejahtera masih jauh dari jangkauan.

Ada banyak cara untuk menunjukkan kecintaan kita terhadap Indonesia. Saya yakin bahwa cara paling sederhana adalah dengan menjadi warga negara yang baik yang saling membantu satu sama lain, berkontribusi dalam kegiatan sosial, membayar pajak, mendukung program pemerintah dan memberi kritik yang membangun jika dibutuhkan, tidak melakukan korupsi atau menggunakan narkoba, mengikuti pemilihan umum, membeli produk dalam negeri, dan tindakan kebajikan lainnya yang kecil tetapi berarti.

Hal-hal tersebut sangatlah sederhana, tetapi teramat penting. Hal-hal tersebut membantu penegakan hukum dan prinsip negara kita, yakni Pancasila.

Secara sekilas, rasa cinta terhadap negara atau nasionalisme terlihat rumit. Tetapi pada akhirnya, hal tersebut tak lebih dari rasa cinta itu sendiri. Cara terbaik dalam menunjukkannya adalah dengan berlaku tulus. Seperti halnya seorang ibu yang membesarkan anaknya, hingga si ibu akhirnya tua dan anaknya lah kini yang merawat ibunya. Itulah yang kita lakukan saat ini. Kita dilahirkan dan dibesarkan di negara ini yang telah menyediakan kita berbagai kebutuhan yang kita perlukan. Sekarang, saatnya kita yang merawat negara ini. Hanya dengan menjadi orang terbaik semaksimal mungkin.

Bapak dan ibu sekalian, hari ini marilah kita nyalakan kembali kecintaan kita terhadap Indonesia. Mari menjadi manusia yang lebih baik lagi, dimulai dari hari ini. Mari bersatu, berkontribusi di masyarakat, dan bersama-sama memecahkan masalah yang ada. Dan semoga suatu saat nanti kita dapat hidup di Indonesia yang sejahtera.

 

Pidato Singkat Inggris: Manfaat Internet dalam Dunia Pendidikan
Pidato Inggris Singkat Pentingnya Kebersihan Sekolah
English Idiom: Idiom Tentang Cinta
Quotes Bahasa Inggris Mengenai Cinta
Quotes Bahasa Inggris: Cinta Bertepuk Sebelah Tangan
Pidato Bahasa Inggris: Dampak Media Sosial
Mengekspresikan Rasa Cinta, Amarah, Malu, dan Kekesalan dalam Bahasa Inggris
Figure of Speech: Apa itu Metaphor?
Percakapan Bahasa Inggris: Menyatakan Cinta kepada Seseorang
Pidato Inggris Singkat: Pentingnya Makanan Bergizi Seimbang