sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tips Berlaku Sopan dalam Budaya Inggris

Setiap negara, bahkan daerah tentu punya standarnya masing-masing dalam hal etika dan kesopanan. Apa yang dirasa biasa saja di suatu negara bisa jadi dianggap tidak sopan jika terjadi di negara lain. Contohnya jika memberi tip adalah hal biasa di banyak negara, hal ini dianggap sebagai sebuah penghinaan atau insult di Jepang karena dinilai merendahkan orang lain. Wah, rumit juga, ya?

Itu sebabnya penting untuk mengetahui bagaimana berlaku sopan dan sesuai dengan etika dalam kehidupan global. Bukan tidak mungkin kan, suatu hari nanti kamu berada di lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi utama dan perlu mengetahui standar etika yang mereka gunakan.

Dalam artikel kali ini, kamu akan belajar tentang tata karma dalam budaya Inggris. Apa yang dinilai sopan dan tidak sopan, lengkap dengan penjelasan detilnya. Dengan mengetahui banyak batasan tersebut bisa membuat kamu lebih mudah bersosialisasi, mendapatkan pekerjaan, rekan baru, dan banyak keuntungan lainnya. Jangan sampai apa yang kamu lakukan ternyata tanpa sadar dinilai sebagai sebuah tindakan yang tidak sopan! Okay, mari kita mulai membahas satu persatu tips berlaku sopan dalam budaya Inggris

ETIKA DASAR YANG PENTING

Ada beberapa etika yang menjadi dasar dan sangat penting dalam kehidupan berbudaya di Inggris. Ini sudah diajarkan sejak kecil dan sebaiknya diterapkan oleh setiap orang. Berikut di antaranya:

  • Budaya Antre

Hal ini jauh lebih ketat dibandingkan dengan negara lain. Menyerobot antrean bisa dianggap sebagai sebuah tindakan yang sangat tidak sopan.

  • RSVP

RSVP adalah singkatan bahasa Perancis dari respondez s’il vous plait yang berarti menunggu jawaban. Saat menerima undangan, sangat penting untuk segera memberi kabar RSVP tentang kemungkinan hadir tidaknya kamu.

  • Tepat Waktu

Jam karet tidak berlaku di negara-negara Inggris. Semuanya harus on time dan sesuai dengan perjanjian awal. Datang terlambat akan dianggap tidak menganggap penting pertemuan yang telah direncanakan.

TABLE MANNERS

Nah, etika berikutnya yang juga penting untuk diketahui adalah table manners atau etika saat sedang makan bersama-sama, terutama dalam situasi formal. Bahkan kursus table manners telah banyak ditawarkan, mengingat betapa pentingnya pengetahuan seputar hal ini. Apa saja elemennya?

  • Larangan

Hal yang sangat dilarang untuk dilakukan saat sedang makan bersama dalam jamuan formal adalah menghirup kuah dari mangkok, menghirup kuah dari sendok hingga mengeluarkan bunyi, bersendawa, dan buang angin! Hal ini relatif sama di setiap budaya negara lain, ya? Semua hal ini memang tidak pantas dilakukan terutama apabila sedang makan bersama dengan orang lain.

  • Siku di Meja

Jangan pernah meletakkan siku di meja karena dianggap sebagai gesture tubuh yang tidak menghargai pengundang. Tangan diletakkan di atas paha atau bersedekap sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

  • Minum Lebih Dulu

Seberapa pun hausnya dirimu, tahan untuk tidak minum lebih dulu sebelum dipersilakan oleh pengundang atau saat toast. Minum terlebih dahulu dianggap sebagai tindakan yang lancang.

  • Melihat Handphone

Simpan dulu handphone dan segala notifikasi menarik di media sosial yang kamu tak sabar ingin lihat. Saat dalam jamuan makan, adalah hal yang tidak sopan untuk melihat handphone, terutama jika ada orang lain yang sedang mengajak kamu berbincang! Hal ini juga termasuk mengambil foto atau video.

  • Makan dengan Tangan

Ingat, jamuan makan formal seperti gala dinner adalah saat elegan dan harus penuh tata krama. Untuk makan pun sudah ada urutan sendok, garpu, atau pisau mana yang digunakan terlebih dahulu sesuai urutan. Fungsi dari setiap tools tersebut berbeda. Dan yang paling haram dilakukan adalah makan dengan tangan.

PERILAKU TIDAK SOPAN

Setelah membahas table manner, mari kita bergeser membahas perilaku sehari-hari yang dinilai tidak sopan. Nah ini adalah hal yang kerap luput diingat karena bisa jadi sudah menjadi kebiasaan. Apalagi jika hal-hal di bawah ini dianggap biasa di negara asal! Apa saja ya?

  • Berbicara Keras

Jangan pernah berbicara dengan volume suara terlalu keras atau berteriak kepada siapapun. Terutama kepada orang yang lebih tua dan seharusnya dihormati. Berbicara sewajarnya saja dengan volume suara yang juga terkontrol.

  • Membiarkan Lansia Berdiri

Di kesempatan apapun, selalu perhatikan sekitar. Pekalah pada mereka yang membutuhkan. Jika ada orang lanjut usia berdiri di sekitar kita, beri tempat duduk atau bantu carikan tempat duduk sesegera mungkin.

  • Menahan Pintu

Nah, hal yang satu ini mungkin sudah biasa ya di Indonesia, untuk tidak menahan pintu terutama saat sedang terburu-buru. Namun dalam budaya Inggris, sangat penting untuk menahan pintu untuk orang yang akan masuk atau yang berada di belakang kita, sebagai indikator kesopanan.

  • Perkenalkan Teman

Pasti ada saja momen saat sedang bersama teman, dan kamu bertemu dengan teman yang lain. Perkenalkan segera temanmu dengan teman lama. Hal ini dirasa penting, karena membiarkan keduanya tidak berkenalan adalah hal yang tidak sopan.

ETIKA SOSIAL

Bagian terakhir yang juga tidak kalah menarik adalah etika sosial atau social etiquette dalam berbudaya Inggris. Ada beberapa hal yang dianggap tidak sopan dan menyalahi etika sosial jika dilakukan. Ingat beberapa hal ini:

  • Membatalkan Mendadak

Apapun alasannya, membatalkan secara mendadak janji yang sudah disepakati adalah hal yang tidak sopan. Orang yang terkait dengan kita telah meluangkan waktu bahkan pekerjaannya untuk bertemu, dan last minute cancellation adalah hal terakhir yang diharapkannya.

  • Membicarakan Orang Lain

Nah, hati-hati ya, membicarakan orang lain adalah hal yang melanggar etika sosial di negara berbudaya asing. Mereka tidak akan membuang waktu untuk bergunjing karena sangat menghormati privasi masing-masing.

  • French Leave

Istilah French leave berarti saat sedang berkumpul dan kamu terpaksa pergi terlebih dulu, kamu tidak berpamitan. Hanya pergi tanpa pamit adalah hal yang tidak sopan.

  • Membuang Sampah Sembarangan

Kadang dirasa sepele membuang sampah yang kecil atau tidak terlihat di tempat yang tidak semestinya. Istilahnya adalah littering. Ini adalah hal sangat tidak sopan. Mungkin tidak hanya di Inggris ya, budaya di negara lain juga akan menganggap hal ini sebagai tindakan yang tidak sopan.

  • Memainkan Musik

Apa yang salah dengan memainkan musik? Ternyata hal ini menyalahi etika sosial jika kamu memainkan musik terlalu keras dari speaker device yang kamu bawa. Hal ini bisa mengganggu sekitar.

Menjaga etika dan kesopanan adalah fondasi penting dalam menempatkan diri kita di lingkungan sosial. Tentu masih ada banyak lagi tips untuk berlaku sopan, bukan hanya di negara berbudaya Inggris, tapi di manapun. Mulailah dari diri sendiri dengan menjaga attitude dan mencerminkan kepribadian yang sopan serta layak menjadi contoh.

 

Apa Itu “Recount Text” dalam Bahasa Inggris?
Bagaimana Cara Membuat Kalimat yang Sopan dalam Bahasa Inggris?
Kata Atau Kalimat Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kelegaan
Perbedaan This, These, That, dan Those dalam Bahasa Inggris
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris tentang Car Interior
Tip Writing TOEFL: Penggunaan “Koma” dalam Bahasa Inggris
Apa itu Pertanyaan Retorik dalam Bahasa Inggris?
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Percakapan Bisnis: Mengingatkan Rapat dan Mengulang Kesepakatan Di Meeting Sebelumnya dalam Bahasa Inggris


 
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Bahasa Formal English dan Informal English
Contoh Ucapan Selamat Natal dalam Bahasa Inggris
Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Umum
Apa Itu Oxymoron?
Imperatives: Cara Memberi Perintah dalam Bahasa Inggris
Cara Memberi Nasihat dalam Bahasa Inggris (Giving Advice)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Naik Angkutan Umum Bus Kota
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam