sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Belajar Grammar Tes TOEFL: Struktur Kalimat Paralel

Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk diketahui dalam mengerjakan tes TOEFL adalah struktur paralel atau parallel structure dalam penulisan kalimat berbahasa Inggris. Apakah itu struktur paralel? Hal ini adalah ketika konstruksi grammar yang mirip digunakan dalam sebuah kalimat. Agar lebih jelas, kita langsung saja simak contoh penggunaan struktur paralel dalam kalimat. Akan ada 2 kalimat dengan makna sama namun penerapan grammar yang berbeda. Penjelasan akan mengikuti setelah contoh berikut ini:

Pasangan Kalimat A:

  • I am taking the bus and went to school
  • I took the bus and went to school.

Pasangan Kalimat B:

  • The raccoon and skunks are animals found primarily in North America.
  • The raccoon and skunk are animals found primarily in North America.

Pasangan Kalimat C:

  • I like to eat apples and drinking apple juice too.
  • I like to eat apples and to drink apple juice too.

Seluruh pasangan kalimat dalam tiga contoh di atas sama-sama baik. Tapi bisakah kamu membandingkan mana yang lebih baik antara kalimat pertama dan kedua? Ya, kalimat kedua mengandung struktur paralel di dalamnya. Ada pasangan kata kerja atau kata benda dalam kalimat kedua. Pada kalimat (A), took dan went merupakan struktur paralel, keduanya adalah kata kerja bentuk lampau (past tense). Dalam kalimat (B), penggunaan kata the digunakan untuk label kata kerja dan kategori yang lebih luas. Sementara dalam kalimat (C), to eat dan to drink keduanya adalah bentuk kata kerja infinitif.

Di sisi lain, kalimat pertama dari ketiga contoh tersebut tidak memiliki struktur paralel. Dalam kalimat (A), am taking berarti present progressive, sementara went adalah kata kerja lampau. Kalimat (B) the raccoon mengindikasikan kata benda tunggal dengan adanya the di depannya, sementara skunks berarti jamak. Kalimat (C), to eat artinya infinitive sementara drinking, kata kerja dengan akhiran –ing berarti present participle.

Aturan Struktur Paralel

Tentu saja, aturan utama struktur paralel adalah perlu dua atau lebih kata kerja atau kata benda dengan pola grammar yang sama. Tapi nanti dulu. Ada beberapa situasi dan aturan sehingga beberapa kata kerja atau kata benda dikatakan memiliki struktur grammar paralel. Berikut ini beberapa aturannya:

1. Kata Kerja atau Kata Benda dengan Pola Grammar Serupa

Ini adalah aturan yang paling jelas dalam struktur paralel, seperti yang ada dalam contoh di atas. Paralel struktur hampir selalu hanya digunakan untuk kata kerja atau kata benda yang digunakan bersama. Mengapa? Karena ada beberapa perbedaan pola grammar dalam kata benda atau kata kerja. Kata kerja memiliki tense, participle, dan variasi tunggal atau jamak. Sementara kata benda bisa jadi tunggal atau jamak, dan memiliki determiners atau pembilang seperti (a, an, dan the) yang menempel pada kata tersebut.

2. Digunakan dalam Kalimat atau Klausa Tunggal

Secara garis besar, dua atau lebih kata benda atau kata kerja bisa menjadi paralel bila mereka berada dalam kalimat atau klausa yang sama. Untuk mengingat kembali, klausa adalah kumpulan kata-kata yang mengandung subjek dan predikat. Beberapa klausa bisa berbentuk kalimat lengkap. sementara klausa lain bisa berupa frasa di dalam kalimat lengkap. berikut contohnya:

  • Klausa Kalimat Lengkap dengan Struktur Paralel:

The car won’t drive or even start.

Drive dan start sama-sama kata kerja simple present. Akan lain halnya jika kamu menyebut “The car won’t be driving or even start”, artinya struktur paralelnya telah berantakan

  • Klausa Frasa dengan Struktur Paralel

He couldn’t get to work with his car not driving or starting.

Driving dan starting sama-sama kata kerja present participle. Kalimat yang tidak tepat adalah “his car not driving or started.” karena bentuk kata kerjanya menjadi berbeda

3. Kerap Digunakan Saat Kata Kerja atau Kata Benda Digabung Lewat Conjunctions

Conjunctions adalah kata yang menggabungkan lebih dari satu kata kerja atau kata benda. Ada banyak daftar kata yang merupakan conjunctions. Jika kamu menggunakan conjunctions atau kata hubung dalam kalimatmu, artinya kamu bisa menggunakan struktur paralel. Berikut ini contoh conjunctions yang menghubungkan kata kerja atau kata benda dengan struktur paralel:

  • He’s working hard while earning lots of money.

While menggabungkan bentuk kata kerja paralel yaitu working dan earning

  • Active volcanoes may spew smoke, ash, and sometimes lava.

Kata and dalam kalimat di atas menggabungkan 3 kata kerja tunggal: smoke, ash, lava

4. Ada Alasan Mengapa Struktur Paralel Menjadi “Kacau”

Beberapa kali struktur paralel menjadi kacau, karena alasan spesifik. 2 hal yang menjadi alasan biasanya terkait dengan kata kerja dan kata benda yang kontras. Kadang diperlukan saat dua atau lebih kata kerja dipakai untuk menunjukkan perbedaan antar kejadian. Atau bisa juga karena kondisi alami kata benda yang berbeda. Berikut ini contoh saat struktur paralel sengaja dibuat kacau untuk alasan yang logis. Semua kalimat di bawah ini tetap benar meskipun tidak menggunakan struktur paralel:

  • My mom studied at University, is working now, and will retire someday.

Ada 3 kata kerja dalam kalimat di atas, dan sengaja tidak digabungkan dengan struktur paralel untuk menunjukkan perbedaan waktu kejadian. Studied at University sudah lampau, working sedang terjadi, dan retire akan terjadi di masa depan.

  • The family has three cats, not a dog.

Dalam kalimat di atas sengaja digunakan bentuk jamak untuk cats dan bentuk tunggal untuk dog untuk menunjukkan bahwa keduanya berlawanan.

  • The baby was crying, but stopped.

Artinya ada 2 kata kerja lampau dalam 1 kalimat, dan satu di antaranya menginterupsi kata kerja yang lain. Jadi bayi tadinya menangis, namun tiba-tiba berhenti yang ditunjukkan dalam past tense sebagai kejadian yang juga terjadi di masa lampau.

Itu tadi contoh beberapa kalimat yang boleh tidak menggunakan struktur paralel. Selama kamu memang ingin menunjukkan beberapa kata kerja atau kata benda berbeda pola grammar dalam satu kalimat, dibolehkan untuk tidak menggunakan struktur paralel. Namun jika tidak ada perkecualian seperti kondisi di atas, kamu tetap direkomendasikan untuk menggunakan struktur paralel untuk membuat kalimatmu semakin efektif dan membuat skor TOEFL kamu semakin bagus.

Artikel Lainnya

Perbedaan: Rise vs Raise
Perbedaan Penggunaan Either vs Neither
Belajar Grammar Tes TOEFL: Struktur Kalimat Paralel

 

Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Robert Capa & War Photography
Phrases: Apa itu Adverb Phrase?
Reading TOEFL: Parafrase
Contoh Soal Listening TOEFL: Long Discussions
Grammar Tenses: Apa itu Simple Present Tense?
Grammar-Adjective: Attributive Adjectives – Part 2
Grammar-Adjective: Nominal Adjectives – Part 2
Sentences: Apa itu Compound Complex Sentence?
Tip TOEFL: Aturan Penggunaan Kata Penentu “The”
Grammar-Adverb: Apa itu Frequency Adverb?


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion & Vocabulary
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Smart Energy
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Seni Dunia Parfum
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: “Asal Mula Grammar”
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Jalur Minyak Raksasa Alaska
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Dunia Binatang (Part 2)
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Dunia Binatang (Part 1)
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Boston Symphony Orchestra
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Transportation
Contoh Soal Listening TOEFL: Monolog Panjang