sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Berbahasa Inggris Dengan Sopan (Good Manners)

Sebelum tahu apa saja good manners dalam Bahasa Inggris dan juga contohnya, maka kami akan memberikan informasi mengenai pentingnya good manners di dalam Bahasa Inggris.

Sehingga jika nantinya anda ingin berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris maka anda bisa tahu menggunakan manners yang seperti apa. Jadi mengapa good manners di dalam Bahasa Inggris itu penting?

Yaitu kita menggunakan good manners untuk menunjukkan respect kita dan kesopanan kita kepada orang lain ketika kita berkomunikasi. Selain itu ketika anda ingin menggunakan good manners, maka anda sebisa mungkin untuk menggunakan expression ketika anda mengajukan permintaan kepada orang lain.

Example of Good Manners

Jika anda sudah mengetahui secara singkat mengenai mengapa good manners di dalam Bahasa Inggris itu penting, maka sekarang ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui beberapa contoh dari good manners. Simak informasinya di bawah ini jika anda ingin tahu apa saja contoh dari good manners di dalam Bahasa Inggris.

  1. Menggunakan will you…

Ketika anda ingin meminta tolong kepada orang lain, maka tentu saja kita tidak mungkin langsung meminta mereka melakukan apa yang kita mau bukan? Tentu saja hal itu terkesan tidak sopan, terutama ketika kita berbicara kepada orang lain. Ketika ingin meminta tolong kepada orang lain maka sebaiknya anda menggunakan tambahan will you untuk menunjukkan good manners. Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan will you:

    • Will you open the door for my brother? (Bisakah kamu membukakan pintu untuk kakakku?)
    • Will you go to the office with Dad? (Bisakah kamu pergi ke kantor bersama ayah?)
    • Will you help me to carry this bag, please? (Bisakah kamu membantuku membawa tas ini?)
    • Will you remember what I say? (Biaskah kamu mengingat apa yang saya katakan?)
    • Will you help me to carry this ballon? (Bisakah kamu membantuku membawa balon ini?)
  1. Menggunakan would you…

Memiliki makna yang sama dengan will you, ketika ingin mengunjukkan good manners maka anda juga bisa menggunakan would you. Would you ini merupakan bentuk lampau dari kata will. Jika anda ingin meminta tolong kepada orang lain dengan lebih sopan maka anda bisa menggunakan would you seperti ini. Untuk lebih mudahnya, berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan would you:

    • Would you help me to fixing my phone cell? (Maukah anda membantu saya memperbaiki ponsel saya?)
    • Would you like to be in my team for basketball tournament? (Maukah anda berada di tim saya untuk turnamen basket?)
    • Would you help me to fix my broken glasses? (Maukah anda membantu saya memperbaiki kacamata saya yang rusak?)
    • Would you like to go to the party with me Ariana? (Maukah kamu pergi ke pesta denganku Ariana?)
    • Would you like to listen my new song? (Maukah kamu mendengar lagu baruku?)
  1. Say Thank You

Selain mengatakan will you ataupun would you kepada orang lain ketika anda meminta tolong atau ketika anda ingin mereka melakukan sebuah hal kepada anda, maka good manners yang perlu anda perhatikan yang selanjutnya adalah untuk mengatakan terima kasih (thank you). Anda harus menerapkan tata krama ini kepada diri anda sendiri, setiap kali ada orang yang memberi anda sesuatu maka anda harus mengatakan terima kasih atau thank you. Tidak hanya menanmakan kepada diri sendiri melainkan anda juga bisa mengajarkan manners ini kepada anak atau adik anda, bahwa ketika ada orang lain yang memberikan sesuatu maka kita harus membalas mereka dengan menunjukkan rasa syukur dengan mengucapkan terima kasih kepada mereka. Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan thank you:

    • Thank you for your attention! (Terima kasih atas perhatian anda!)
    • Thanks for the chocolate! I like it! (Terima kasih atas coklatnya! Aku menyukainya!)
    • Thank you for helping me! (Terima kasih telah membantuku!)
  1. Respect Other Opinion

Hal lain yang harus anda perhatikan ketika anda ingin menunjukkan tata krama anda yang baik kepada orang lain adalah anda harus memberikan respek kepada pendapat orang lain. Ada kalanya mungkin pendapat orang lain berbeda dengan pendapat pribadi kita masing-masing, oleh karena itu jika anda ingin menunjukkan manners anda yang baik maka anda harus memberikan respek anda kepada orang lain yang berbeda pendapat dengan anda. Mengapa begitu karena every person is different and unique! (Setiap orang berbeda dan unik!) , jadi jangan pernah anda merasa emosi atau kesal karena pendapat anda berbeda dengan pendapat teman anda atau orang lain.

Itu tadi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai good manners di dalam Bahasa Inggris. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya!

 

Bagaimana Meminta Dengan Sopan (Polite Request) dalam Bahasa Inggris
Frasa/Kalimat Sopan yang Digunakan Resepsionis Hotel
Cara Bertanya dengan Sopan (How To Ask A Polite Question)
Memperkenalkan Diri dengan Sopan dalam Suatu Wawancara
Cara Bertanya dengan Sopan (How to ask question politely)
Cara Komplain Dengan Sopan (How Do You Complain in English Politely)
Meminta Surat Referensi dengan Sopan
Cara Menulis Email yang Sopan (How to Write a Polite Email)
Contoh Kesalahan Umum dalam Berbahasa Inggris
Mengatakan “Tidak” dengan Sopan (How to Say “No” in English Politely)