sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Menyatakan Tidak Setuju dengan Sopan (How To Say Disagree Politely)

Di tempat kerja atau di kampus, bersama kolega maupun sahabat dekat, di kesempatan bisnis atau diskusi bersama profesor, seringkali agak sulit (segan) untuk mengucapkan ketidak setujuan (disagree) akan sesuatu. Hal tersebut sebenarnya,  sah-sah saja.

Dalam English-speaking culture,  sangat penting untuk saling berbagi pendapat dan mengekspresikan ide kita. Namun ketika Anda merasa tidak setuju dengan lawan bicara, hal tersebut kerap menjadi tantangan tersendiri ketika ingin mengungkapkan pendapat dengan sudut pandang kita sendiri tanpa membuat orang lain tersinggung.

Lantas, bagaimanakah caranya mengucapkan kalimat ketidak-setujuan tersebut dalam Englishpolitely agar tidak membuat lawan bicara merasa tersinggung atau marah? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Mengucapkkan Ketidak setujuan dalam English-Polite

Dengan mempelajari hal ini, kita akan mengetahui lebih banyak lagi frasa dalam bahasa Inggirs  yang nantinya bisa digunakan untuk mengucapkan ketidaksetujuan. Baik dalam situasi formal maupun tidak tanpa membuat orang lain tersinggung dengan apa yang Anda ucapkan. Ungkapan berikut ini akan membantu Anda untuk belajar bagaimana menunjukan pendapat Anda sendiri.

Namun satu hal yang harus diingat ialah agar selalu tetap tenang saat mengungkapkan pendapat Anda. Perhatikan nada bicara Anda juga bahasa tubuh saat berbicara, ini akan membantu Anda dan lawan bicara merasa baik-baik saja dengan silang pendapat tersebut. Tujuannya agar percapakapan yang dilakukan saat terjadi silang pendapat bisa saling memahami dan setidaknya tidak ada yang marah dan tersinggung. Berikut selengkapnya.

Kalimat Formal untuk Mengungkapkan Disagree dalam Bahasa Inggris

Berbicara secara formal dalam bahasa Inggris berarti Anda aharus bicara dengan nada yang sopan dengan pemilihan frasa kalimat yang se-sopan mungkin. Kalimat formal biasanya digunakan di lingkungan kantor (pekerjaan), saat berbicara dengan orang yang baru dikenal maupun dengan seseorang yang lebih tinggi pangkatnya. Agar kalimat ketidak setujuan Anda jadi lebih efektif dan terasa lebih polite, berikut tips penting yang harus Anda perhatikan, diantaranya.

Tunjukan bahwa Anda sudah memahami tentang apa yang telah orang lain sampaikan.

Akui dulu pendapat orang lain sebelum Anda mengatakan tidak setuju, hal ini agar lawan bicara Anda tidak tersinggung. Pastikan Anda mengatakan bahwa Anda memahami apa yang dikatakan orang lain dan hal tersebut merupakan pendapat yang bagus tapi sayangnya Anda kurang setuju. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda mendengarkan orang lain dengan baik dan akan membuat pendapat Anda sendiri menjadi lebih kuat. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan beberapa contoh frasa berikut ini:

  • I see what you’re saying but I think…(Saya paham apa yang Anda katakan, tapi saya kira…)
  • I take your point but that isn’t the way I see it; instead, I think that… (Saya paham maksud Anda, tapi hal tersebut bukan jalan keluar yang saya lihat, sebagai gantinya saya pikir bahwa…)
  • I respect your point but from my perspective (or but in my opinion)… (Saya menghormati pendapat Anda tapi dari sudut pandang saya (atau tapi menurut pendapat saya)…)
  • True, that is a fair point, but I have to say I disagree…(Benar, hal tersebut sudah cukup jelas, tapi saya harus mengatakan jika Saya kurang setuju…)
  • There is some truth to what you’re saying but don’t you think that… (Yang Anda katakan beberapa diantaranya memang benar namun Saya kira Anda tidak…)
  • I understand where you are coming from but… (Saya mengerti apa yang Anda maksud, tetapi…)
  • I understand why you think that, but.. (Saya mengerti mengapa Anda berpikir demikian, tetapi…)
  • I understand why you think that, but from where I am sitting… (Saya paham mengapa Anda berpikir demikian, tapi dari sudut pandang saya…)
  • That’s a valid point, but… (Pendapat Anda cukup bagus, akan tetapi…)

Awali dengan meminta maaf terlebih dahulu sebelum mengungkapkan ketidak setujuan Anda kepada lawan bicara

Alangkah baiknya untuk tidak mengatakan bahwa orang lain keliru dan hanya pendapat Anda sendiri yang benar. Namun, berikan alasan yang tepat mengapa ide yang lain mungkin lebih tepat. Sebab sangat menyakitkan ketika ada orang lain yang mengatakan Anda salah, namun menemukan pendapat baru dan lebih berguna bisa jadi pengalaman yang lebih positif meskipun Anda kurang setuju dengan jawaban yang diberikan. Maka ada baiknya agar tidak menyinggung lawan bicara, masukan permintaan maaf lebih dulu, contohnya.

  • I’m sorry but I have to disagree with you on…(Saya minta maaf tetapi saya kurang setuju dengan Anda tentang…)
  • I’m afraid I disagree.(Saya khawatir saya tidak setuju)
  • I’m sorry but I don’t agree. (Saya minta maaf, tapi saya merasa tidak setuju)
  • I’m sorry but I disagree with you on this.(Maafkan Saya, tapi saya kurang setuju dengan Anda dalam masalah ini)
  • I respectfully disagree. (Dengan tanpa mengurangi rasa hormat, saya kurang setuju)
  • I’m sorry, but I have a completely different opinion. (Maafkan saya, tapi saya punya pandangan yang berbeda)
  • I’m sorry, but I think that’s not always true. (maafkan saya, tapi saya kira hal tersebut tak selamanya benar)

Seolah-olah berada di posisi netral atau tak yakin bahwa Anda tidak setuju

Berpura-pura tidak yakin apakah akan setuju atau tidak, bisa jadi cara yang cerdas dalam mengungkapkan ketidak setujuan akan sebuah pendapat tanpa membuat orang lain tersinggung.  Hal ini cukup umum digunakan dalam English Speaking Culture untuk mengungkapkan disagree dengan sesuatu atau seseorang.  

  • I don’t think I have the same opinion as you ( Saya kira saya tidak memiliki pandangan yang sama seperti Anda)
  • I’m not sure I agree with you on… (Saya tida setuju dengan Anda mengenai persoalan…)
  • I don’t think you and I have the same opinion on this issue. (Saya kira Anda dan saya tidak memiliki pendapat yang sama tentang masalah ini)
  • I’m not sure I agree with you about this (Saya tak yakin akan setuju dengan Anda tentang masalah ini)
  • I don’t see it that way. (Saya tidak melihatnya sebagai jalan keluar)
  • I have a completely different opinion on that. (Saya memiliki pendapat yang sangat berbeda dalam masalah tersebut)

Dalam Menyatakan Ketidak Setujuan Secara Polite, Selalu Tawarkan Alternatif Solusi

Untuk mempertegas argumen atau posisi Anda secara efektif, akan sangat baik untuk mengakhiri ketidak setujuan yang ditunjukan dengan solusi alternatif yang lain. Berikut ini, solusi alternatif yang lebih fokus terhadap argumen juga dan bisa digunakan untuk menyatakan ketidak setujuan secara polite in English.

  • Instead, I think we should/could… (Sebaliknya, saya kira kira harus…)
  • My suggestion would be to… (Saran saya seharusnya…)
  • An alternative solution might be… (Alternatif solusi sehausnya…)
  • I would recommend that we… (Saya merekomendasikan jika kita harusnya…)
  • How about we… (Bagaimana jika kita…)
  • What do you think about _______ instead? (Bagaimana menurut Anda mengenai _______ sebaliknya?)
  • If you ask me, I think we should… (Jika Anda bertanya pada saya, Saya kira kita harus…)

Kalima Informal untuk Menyatakan Disagree 

Dengan teman dekat maupun keluarga, Anda bisa menggunakan kalimat informal untuk menyatakan ketidak setujuan akan sesuatu hal.  Kalimat ini tidak disarankan untuk digunakan di tempat kerja, terkecuali jika Anda mengenal rekan kerja Anda dengan sangat baik.  Maknanya saling mengenal secara personal dan cukup dekat antara satu dengan yang lain. Berikut beberapa kalimat atau ekspresi yang bisa digunakan, diantaranya.

  • No way! (Tidak mungkin!)

Frasa ini kerap digunakan ketika dua orang yang saling mengenal secara dekat saling mengatakan sesuatu hal yang berbeda. Pengucapannya pun bisa disesuaikan dengan intonasi nada bicara. Apakah sedang marah atau bercanda.

  • You must be joking! (Kamu pasti bercanda!)

Mengungkapkan perbedaan pendapat tak selamanya harus adu argumen, kalimat ini bisa juga digunakan untuk menyatakan disagree. Namun penggunaan frasa ini sebaiknya hanya digunakan untuk lawan bicara yang memang sudah dikenal dekat, seperti teman karib maupun keluarga dekat.

  • You can’t be serious! (Kamu nggak serius kan)

Mengungkapkan disagree juga bisa dilakukan dengan frasa ini, apalagi jika Anda berbicara dengan seseorang yang sudah akrab.

  • I totally disagree. (Saya sepenuhnya tidak setuju)

Sering berbeda pendapat dengan teman sendiri, maka frasa ini bisa Anda gunakan tanpa takut lawan bicara menjadi marah atau tersinggung.

  • I don’t think so. (Saya tidak berpikir demikian)

Ketidak setujuan memang tidak bisa dipaksakan, apalagi jika yang diajak berbicara teman dekat pasti akan ada saling adu argumen. Dan frasa tersebut menjadi cukup lumrah digunakan untuk berbicara secara informal dengan teman maupun keluarga dekat. Namun sangat tidak disarankan untuk digunakan dalam percakapan formal, seperti saat berbeda pendapat dengan bos atau atasan di tempat bekerja.

  • But what if…? (Bagaimana jika)

Perbedaan pendapat tentu saja hal yang lumrah terjadi, namun pemilihan kalimat untuk menyatakannya harus juga menjadi perhatian. Namun jika lawan bicara Anda adalah teman dekat, saudara (adik atau kakak) atau keluarga dekat yang lain, maka frasa tersebut masih bisa digunakan.

  • You have got to be kidding me.( Kamu pasti bercanda)

Frasa kalimat ini kerap dipergunakan dalam percakapan sehari-hari, terutama jika lawan bicara Anda adalah teman dekat, kakak, adik atau keluarga dekat yang lainnya.

Penggunaan Kata “Disagree”  Diikuti dengan Penegasan

Berikut pola kalimat dalam menyatakan ketidak setujuan secara polite dengan menggunakan kata “disagree” namun diikuti dengan penegasan dibelakangnya. Berikut penjelasannya.

  1. O + disagree + with + person or thing
    • I disagree with Robby.(Saya kurang setuju dengan Robby)
    • He disagrees with James. (Dia kurang setuju dengan James)
    • She disagree with the article.(Dia kurang setuju dengan artikel)
  1. O + disagree + about + issue or topic
    • I disagree with Hanna about the make up.(Saya kurang setuju dengan Hanna soal make up)
    • He disagrees with James about the logo design.(Dia kurang setuju dengan James tentang logo desain)
  1. O + disagree + that + statement
    • I disagree that it is not important. (Saya kurang setuju bahwa hal tersebut tidak penting)
    • We disagree that he should be fired. (Kami kurang setuju jika dia harus diberhentikan)

Berikut beberapa contoh kalimat yang bisa digunakan untuk mengungkapkan ketidak setujuan secara polite  yang diikuti dengan ide atau pendapat lainnya, contohnya.

    • I am not sure I agree with you on (Saya tidak yakin setuju dengan Anda tentang) lanjutkan dengan ide atau topik tertentu)
    • I feel a little differently about (Saya rasa punya pendapat yang sedikit berbeda tentang) lanjutkan dengan ide atau masalah yang sedang dibahas.

Demikian tadi beberapa contoh kalimat bagaimana menunjukan ketidak setujuan (disagree) tentang sesuatu dengan cara yang lebih polite. Hal ini dilakukan agar lawan bicara tidak tersinggung karena Anda memiliki pandangan yang berbeda.

 

Percakapan Menyatakan Setuju atau Tidak Setuju
Perbedaan Say, Tell, Talk, & Speak
Cara Komplain Secara Sopan dalam Bahasa Inggris
Tips Berlaku Sopan dalam Budaya Inggris
Percakapan untuk Mengekspresikan Ketidaksetujuan atas Pendapat Orang
Cara Komplain Dengan Sopan (How Do You Complain in English Politely)
Cara Meminta Tolong dengan Sopan dalam Bahasa Inggris
Mengatakan “Selamat Tinggal” dengan Ramah dan Sopan (Say “Goodbye” in a Friendly and Polite Way in English)
Mengatakan Harga Barang Terlalu Mahal Secara Sopan (Polite Way to Say Something is Too Expensive)
Memulai E-mail dengan Sopan dalam Bahasa Inggris (How to Start a Polite E-mail in English)