sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Surat Bahasa Inggris untuk Orangtua

Saat kita tinggal jauh dari orangtua dan kita merindukan mereka, kita bisa mengirimkan mereka surat. Sekarang memang bukan lagi zamannya surat-menyurat. Namun, menyampaikan ungkapan rindu melalui surat bisa lebih spesial dan menyentuh hati dibandingkan melalui alat komunikasi lainnya. Berikut ini adalah contoh surat dalam bahasa Inggris untuk orangtua tentang rindu yang bisa menjadi inspirasi atau acuan untuk menulis surat kepada orangtua kita sendiri:

Dear Mom and Dad,

How are you doing? I hope you are doing just fine. I know that I have been away from you for only about a year, but I already miss you like crazy. You do not have to worry though, because I am doing very well here. I have been studying hard and been giving all the best I can in school, just like what you told me to. I am very sure you will be surprised seeing how well and seriously I do academically. I like studying in this school. The atmosphere is nice. The people are also nice. I even made some friends here, which was an achievement for me since I used to find it hard making friends. Even so, it’s been kind of hard for me managing alone in dormitory. You know, I am not good at cleaning, so my room is always super messy. Thankfully, there is this cleaning lady who always is ready to help me cleaning my room. She reminds me of you, mom. She is very kind and delicate.

Mom, I miss eating your food. I am so sorry I often didn’t finish the food you made. I am also very sorry for often being rude to you and even shouting at you. Every night before I sleep, I always remember the time when you used to read me a story before I felt asleep. I know it sounds so childish and silly, but when I come home later, I want you to read me a story just like you did when I was a kid. Dad, I miss hearing your jokes. I am so sorry for often sarcastically commenting on your jokes. I am also so sorry for frequently being mad at you and calling you a useless father. You are not useless, dad. You have, in fact, done everything for the family. You are the most selfless person I know in this world. It is just I was very stupid not seeing it sooner.

Mom, dad, I am so sorry for taking you for granted. You both are the best parents one could ask. I am very grateful for being your daughter. Your love, your advices, and everything else you gave me made what I am today. And for that I am forever thankful to you. I promise I will not let you down, and I will always love you forever. I really miss you so bad. I cannot wait to see you, hug you, and make more memories with you.

Love,

Your precious daughter

Terjemahan:

Kepada Ibu dan Ayah,

Bagaimana kabar kalian? Aku harap kalian baik-baik saja. Aku tahu bahwa aku jauh dari kalian baru sekitar satu tahun saja, tetapi aku sudah sangat merindukan kalian. Kalian tidak usah khawatir sebab aku baik-baik saja di sini. Aku belajar sangat giat dan melakukan terbaik yang aku bisa di sekolah, seperti yang telah kalian bilang padaku. Aku yakin sekali kalian akan kaget melihat betapa baiknya dan seriusnya aku menjalankan akademisku. Aku suka belajar di sekolah ini. Suasananya menyenangkan. Orang-orangnya juga baik. Aku bahkan berteman dengan beberapa orang di sini, yang mana merupakan pencapaian bagiku karena dulu aku kesulitan untuk berteman. Meskipun demikian, aku agak kesulitan mengatur sendiri kamar asramaku. Kalian tahu, aku tidak pandai dalam bersih-bersih, sehingga kamarku selalu sangat berantakan. Untungnya ada seorang ibu pembersih yang selalu siap membantuku untuk membersihkan kamarku. Dia mengingatkanmu padamu, bu. Dia sangat baik dan lembut.

Ibu, aku rindu makan makanan buatan ibu. Maafkan aku dulu sering tidak menghabiskan makanan buatan ibu. Aku juga ingin minta maaf karena sering tidak sopan pada ibu dan bahkan meneriaki ibu. Sebelum tidur, aku selalu teringat waktu ketika ibu membacakanku cerita sebelum aku tertidur. Aku tahu ini terdengar kekanak-kanakan dan konyol, tetapi ketika aku pulang nanti, aku ingin ibu membacakanku cerita sebelum tidur seperti ibu lakukan sewaktu aku masih kecil. Ayah, aku rindu mendengarkan guyonan ayah. Maafkan aku dulu sering mengomentari guyonan ayah dengan sarkas. Aku juga minta maaf karena dulu sering marah pada ayah dan sering mengataimu ayah yang tidak berguna. Ayah bukan ayah yang tidak berguna, yah. Faktanya, ayah bahkan telah melakukan segalanya untuk keluarga. Ayah adalah orang yang paling tidak egois yang aku tahu di dunia ini. Hanya saja aku sangat bodoh tidak menyadarinya lebih awal.

Ibu, ayah, maafkan aku yang telah meremehkan kalian. Kalian adalah orangtua terbaik seseorang bisa minta. Aku bersyukur sekali telah menjadi putrimu. Cinta kalian, nasihat kalian, dan hal lainnya yang kalian berikan padaku membuatku menjadi aku yang sekarang. Dan untuk itu aku selamanya berterimakasih kepada kalian Aku berjanji aku tidak akan mengecewakan kalian, dan aku akan selalu mencintai kalian selamanya. Aku sangat merindukan kalian. Tidak sabar lagi untuk melihat kalian, memeluk kalian, dan membuat kenangan yang lebih banyak dengan kalian

Salam sayang,

Putri kalian yang berharga

Demikianlah contoh surat bahasa Inggris untuk orangtua tentang rindu. Sekarang, mari kita coba membuat surat untuk orangtua kita sendiri.

 

Contoh Teks Pembawa Acara Berita dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Terima Kasih untuk Guru dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Kalimat tentang Keharusan (Necessity) dalam Bahasa Inggris
Pidato Bahasa Inggris: Tentang Orang Tua (About Parent)
Cara Membuat Kalimat Meminta Izin (Permission) dalam Bahasa Inggris
Contoh Menulis Surat Cinta kepada Pacar Lewat Surat Pos
Contoh Bercerita Tentang Liburan (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Contoh Daily Activity dengan Simple Present Tense
Tip Menulis Surat Formal & Informal dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Tanda Tanya, Tanda Seru, Tanda Pisah, dan Tanda Kurung (Punctuation)