sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar Tenses: Apa itu Past Continuous Tense?

Berbeda dengan kelompok future tense yang membicarakan sesuatu yang terjadi di masa depan, masa lalu merupakan titik berat dari past tense, kelompok tense yang akan kita pelajari mulai artikel ini. Secara khusus, kita akan belajar mengenai past continuous tense dalam artikel tutorial bahasa Inggris kali ini.

Sebagai salah satu kelompok past tense yang unik, past continuous tense memiliki penjelasan umumnya tersendiri. Penjelasan pada poin selanjutnya mengenai past continuous tense akan memandu kita untuk lebih memahami contoh-contoh penerapan past continuous tense dalam kalimat, percakapan, maupun contoh soal dan pembahasan tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya.

Penjelasan Mengenai Past Continuous Tense

Sebuah past continuous tense dapat menggambarkan kejadian yang di masa lalu sudah terjadi, dua hal yang terjadi secara bersamaan di masa lalu, atau hal yang terjadi di masa lalu dan diinterupsi atau diganggu dengan hal lainnya lagi. Ada kalanya “when” digunakan untuk mendeskripsikan kejadian penggangu, dan “while” digunakan untuk mendeskripsikan kejadian yang terjadi bersamaan pada past continuous tense.

Saat hendak melekatkan “when” atau “while” pada verb dalam past continuous tense, maka jenis verb yang harus kita gunakan adalah verb 2. Sementara itu, past continuous tense-nya sendiri memiliki bentuk positive, negative, dan interrogative, yang bagian komponennya akan dijelaskan lebih jauh pada tabel di bawah ini:

Past Continuous Tense Komponen
Positive Subject + was/were/did + (verb+ing)
Negative Subject + was/were/did not +(verb+ing), atau

Subject + was/were/didn’t +(verb+ing)

Interrogative (5W+1H) + was/were + subject + (verb+ing) + … ?

Penggunaan past continuous tense berdasarkan masing-masing dari ketiga bentuknya di atas dapat tercermin dalam kalimat atau percakapan. Sebagai langkah awal untuk memahami pelajaran past continuous tense, kita akan melihat contoh kalimat yang melibatkan past continuous tense dalam poin di bawah ini.

Contoh Penerapan Past Continuous Tense Dalam Kalimat

Melalui tiga contoh kalimat yang terdapat pada poin ini, kita akan belajar serba-serbi past continuous tense secara lebih lanjut. Untuk memudahkan pembelajaran, kami memberikan panduan arti bahasa Indonesia, tanda bold pada komponen past continuous tense, dan garisbawah untuk keterangan tambahan dari past continuous tense pada masing-masing contoh kalimat yang ada.

Selain ketiga panduan di atas, kami juga memberikan penjelasan pelajaran past continuous tense, yang ada di akhir masing-masing contoh kalimat di bawah ini:

1. She was visiting the museum when you called her. (Dia sedang mengunjungi museum ketika kamu meneleponnya).

Penjelasan:Was visiting” (sedang mengunjungi, dari asal verb 1visit”) yang berada sesudah “she” (dia, subject) merupakan bukti dari bentuk positive yang dimiliki past continuous tense.

Adanya “when you called her” (ketika kamu meneleponnya) sebagai informasi tambahan membuat kalimat past continuous tense dalam contoh ini berperan untuk menjelaskan kegiatan menelepon yang diinterupsi oleh kegiatannya, yakni mengunjungi museum.

2. While I was away, they weren’t checking their works (Ketika aku pergi, mereka tidak sedang memeriksa pekerjaan mereka).

Penjelasan: Ada kalanya keterangan tambahan seperti “while I was away” (ketika aku pergi) ditaruh di depan, seperti pada past continuous tense yang berbentuk negative ini. “While I was away” menyiratkan kegiatan “aku” pergi yang terjadi bersamaan dengan mereka yang tidak memeriksa (“weren’t checking”, dari asal verb 1check”) pekerjaan mereka.

3. What were you looking at yesterday? (Apa yang kamu sedang lihat kemarin?)

Penjelasan: Adanya komponen pertanyaan “what” (apa), “were”, dan “looking” (sedang (me)lihat, dari asal verb 1 look”), menjadikan contoh kalimat ini tergolong bentuk interrogative dari past continuous tense. “Yesterday” (kemarin) sebagai informasi tambahan menyiratkan peran past continuous tense yang menjelaskan aksi “kamu” melihat itu sudah selesai di masa lalu.

Contoh Penerapan Past Continuous Tense Dalam Percakapan

Berbagai pelajaran bentuk past continuous tense dengan peran-peran dalam informasi tambahannya pada poin sebelumnya juga berlaku dalam percakapan. Contoh percakapan dalam poin ini juga menggunakan panduan yang sama dengan contoh kalimat, yakni arti bahasa Indonesia di tiap baris dialog, bold pada bentuk past continuous tense, dan garisbawah pada informasi tambahan yang melukiskan fungsi past continuous tense.

Penjelasan lebih lanjut mengenai pelajaran past continuous tense juga dapat kita nikmati setelah menyimak contoh percakapan berikut ini:

Rina: Who were you asking last night? Um, I think, it’s about… Architecture?

(Rina: Siapa yang kamu sedang tanyai malam kemarin? Um, maksudku, itu tentang… Arsitektur?)

Millie: Oh, it was Mrs. Tjung, Kacung’s mother. Just for your information, the contractors were finishing 50% of the apartment while I chatted with her.

(Millie: Oh, itu Bu Tjung, ibunya Kacung. Sekadar informasi, para kontraktor sedang menyelesaikan 50% apartemen ketika aku berbicara dengannya.)

Rina: Wow… That was, like, fast. They were not preparing any materials when they arrived for the first time, right?

(Rina: Wow… Cepat sekali. Padahal mereka tidak sedang menyiapkan bahan apapun saat mereka tiba pertama kali, ya?)

Millie: Mrs. Tjung hires three more contractor groups. They aided the first.

(Millie: Bu Tjung menyewa tiga lagi kelompok kontraktor. Mereka membantu yang pertama.)

Dalam kalimat past continuous tense berbentuk interrogative pada baris pertama dialog contoh percakapan di atas, kita mengetahui kegiatan “asking” (verb+ing untuk “ask” atau bertanya) dari “you” (kamu, subject) sudah berakhir, karena ada “last night” (malam kemarin) sebagai keterangan waktunya. Sementara itu, untuk mempertegas bentuk interrogative pada past continuous tense, kita melihat adanya “who were” sebagai pertanyaan di awal kalimat.

Melalui baris dialog kedua (Millie) pada contoh percakapan, kita melihat kegiatan “were finishing” (sedang menyelesaikan) dari “the contractors” (para kontraktor, subject) berlangsung di masa lalu bersamaan dengan yang terdapat pada garisbawah, yakni “while I chatted with her” (ketika aku berbicara dengannya). Adanya “were” yang langsung menyambung dengan “finishing” juga menandakan ini dia contoh bentuk positive dalam past continuous tense.

Selanjutnya, kita lihat ada bentuk negative past continuous tense dalam baris dialog ketiga dalam contoh percakapan, yang dibuktikan dengan adanya komponen “were not” yang menyambung dengan verb+ing-nya, yakni “preparing” ((sedang) mempersiapkan, dari asal verb prepare”, siap). Adanya “when they arrived for the first time” (ketika mereka tiba pertama kali) menunjukkan kegiatan subject mereka (“they”) “mengganggu” kegiatan sebelumnya, yakni ketibaan mereka pertama kali.

Contoh Soal dan Pembahasan Past Continuous Tense Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Dalam berbagai tes penguji kecakapan bahasa Inggris, seperti TOEFL dan yang sejenisnya, past continuous tense kerap muncul sebagai contoh soal written expression, yakni meminta kita memilih abjad yang salah. Selain itu, past continuous tense juga muncul sebagai soal yang meminta kita menentukan benar-salahnya kalimat soal.

Kedua contoh soal yang ada dalam poin ini melukiskan variasi kemunculan past continuous tense dalam aneka tes penguji kecakapan bahasa Inggris. Supaya learners sekalian makin dapat mempelajari contoh soal di bawah ini, kami menyediakan panduan yang terdiri dari arti bahasa Indonesia, jawaban benar dalam bold, dan pembahasan jawaban benarnya:

1. Choose the wrong letter:

You was cooking when they arrived in our house.

A           B          C          D

(1. Pilih abjad yang salah:

Kamu sedang memasak ketika mereka tiba di rumah kami.)

A           B           C           D

Catatan: Bila kita hanya melihat bentuk past continuous tense dengan sambungan “when” atau “while”-nya seperti di atas, mungkin tidak ada yang salah dengan verb+ing pada pilihan b, verb 2 setelah “when” pada pilihan c, bahkan preposition pada pilihan d.

Padahal, “you” harusnya berpasangan dengan “were” dalam past continuous tense. Pilihan yang salah demikian adalah pilihan a, karenanya, ini pilihan yang harus kita jawab.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

I was browsing the internet while they ate leftover snacks. Answer: T

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Aku sedang menjelajah internet ketika mereka makan sisa-sisa kudapan. Jawaban: B)

Catatan: Tidak masalah bila “while” atau “when” diletakkan di depan atau belakang kalimat, yang penting verb yang paling dekat dengan “while” atau “when” harus verb 2. Setelah itu, barulah rumus dasar was/were+(verb+ing) dari past continuous tense berlaku. Karena contoh kalimat soal kedua ini tidak melanggar satupun aturan dari past continuous tense, maka jawabannya adalah “T” atau “True”.

Setelah kita mengenal past continuous tense lewat artikel ini, selanjutnya kita akan membahas tentang kelompok past tense lain, yakni past future continuous tense. Mari, simak, baca, dan ikuti artikel tutorial bahasa Inggris dari kami untuk mengetahui seperti apa pelajaran past future continuous tense itu.

Artikel Lainnya

Grammar Tenses: Apa itu Simple Present Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Simple Past Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Simple Future Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Present Perfect Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Present Perfect Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Present Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Tense?

 

Grammar Tenses: Apa itu Past Continuous Tense?
Grammar-Noun: Apa itu Noun?
Grammar-Comparison Adverb: Comparative vs Superlative
Grammar: Apa itu Clause?
Grammar-Determiner: Apa itu Quantifiers?
Grammar-Adjective: Apa itu Degree of Comparison?
Grammar: Apa itu Noun Clause?
Grammar-Noun: Compound vs Collective Noun
Grammar-Conjunction: Apa itu Adverbial Conjunctions (Conjunctive Adverbs)?
Grammar-Adverb: Emphasizers, Amplifiers, Downtoners (Intensifier Adverbs)


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Apa itu Syntax?
Preposition (Preposisi dalam Bahasa Inggris)
Figure of Speech: Simile
Figure of Speech: Apa itu Metaphor?
Figure of Speech: Apa itu Hyperbole?
English Spelling
Parts of Speech (The Eight Parts of Speech)
Four Sentence Types (Jenis-Jenis Kalimat)
Grammar-Verb: Apa itu Subjunctive Verb?