sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Writing CV / Resume: Menceritakan Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Kerja dalam Bahasa Inggris

Telling Job & Education Background in CV

Melamar pekerjaan dapat menjadi hal yang cukup mendebarkan. Banyak sekali orang yang merasa kesulitan dalam mencari pekerjaan sebab lamaran yang dikirimkan berkali-kali ditolak atau tak ditanggapi oleh pihak perusahaan atau instansi yang diincar. Beberapa orang juga mengalami kegagalan setelah masuk tahap interview.

Sebelum memutuskan untuk melamar suatu pekerjaan, ada baiknya kita mempertimbangkan dahulu apakah kita memiliki kecakapan yang cukup dalam bidang tersebut.

Meski latar belakang pendidikan kita tak begitu mendukung, keahlian yang kita miliki—baik yang dipelajari secara autodidak maupun pelatihan tertentu—akan menjadi nilai plus.

Bayangkan diri anda sebagai pihak HRD atau talent acquisition di suatu instansi, apakah yang anda lihat dari sekumpulan orang asing yang menawarkan diri untuk bergabung dalam tim kerja instansi anda?

Tentu saja keahlian serta sikap dari mereka lah yang jadi bahan pertimbangan. Kontribusi apa yang bisa mereka berikan pada instansi juga merupakan poin penting.

Kali ini kita akan membahas tentang cara yang baik dan benar dalam mempromosikan diri untuk melamar kerja. Ini bisa diterapkan dalam resume atau cover letter yang hendak dikirimkan, atau dalam sesi interview.

Yang perlu digarisbawahi adalah, pastikan latar belakang tentang diri yang akan diceritakan berhubungan dengan pekerjaan yang kita incar. Simpan pembahasan yang tidak relevan terlebih dahulu, semenarik apapun itu, agar pihak instansi mampu menumbuhkan kepercayaan pada kita untuk menjabat posisi yang dipilih dengan skill yang kita miliki.

Dan ada baiknya kita memperhatikan hal-hal berikut:

  • Hindari bahasa yang kurang pantas atau informal seperti slang atau jargon teknis.
  • Gunakan kalimat yang efektif, informatif dan tidak bertele-tele.
  • Perhatikan ketepatan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca dalam surat lamaran pekerjaan yang dibuat. Jika berisi kesalahan, besar kemungkinan lamaran tersebut akan berakhir di tempat sampah.
  • Sebutkan di mana anda mendapat informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi.

  • I am a Computer Science graduate of the University of Indonesia. I bring with me several years of experience as information systems analyst of a company in Jakarta, since I graduated back in 2012. I am applying for the position of Document Controller advertised on jobstreet.com on March 23rd.

(Saya adalah Sarjana Ilmu Komputer lulusan Universitas Indonesia. Saya memiliki pengalaman beberapa tahun sebagai seorang analis sistem informasi di sebuah perusahaan di Jakarta, sejak saya lulus di tahun 2012. Saya melamar posisi sebagai Pengawas Dokumen seperti yang diiklankan di situs jobstreet.com pada tanggal 23 Maret.)

  • I am a Communications graduate of the Hasanuddin University with several years of working experience as a Public Relation Staff gained from a non-governmental agency in my hometown, Kendari. I am writing to apply for the position of Executive Assistant posted on your official site on 23 February 2017. This position particularly interests me because it would enable me to make full use of my administrative and organizational skills. I have well-developed both written and oral communication skills that can be very useful in carrying out the duties for the position.

(Saya adalah Sarjana Komunikasi lulusan Universitas Hasanuddin dengan pengalaman kerja sebagai Staff Humas di sebuah instansi swasta di kota asal saya, Kendari. Saya menulis untuk melamar pekerjaan di posisi Asisten Eksekutif yang dipublikasikan di situs resmi perusahaan anda pada tanggal 23 Februari 2017. Posisi ini menarik bagi saya sebab akan membuat saya memanfaatkan ketrampilan administratif dan organisasi saya dengan penuh. Saya memiliki ketrampilan komunikasi secara tertulis dan lisan yang baik yang akan sangat bermanfaat untuk memenuhi tugas jabatan tersebut.)

  • My name is Anna Belle. I am twenty one years old. I have background in Accounting Diploma III at State Polytechnic of Jakarta, graduating this April. In 2015, I participated in a training for accountants in Depok. I have read from your advertisement on JawaPos that your company is looking for accountants. With my educational background, I’m confident that my qualification and skills could make significant contributions to the company. I am a person who can work well as part of team and on my own. I am also hardworking, and eager to learn.

(Nama saya Anna Belle. Saya berusia dua puluh satu tahun. Saya memiliki latar belakang pendidikan Diploma III Akuntansi di Politeknik Negeri Jakarta, lulus bulan April kemarin. Pada tahun 2015, saya ikut sebuah pelatihan untuk para akuntan di Depok. Saya membaca iklan anda di JawaPos bahwa perusahaan anda sedang mencari akuntan. Dengan latar belakang pendidikan saya, saya percaya bahwa kualifikasi dan ketrampilan saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk perusahaan. Saya orang yang mampu bekerja dengan baik sebagai bagian dari tim maupun sendiri. Saya juga pekerja keras dan semangat belajar.)

  • I have read from your advertisement at JobsDB that your company is looking for employees to hold some position. And I am interested in applying as a Service Consultant. My name is Ikbal Alfaris, I am twenty years old. I am a student at University of Surabaya, majoring in Law and have already been in my seventh semester. I consider myself that I have the qualifications as required. I have good motivation for growing, eager to learn, and can work in team and individually. Besides that, I have fair communication skill in English, both oral and written.

(Saya telah membaca iklan di JobsDB bahwa perusahaan anda sedang mencari karyawan untuk mengisi suatu jabatan. Dan saya tertarik melamar sebagai Konsultan Pelayanan. Nama saya Ikbal Alfaris, saya berusia dua puluh tahun. Saya adalah mahasiswa di Universitas Surabaya, jurusan Hukum, dan sudah berada di semester ke tujuh. Saya menganggap diri saya memiliki kualifikasi yang disyaratkan. Saya memiliki motivasi yang baik untuk berkembang, semangat belajar, dan dapat bekerja dalam tim maupun secara individu. Di samping itu saya memiliki ketrampilan bahasa Inggris yang baik, lisan maupun tertulis.)

Cukup mudah, kan? Mulailah dengan menyortir informasi apa saja yang ingin anda sajikan yang dapat membuat pihak perusahaan tertarik untuk mengajak anda bergabung.

Mempermanis data diri dengan bahasa yang kreatif bisa dilakukan, namun jangan sekali-kali memasukkan informasi yang tidak sesuai alias palsu. Selamat mencoba!

Percakapan Terkait

 

Business Conversation: Percakapan Dengan Tamu di Kantor Dalam Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris yang Menggunakan Makanan pada Kalimatnya
Percakapan Job Interview: Menyampaikan Deskripsi Pengalaman Kerja
English Idiom: Memaki Bodoh dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Jenis-Jenis Tanda baca dalam Bahasa Inggris (Punctuation)
Speaking TOEFL: Seni Diplomasi dalam Percakapan Bahasa Inggris
Text Genre Classification: Apa itu Descriptive Text?
Contoh Surat Bahasa Inggris yang Dikirim Sahabat Pena Lewat Pos
Writing Tip: Menulis Surat Bisnis dalam Bahasa Inggris
Menjelaskan Bisnis kepada Pelanggan dalam Bahasa Inggris


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


10 Tips Membuat CV Bahasa Inggris Yang Menarik
Membaca Kartu Nama dan Memahami Informasi Pekerjaan atau Perusahaan
Etika Berkomunikasi Melalui E-mail
Writing Rule: Penggunaan Apostrof dan Tanda Petik (Punctuation)
Writing Rule: Tanda Titik, Koma, Titik Koma (Punctuation)
Writing Tip: Tanda Tanya, Tanda Seru, Tanda Pisah, dan Tanda Kurung (Punctuation)
Writing Tip: Contraction Word dalam Bahasa Inggris
Writing CV / Resume: Menceritakan Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Kerja dalam Bahasa Inggris
Aturan Penggunaan Huruf Kapital dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Membuat Kalimat Bahasa Inggris yang Baik