sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Job Interview: Menjalani Wawancara Dalam Bahasa Inggris secara Efektif dan Baik

EXECUTE JOB INTERVIEW EFFECTIVELY AND SMOOTHLY

Melakukan wawancara terkadang bukan suatu hal yang mudah, terlebih dengan perkembangan zaman sekarang dimana para pelamar kerja bisa mendapatkan informasi dimana saja. Mencari seorang kandidat yang pintar dengan kualifikasi yang baik bukanlah suatu hal yang sulit. Tingginya persaingan membuat hanya dengan satu klik di media sosial saja, sebuah perusahaan bisa mendapatkan lebih dari ratusan pelamar kerja.

Tantangan yang kemudian dihadapi oleh para penyedia pekerjaan atau bisa juga disebut dengan perusahaan berikutnya adalah dengan mencari kandidat yang sesuai dengan nilai perusahaan dan mampu memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan. Sebagai seorang pencari kerja, penting bagi kita untuk mengerti apa yang dicari oleh perusahaan. Impresi pertama sangat penting, sehingga jangan lupakan penampilan ketika kita hendak melakukan wawancara.

Selain penampilan, kita juga perlu mendapatkan informasi yang cukup terkait perusahaan yang sedang melakukan dan memproses kita sebagai calon karyawan. Apabila contohnya kita mendaftar di perusahaan A, alangkah lebih baik apabila kita belajar terlebih dahulu mengenai perusahaan A sehingga kita dapat menyampaikan dan berbicara tentang sesuatu yang menarik bagi mereka. Saat memulai wawancara, sekedar percakapan basa-basi juga menjadi sesuatu yang esensial. Beberapa percakapan yang dapat kita mulai sembari menunggu proses wawancara dengan pewawancara adalah sebagai berikut:

  • “This new office looks really nice. I bet the employees are having a great time working here.”

(Kantornya terlihat sangat bagus. Saya yakin karyawan-karyawan yang bekerja disini memiliki pengalaman kerja yang baik.)

  • “I’ve heard so much about this company. I really admire the activity this company made the last two months regarding____________”

(Saya telah dengar banyak tentang perusahaan ini. Saya sangat mengagumi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan ini dua bulan lalu terkait__________)

  • “It’s really nice to see you. I’ve always been wanting to talk with someone from this company. This company is really admirable to me personally.”

(Sangat menyenangkan bisa bertemu dengan Anda. Saya selalu ingin berbicara dengans eseorang dari perusahaan ini. Perusahaan ini sangat mengagumkan kalau menurut saya.)

Ingat, pujian singkat untuk mereka dan perusahaannya bisa jadi sangat berguna. Tetapi pujian yang berlebihan dan terlalu dibuat-buat juga bukan sesuatu yang baik. Jadi patsikan bahwa pujian yang kita berikan kepada mereka adalah pujian yang tulus dan yang sesungguhnya.

Di dalam sebuah wawancara, tentu saja penuh dengan pertanyaan dan jawaban. Biasanya berbeda-beda perusahaannya, maka berbeda-beda pula cara pewawancara melakukan wawancara. Ada beberapa perusahaan yang akan menggunakan pertanyaan teknis, hal ini biasanya apabila pekerjaan yang sedang dicari adalah pekerjaan yang sangat membutuhkan teknis. Tetapi apabila posisi yang dibutuhkan posisi yang netral dan normal, pertanyaan yang diajukan akan berputar sekitar pengalaman kerja, kekurangan, kelebihan, dan lain lain.

Salah satu pertanyaan yang paling sering muncul di dalam wawancara adalah: “How do you see yourself in five years?” yang berarti bagaimana Anda melihat diri Anda lima tahun dari sekarang. Pertanyaan ini terbilang cukup sulit bagi beberapa orang, namun yang terpenting adalah cobalah jawab pertanyaan ini dengan jujur.

Selain pertanyaan tersebut, pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pewawancara adalah “Tell me about yourself” atau kita akan diminta untuk menceritakan diri kita. Terkadang ini menjadi sulit karena beberapa pelamar kerja memilih untuk menceritakan latar belakang keluarga, pendidikan, dan lain lain. Sementara itu bukan hal tersebut yang dicari oleh perusahaan. Berikut adalah beberapa contoh jawaban yang dapat diberikan:

  • “I am Eadlyn, I am twenty four years old and I am a very passionate person, especially in this field. Because I know that I have the capability of it and I find this field to be very interesting, so that’s why I’m interested in doing career in this field__________”

(Saya Eadlyn, saya berumur dua puluh empat tahun, dan saya sangat memiliki ketertarikan di bidang pekerjaan ini. Karena saya tau saya punya kapasitas yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan ini dan saya merasa bahwa bidang ini sangat menarik, karena itu saya tertarik untuk membangun karir di bidang ini___________)

  • “My name’s Eadlyn. I took the major in Psychology back when I was in college because ________”

(Nama saya Eadlyn. Saya mengambil jurusan psikologi ketika saya ada di universitas karena________)

  • “I am Eadlyn. I love business management, because I think it really is the ground of any business, that if I learn it, I will be much better in the organization_______”

(Nama saya Eadlyn. Saya suka manajemen bisnis, karena saya pikir bidang ini adalah dasar dari semua bisnis, yang apabila saya belajar mengenai ini, saya akan menjadi lebih baik di dalam sebuah organisasi______)

Yang paling penting ketika kita menjelaskan tentang diri kita sendiri adalah jujur dengan diri sendiri dan menceritakan karakter yang paling menonjol dalam diri kita, karena hal itu membuat kita menjadi seorang pelamar kerja yang jujur dan mau belajar.

Pada akhir bagian wawancara, biasanya pewawancara akan menanyakan apabila ada pertanyaan yang ingin kita tanyakan. Pewawancara harus bertanya pada sesi ini, karena disinilah pewawancara melihat seberapa tertarik seorang pelamar kerja terhadap pekerjaan. Apabila kita tidak menanyakan suatu pertanyaan, maka pewawancara dapat menilai bahwa kita tidak tertarik terhadap pekeraan tersebut.

Beberapa contoh pertanyaan yang dapat digunakan untuk menanyakan sesuatu di akhir sesi adalah:

  • “How is the value of this company?” (Apa nilai yang dimiliki oleh perusahaan ini?)
  • “Do you think this company provides the best for society?” (Apakah menurut anda, perusahaan ini memberikan yang terbaik untuk masyarakat?)
  • “How do you think this company affects environment and giving back to the community?” (Menurut anda, apakah perusahaan ini memberikan efek yang positif kepada lingkungan dan komunitas?)

Masih banyak lagi pertanyaan yang bisa kita tanyakan dalam sebuah sesi akhir wawancara, namun harus dipastikan bahwa pertanyaan yang kita ajukan memiliki nilai dan jangan pernah sekali-kali tanyakan soal gaji sebelum kita diterima. Selamat berbahasa inggris!

Percakapan Terkait

Artikel Lainnya

Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
Job Interview: Percakapan Wawancara Kerja
Job Interview: Percakapan dalam Bahasa Inggris di Telepon Menentukan Jadwal Interview Kerja
Percakapan Job Interview: Menjalani Wawancara Dalam Bahasa Inggris secara Efektif dan Baik
Percakapan Job Interview: Menceritakan Pengalaman Kerja & Latar Belakang Pendidikan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Job Interview: Menyampaikan Deskripsi Pengalaman Kerja

 

Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Inggris British (UK), Amerika (US), dan Australia (AU)
Speaking TOEFL: Seni Diplomasi dalam Percakapan Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Hari dalam Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris tentang Kehidupan
25 Teka-teki Populer dalam Bahasa Inggris (English Riddle)
Kata Benda Maskulin vs Kata Benda Feminin dalam Bahasa Inggris
Contoh Kartu Undangan Bahasa Inggris Merayakan Ulang Tahun
Aturan Penggunaan Huruf Kapital dalam Bahasa Inggris
Cashier Conversation: Percakapan Kasir dan Pelanggan dalam Bahasa Inggris


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)
Percakapan Inggris: Mempelajari Penggunaan Bahasa Inggris di Supermarket
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Membicarakan Kabar Terkini
Percakapan Inggris: Mengucapkan Salam Sederhana dalam Situasi Informal
English Conversation: Contoh Percakapan dengan Simple Perfect Tense
English Conversation: Percakapan Negosiasi Harga Jual Beli