sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Meminta Donasi Kepada Seseorang dengan Sopan dan Ramah

Pernahkah kita dihampiri oleh seseorang yang mengatasnamakan suatu lembaga atau organisasi yang bermaksud meminta donasi dari kita? Atau pernahkah kita menerima surat, baik itu surat biasa ataupun surat elektronik (e-mail), yang juga bertujuan untuk donasi? Apakah pengertian dari donasi itu sendiri?

Donasi (yang juga dikenal dengan sumbangan atau derma) adalah suatu pemberian yang berasal dari seseorang atau suatu badan yang bertujuan untuk membantu pihak lain yang sedang membutuhkan. Sebuah donasi dapat berupa sejumlah uang atau barang-barang. Umumnya, donasi ditujukan kepada korban bencana alam, penelitian yang bertujuan demi kesejahteraan semua pihak, donasi untuk pendidikan, donasi yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan, dan masih banyak tujuan lainnya.

Dalam meminta donasi atau derma, ada satu pihak yang disebut dengan donatur. Apakah dan siapakah donatur yang dimaksud? Donatur adalah seseorang atau beberapa orang yang memberi sumbangan kepada pihak yang meminta donasi. Seorang donatur, yang telah menyerahkan uang atau barang miliknya dengan ikhlas, memiliki hak untuk mengetahui proses atau alur hingga donasi sampai pada yang membutuhkan dengan lengkap dan transparan.

Donatur memiliki posisi atau peranan penting dalam pemberian donasi atau derma. Maka dari itu, ketika kita ingin agar seorang donatur dapat menaruh kepercayaannya pada kita, kita harus berupaya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan bertutur kata dengan sopan dan ramah, yang boleh jadi akan menarik hati calon donatur atau penyumbang.

Kita pun harus melakukan hal yang sama ketika akan meminta donasi kepada donatur dari luar negeri dalam Bahasa Inggris. Kesopanan harus tetap dijunjung. Dengan menjaga kesopanan dan keramahan dengan bahasa serta tutur kata yang baik, besar kemungkinan mereka akan tertarik dan tergerak untuk berderma.

Dalm artikel ini, kita akan membahas beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang dapat kita gunakan ketika berhadapan dengan calon donatur untuk membantu kita dengan donasi yang digunakan untuk tujuan kebaikan dan kemanusiaan. Contoh-contoh kalimat ini dapat kita ucapkan ketika bertatap muka langsung dengan donatur dan melalui surat biasa atau elektronik.

Kalau begitu, mari kita bahas satu per satu!

1. Meminta Donasi Melalui Surat Penggalangan Dana (Asking for Donations through Fundraising Letter)

Di bagian ini, kita akan membahas tentang meminta donasi melalui surat penggalangan dana menggunakan Bahasa Inggris. Surat penggalangan dana adalah salah satu bagian esensial atau umum ketika akan meminta donasi atau donatur atau calon donatur. Surat penggalangan dana biasanya akan dikirimkan langsung ke alamat donatur ataupun melalui alamat surel.

Contoh: Lewat surat ini, kami mengundang Anda untuk ikut ambil bagian dalam program ini (with this letter, we would like to invite you to join this program)

September 29, 2020

Dear Miss. Nayla,

Firstly, we wish that God Almighty always bless you in whatever you do.

Through this letter, allow me to introduce myself to you. My name is Janna Habsyi of Matahari Foundation for Animals Welfare (MFAW). MFAW is a non-profit organization who works to help stray and homeless animals. We work to ensure their welfare and to educate people that these stray animals need love and care, and that they are not dangerous for human.

Starting November, MFAW will be hosting a program called “For Strays with Love”, a program where we will giving stray animals food and build them their own shelter, so they can live there and call it home. With this letter, we would like to invite you to join this program.

Miss Nayla, we believe that together with you, we can make this program happen. By joining our program and showing the animals love, we already educate people about the importance of sharing love and kindness. Also, you may donate to these animals. 100% all the donations that comes from your heart will be distributed to animals in need.

Below is the attachment on how you can donate. This attachment is one of our ways to show transparency to you, our valuable patron. You can send me questions anytime when you have a question, and I will be delighted to help you by answering them. Or, you can call me here 0811-234-5678.

Thank you such a lot for some time to read this letter. I hope that your day is going to be an awesome one.

Your truly,

Janna Habsyi

Matahari Foundation for Animals Welfare

Terjemahan:

29 September 2020

Nona Nayla yang terhormat,

Pertama-tama, kami harap Anda selalu berada dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa dalam pekerjaan apapun yang Anda lakukan.

Melalui surat ini, izinkan saya memperkenalkan diri kepada Anda. Nama saya Janna Habsyi dari Yayasan Matahari untuk Kesejahteraan Hewan (YMKH). YMKH adalah organisasi nirlaba yang bekerja membantu hewan-hewan terlantar dan tidak memiliki rumah. Kami bekerja untuk memastikan kesejahteraan mereka dan juga memberi edukasi kepada orang-orang bahwa hewan-hewan ini membutuhkan cinta dan kasih sayang, dan bahwa mereka tidak berbahaya bagi manusia.

Mulai November, YMKH akan mengadakan program bernama “Dengan Cinta untuk Hewan Terlantar”, sebuah program di mana kami akan memberi makan kepada hewan-hewan terlantar dan membangun tempat penampungan bagi mereka, agar mereka bisa tinggal di sana dan menganggapnya rumah. Lewat surat ini, kami mengundang Anda untuk ikut ambil bagian dalam program ini.

Nona Nayla, kami percaya bahwa bersama Anda, kita dapat membuat program ini jadi nyata. Dengan bergabung ke dalam program kami dan memberikan cinta kepada hewan-hewan ini, Anda telah mengajarkan orang-orang pentingnya berbagi cinta dan kebaikan. 100% donasi yang datang dari hati Anda akan didistribusikan untuk hewan-hewan yang membutuhkan ini.

Di bawah ini kami sertakan lampiran tentang tata cara bagaimana Anda dapat berdonasi. Menyertakan lampiran adalah salah satu cara kami menunjukkan transparensi kepada Anda, pendukung kami yang berharga. Anda bisa mengirimi saya pertanyaan di alamat surel ini dan saya dengan hati akan menjawab semua pertanyaan Anda. Anda juga dapat menghubungi saya di nomor ini 0811-234-5678.

Terimakasih sudah meluangkan waktu Anda membaca surat ini. Saya harap hari Anda akan menjadi hari yang menyenangkan.

Salam hangat,

Janna Habsyi
Yayasan Matahari untuk Kesejahteraan Hewan

2. Meminta Donasi Melalui Pertemuan Tatap Muka (Asking for Donations through Face-to-Face Meetings)

Setelah kita membahas bagaimana meminta donasi secara sopan melalui surat penggalangan dana atau surat undangan untuk bergabung dalam suatu proyek menggunakan Bahasa Inggris, pada bagian ini kita akan membahas kata-kata Bahasa Inggris seperti apakah yang dapat digunakan ketika meminta donasi dengan cara melakukan pertemuan secara langsung dengan donatur atau calon donatur.

Contoh: Tujuan saya menemui Anda di sini hari ini adalah saya dengan sangat senang hati mengundang Anda ke dalam … di kantor saya (my intention of meeting you here today is to delightfully invite you to my office’s …)

Miss Singh: It is a pleasure for me to finally meeting you here, Mrs. Sanders.

Mrs. Sanders: My pleasure to meet you too, Miss Singh. So, what is this that you want to talk to me face-to-face here?

Miss Singh: Mrs. Sanders, in my letter I have stated that I work for a organization for helping poor people. My intention of meeting you here today is to delightfully invite you to my office’s yearly project to help homeless people.

Mrs. Sanders: Sounds like a big project to me. Miss Singh, before I donate something to your organization, I must know my rights and I hope that you, as the representative of your office, can give me some documents to show how transparent this project is.

Miss Singh: I bring some documents with me today and you can read it at home. I really believe that with your help, we can help those homeless people. But, you can read the documents first and you can call me in this number on my name card if you have anything to ask.

Mrs. Sanders: You are almost convincing me, Miss Singh. Still, I have to read them first before I give you my final thoughts. I will call you later, maybe in next two or three days. Does this sit right with you?

Miss Singh: Absolutely not,, Ma’am! Thank you very much for giving this project a thought.

Terjemahan:

Nona Singh: Senang rasanya akhirnya saya bisa bertemu Anda di sini, Ny. Sanders.

Ny. Sanders: Senang bisa bertemu denganmu juga, Nona Singh. Jadi, apakah yang ingin Anda bicarakan sehingga menginginkan pertemuan tatap muka langsung denganku?

Nona Singh: Ny. Sanders, di dalam surat saya telah menjabarkan bahwa saya bekerja untuk sebuah organisasi untuk menolong orang-orang kurang mampu. Tujuan saya menemui Anda di sini hari ini adalah saya dengan sangat senang hati mengundang Anda ke dalam proyek tahunan di kantor saya.

Ny. Sanders: Terdengar seperti suatu proyek besar bagi saya. Nona Singh, sebelum saya mendonasikan sesuatu ke oganisasi Anda, saya harus tahu hak-hak saya dan saya harap Anda, sebagai perwakilan kantor Anda, dapat memberikan saya beberapa dokumen untuk menunjukkan seberapa transparannya proyek ini.

Miss Singh: Saya membawa beberapa dokumen hari ini dan Anda dapat membacanya di rumah. Saya sungguh percaya bahwa dengan bantuan Anda, kita dapat membantu mereka yang membutuhkan. Namun, Anda terlebih dahulu dapat membaca semua dokumen itu dan Anda dapat menghubungi nomor di kartu nama saya jika Anda punya sesuatu untuk ditanyakan.

Ny. Sanders: Anda hampir berhasil meyakinkan saya, Nona Singh. Tetapi tetap saja, saya harus membaca dahulu semua dokumen itu sebelum saya memberitahu Anda keputusan akhir saya. Akan saya hubungi Anda nanti, mungkin dalam dua atau tiga hari lagi. Apakah Anda tidak keberatan?

Miss Singh: Tentu saja tidak, Nyonya! Terimakasih sudah memberi kesempatan untuk memikirkan proyek kantor saya.

Itulah dua contoh kalimat Bahasa Inggris yang dapat kita ucapkan, baik ketika bertemu secara langsung maupun ketika mengirimkan surat elektronik kepada donatur atau calon donatur, untuk memberikan donasi dengan cara yang sopan dan ramah. Tips terakhir yang harus kita perhatikan ketika meminta donasi adalah:

  1. Menunggu dengan sabar ketika mereka meminta kita untuk menunggu selama beberapa hari sebelum mereka memberikan jawaban.
  2. Menerima apapun yang menjadi jawaban akhir dari donatur atau calon donatur kita, dalam hal ini mereka menerima dan memberi donasi atau mereka menolak dan tidak memberikan donasi yang dikarenakan sebab tertentu.

Demikian artikel kita untuk kali ini. Selamat belajar dan semoga sukses!

 

Mengatakan Harga Barang Terlalu Mahal Secara Sopan (Polite Way to Say Something is Too Expensive)
Tips Berlaku Sopan dalam Budaya Inggris
Cara Komplain Secara Sopan dalam Bahasa Inggris
Meminta Maaf Dengan Sopan (How To Apologize Politely In English)
Menyatakan Tidak Setuju dengan Sopan (How To Say Disagree Politely)
Percakapan untuk Meminta Ijin / Persetujuan
Menyela dengan Sopan (How to Interrupt Someone Politely in English)
Menyatakan Tidak Setuju dengan Sopan (Disagree Politely)
Menulis Pembukaan Surat dengan Sopan dalam Bahasa Inggris (How to Start a Polite Letter in English)
Ungkapan untuk Menunjukkan Perhatian Terhadap Seseorang