sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “Based On My Experience”

Ketika terlibat dalam sebuah percakapan, ada kalanya lawan bicara merasa penasaran dengan pendapat kita. Misalnya saja soal outfit apa yang sedang dia kenakan, bawa atau hal-hal lainnya. Saat berdiskusi atau musyawarah pun akan ada saatnya dimana kita diminta untuk memberikan tanggapan maupun pendapat tentang topik terkait yang tengah dibicarakan.

Nah, rasanya akan lebih mudah ketika pendapat yang kita sampaikan menggunakan bahasa indonesia. Salah satu kalimat yang kerap digunakan dalam menyampaikan pendapat dalam bahasa Inggris, ialah based on my experience (menurut pengalaman saya).

Kalimat tersebut kerap digunakan dalam menyampaikan pendapat giving opinion. Lantas bagaimana penggunaan based on my experience dalam kalimat bahasa Inggris? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Giving Opinion dengan Based On My Experience

Siapapun pasti pernah dimintai pendapat oleh orang lain, bukan? Dalam bahasa Inggris, kalimat giving opinion merupakan sebuah kalimat yang digunakan untuk memberikan pendapat atau opini pada orang lain.

Opini atau pendapat sendiri merupakan hasil pemikiran yang bisa berasal dari pengalaman seseorang maupun beberapa orang mengenai suatu hal. Mulai dari benda, seseorang ataupun hal-hal yang lainnya.

Memberikan pendapat umumnya bertujuan agar orang lain bisa memahami dan belajar sesuatu dari sudut pandang maupun pengalaman orang lain. Yang kemudian bisa digunakan untuk evaluasi, perbaikan, perbandingan dan lain sebagainya.

Ketika menyampaikan kalimat yang berisi pendapat (giving opinion), biasanya digunakan kalimat sederhana (Simple Sentence). Namun sebaiknya, kita perlu tahu siapa yang diajak bicara, kapan waktunya, kemudian suasananya  seperti apa. Hal ini agar menghindari terjadinya kesalahpahaman dengan lawan bicara saat menyampaikan pendapat.

Dalam memberikan opini atau pendapat biasanya terdapat dua sudut pandang (point of view). Yakni personal point of view (sudut pandang pribadi) dan general point of view (sudut pandang umum). Dari situ bisa dipahami bahwa based on my experience merupakan opini atau pendapat yang diungkapkan berdasarkan sudut pandang personal atau pribadi.

Penggunaan Based On My Experience

Kalimat ini kerap digunakan ketika seseorang ingin menyatakan pendapatnya kepada orang lain atau lawan bicaranya. Based on my experience sendiri memiliki makna bahwa seseorang ingin menyebutkan tentang opini atau pendapat berdasarkan pengalaman yang ia miliki. Pengalaman pun bisa bermacam-macam, bisa soal pekerjaan, hingga masalah kehidupan pribadi.

Berikut beberapa contoh penggunaan kalimat based on my experience, diantaranya.

  • This one’s wrong, based on my experience. (Yang ini salah, berdasarkan pengalaman saya.)
  • Based on my experience this is true. (Berdasarkan pengalaman saya, hal ini benar.)
  • Based on my experience with the ASN Flyer, I wouldn’t buy one for handwriting. ( Berdasarkan pengalaman saya dengan ASN Flyer, saya tidak akan membeli satupun untuk tulisan tangan.)
  • I think I made valid contributions based on my experience. (Saya pikir saya telah membuat kontribusi yang valid berdasarkan pengalaman saya.)
  • Based on my experience, I trust jurors a lot. (Berdasarkan pengalaman saya, saya lebih mempercayai anggota juri.)
  • Right now, based on my experience, it’s an employee’s market. (Sekarang ini, berdasarkan pengalaman saya, ini adalah bursa para pekerja.)
  • Based on my experience, she fully expects that she who pays the piper plays the tune. (Berdasarkan pengalaman saya, dia sepenuhnya berharap jika dia yang membayar pemain pipet untuk memainkan lagunya.)
  • Based on my experience, I believe there is a broader range of participants. ( Berdasarkan pengalaman saya, saya yakin ada jangkauan peserta yang lebih luas.)
  • But based on my experience as manager, I can’t guarantee that, and that’s terrible to say. (Tetapi berdasarkan dari pengalaman saya sebagai presiden, saya tidak bisa menjaminnya, dan hal itu mengerikan untuk dikatakan.)
  • Based on my experience as a teacher, I can’t guarantee that. (Berdasarkan pengalaman saya, sebagai seorang guru, saya tidak bisa memberikan jaminan.)
  • The problem was that my expectations were too high, based on my experience as a seller. (Masalahnya, ekspektasi saya terlalu tinggi, sesuai pengalaman saya sebagai penjual.)
  • Based on my experience, the question should be “how can we make it work? (Berdasarkan pengalaman saya, pertanyaan nyata seharusnya “bagaimana kita bisa membuatnya berhasil?”)
  • But still, I’m always cynical about a game based on my experience. (Tapi tetap saja, saya selalu sinis tentang game berdasarkan pengalaman saya.)
  • Here are my best 5 tips for online dating based on my experience. (Berikut adalah 5 tips terbaik saya untuk kencan online berdasarkan pengalaman saya.)
  • Based on my experience, Governor’s opposition to allowing self-service gas stations is well founded. (Berdasarkan pengalaman saya, penolakan Gubernur untuk mengizinkan pompa bensin swalayan sangat beralasan.)
  • He will never return the money he borrows, based on my experience. (Dia tak akan pernah mengembalikan uang yang dia pinjam, berdasarkan pengalaman saya.)
  • Based on my experience, Padang restaurant has alot of delicious food, such as, Rendang, Ayam Pop, Jengkol Balado and many more. (Berdasarkan pengalaman saya, restoran Padang punya banyak makanan yang enak, misalnya seperti, Rendang, Ayam Pop, Jengkol Balado dan banyak lagi.)
  • Based on my experience, there is nothing nice about smoking. It’s dangerous for your health. And it is waste of money. (Berdasarkan pengalaman saya, tidak ada satu hal pun yang bagus dari merokok. Merokok itu berbahaya untuk kesehatan kamu. Dan hal itu buang-buang uang saja.)

 

Penggunaan “Was” dan “Were”
Contoh Penggunaan Get & Got
Penggunaan Kata “However”
Penggunaan Do, Does, dan Did Beserta Contohnya
Penggunaan “Middle Of Nowhere”
Penggunaan Kata “Indeed”
Perbedaan Penggunaan Konjungsi dalam Bahasa Inggris
Penggunaan “There is” vs “There are”
Perbedaan Penggunaan Only dan Just
Penggunaan “Due to” dan “Because of”