sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan “Afternoon”, “Evening”, “Noon”, “Day”, “Morning”, dan “Midday”

Satu hari terdiri dari beberapa bagian, yakni pagi, siang, malam, dan sebagainya. Di dalam bahasa Inggris terdapat kata “afternoon”, “evening”, “noon”, “day”, “morning”, dan “midday” untuk mendeskripsikan beberapa bagian hari. Kali ini kita akan mempelajari kata-kata tersebut melalui penjelasan di bawah ini:

Day

“Day” tergolong ke dalam part of speech atau kelas kata noun (kata benda). Oleh karena itu, kita harus menggunakan kata ini sesuai dengan peraturan kata benda dalam bahasa Inggris.

“Day” digunakan untuk menjelaskan 24 jam periode. Dalam konteks ini, “day” diterjemahkan sebagai “hari”. Contoh:

  • I met them three days ago. (Saya bertemu mereka tiga hari yang lalu)
  • The package arrived two days later. (Paketnya tiba dua hari kemudian)
  • We have been here for twelve days. (Kami sudah di sini selama 12 hari)

“Day” juga bisa untuk mendeskripsikan bagian hari yang terang atau waktu di antara matahari terbit dan matahari terbenam. Dalam konteks ini, “day” diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “siang” atau “siang hari”. Contoh:

  • Most people sleep at night and work during the day. (Sebagian besar orang tidur di malam hari dan bekerja di siang hari)
  • He is a teacher by day and a bartender by night. (Dia adalah seorang guru di siang hari dan seorang bartender di malam hari)
  • Nocturnal animals sleep by day. (Hewan nokturnal tidur di siang hari)

Selain itu, “day” juga bisa untuk mendeskripsikan satu era, periode, atau masa di masa lampau. Dalam konteks ini, kita bisa menerjemahkannya sebagai “era”, “masa”, atau “periode”. Contoh:

  • Back in the day, people used pager to communicate to each other. (Pada masa itu, orang-orang menggunakan pager untuk berkomunikasi)
  • Corruption Eradication Commission was established in Megawati’s day. (KPK dibentuk pada era Megawati)
  • This diary recorded the days of my childhood. (Diari ini merekam masa kecil saya)

Morning

Berdasarkan part of speech atau kelas kata, “morning” tergolong ke dalam noun (kata benda) sehingga kita harus mengikuti aturan penggunaan kata benda dalam bahasa Inggris ketika menggunakannya.

“Morning” tertulis dalam Oxford English Dictionary sebagai “the period of time between midnight and noon, especially from sunrise to noon.” (Periode waktu di antara tengah malam dan tengah hari, terutama dari matahari terbit sampai siang).

“Morning” dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai “pagi” atau “pagi hari”. Banyak orang menganggap “morning” itu dimulai pukul 6 pagi sampai 11:59 siang. Ada juga yang menganggap “morning” dimulai pukul 5 pagi sampai 11:59 siang. Selain itu, ada juga orang yang membagi “morning” menjadi beberapa bagian, yakni early morning (pagi awal) pukul 06:00 – 08:00, mid morning (pagi pertengahan) pukul 08:00 – 10:00, dan late morning (pagi akhir) pukul 10:00 – 11:59.

Berikut adalah contoh penggunaan kata “morning” dalam kalimat:

  • It was a rainy morning. (Pagi itu hujan)
  • I exercised on Saturday morning. (Aku olahraga hari Sabtu pagi)
  • They arrived this morning. (Mereka tiba pagi ini)

Noon

“Noon” juga termasuk ke dalam kata benda (noun). Di dalam Oxford English Dictionary, “noon” didefinisikan sebagai “twelve o’clock in the day” (pukul 12 siang). Sesuai definisi tersebut, “noon” adalah bagian hari yang terjadi pada pukul 12 siang. Kita bisa menerjemahkan “noon” ke dalam bahasa Indonesia menjadi “siang” atau “tengah hari”.

Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “noon” di dalamnya:

  • We finished our lunch already. It was not even noon yet. (Kami sudah menghabiskan bekal makan siang kami. Pada saat itu bahkan belum siang)
  • I promise to pick her up at noon tomorrow. (Aku berjanji menjemputnya besok tengah hari)
  • They’ll be here until noon. (Mereka akan ada di sini sampai siang)

Midday

“Midday” juga tergolong ke dalam noun (kata benda). “Midday” merupakan gabungan dari kata “mid” (tengah) dan “day” (hari). Oleh karena itu, “midday” berarti “tengah hari”.

“Midday” dan “noon” sama saja, yakni kata untuk mendeskripsikan bagian hari yang terjadi pada pukul 12 siang. Berikut adalah contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • The meal was eaten at midday. (Makanannya dimakan di tengah hari)
  • Toni left around midday. (Toni pergi sekitar pukul 12 siang)
  • It was midday when the accident happened. (Kecelakaannya terjadi di tengah hari)

Afternoon

“Afternoon” juga tergolong sebagai noun (kata benda). “Afternoon” dibentuk dari kata “after” (sesudah) dan “noon” (tengah hari). Untuk itu, “afternoon” adalah kata untuk mendeskripsikan bagian hari yang terjadi setelah tengah hari. Banyak orang sepakat bahwa “afternoon” dimulai dari pukul 12:01 sampai pukul 17:59.

“Afternoon” bisa diterjemahkan menjadi “siang” atau “sore”. Contoh:

  • I’ll call her this afternoon. (Aku akan menghubunginya sore ini)
  • I saw Sara yesterday afternoon. (Aku melihat Sara kemarin sore)
  • He had a meeting that afternoon. (Dia ada rapat pada siang itu)

Evening

Sama seperti kata-kata di atas, “evening” juga tergolong ke dalam kelas kata noun (kata benda). “Evening” berfungsi untuk menjelaskan bagian hari yang dimulai pukul 18:00 sampai waktu kita tidur. Sedangkan waktu kita tidur sampai terbangun disebut sebagai “night”.

“Evening” pada umumnya diterjemahkan sebagai “malam”. Namun, jika masih pukul 18:00 atau 19:00, “evening” juga bisa diterjemahkan sebagai “petang” atau “sore”. Berikut adalah beberapa contohnya dalam kalimat:

  • In the evening, we were watching TV. (Di malam hari, kami menonton TV)
  • I miss summer evening. (Aku rindu malam hari di musim panas)
  • Jack will go tomorrow evening. (Jack akan pergi malam besok)

 

Perbedaan Penggunaan “That” vs “Which” dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Fun vs Funny
Perbedaan Because vs Because of
Perbedaan See, Look, Watch
Penggunaan “Because”, “Because Of,” dan “Due To “
Perbedaan Kata Life vs Live
Perbedaan Guilt, Guilty, Shame, Blame, Fault, dan Remose
Perbedaan ‘Passed’ vs ‘Past’
Perbedaan Ungkapan “well done”, “good job”, “great job”, “congrats”
Perbedaan “Stationary” vs “Stationery”