sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Big, Large, dan Great

Ketiga kosakata Big, Large, dan juga Great tentu sudah seringkali anda dengar bahkan mungkin sering anda gunakan ketika berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Namun tahukah anda bahwa ketiga kosakata tersebut memiliki perbedaan jika anda menggunakannya dalam konteks sebuah kalimat.

Dalam bahasa Indonesia sendiri kata big, large, dan great memiliki arti yang kurang lebih sama yakni “besar”. Meskipun penulisan dan pelafanan ketiga kata tersebut berbeda namun secara garis besar kata tersebut menyatakan sesuatu yang melebihi rata-rata atau besar. Nah untuk lebih jelasnya bagi readers yang belum tahu apa perbedaan ketiganya, yuk simak ulasannya dalam artikel kali ini. Agar anda tidak salah menggunakan atau mengaplikasikan kata tersebut ketika bercakap-cakap dan tidak menimbulkan kebingungan ya..

1. Big

Kata Big sendiri memiliki arti besar dalam artian kuantitas dan juga tingkatan/degree. Kata big juga umum digunakan untuk menyatakan berat seseorang. Contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat adalah sebagai berikut :

  • She has a big house across the street, the garden is beautifull, her parents must be a wellknown rich person in the city. (Dia memiliki rumah besar di seberang jalan, tamannya sangat indah, orang tuanya pasti orang kaya terkenal di kota ini.)
  • I saw a big stone when I climb the mountain. (Saya melihat batu besar ketika saya mendaki gunung.)
  • Do you see how big the fish is? He catch that fish alone with a bare hand, isn’t that insane? (Apakah kau melihat betapa besar ikannya? Dia menangkapnya sendirian dengan menggunakan tangan, bukankah itu gila?)
  • We have a big event coming up next week, let’s prepare it together. (Kita akan ada even besar datang minggu depan, ayo persiapkan bersama.)
  • This dress is to big for me. I’ll give it to you, if you want to. (Gaun ini terlalu besar untukku. Aku akan memberikannya untukmu, jika kau mau.)
  • Surabaya is one of the big cities in Indonesia after Jakarta. (Surabaya adalah salah satu dari kota besar di Indonesia setelah Jakarta.)
  • Where is your big brother? My sister said he is handsome. (Dimana kakak tertuamu? Adikku bilang dia tampan.)
  • We need a big heart to forgive other people and it won’t make us poor. (Kita membutuhkan hati yang besar untuk memaafkan orang lain dan itu tidak akan membuat kita miskin.)
  • I made a big mistake last month, and it affect my life afterwards. (Aku membuat kesalahan besar bulan lalu, dan itu mempengaruhi hidupku setelahnya.)

2. Large

Kata Large mengacu kepada sesuatu yang besar baik secara ukuran maupun secara kuantitas atau banyaknya. Contoh penerapannya dalam kalimat adalah sebagai berikut ini:

  • I saw large of people’s crowd on my way here. (Aku melihat banyak kumpulan orang dalam perjalananku kemari.)
  • This place is quite large, i would have lost if i were not with you. (Tempat ini cukup besar, aku mungkin akan tersesat jika tidak bersamamu.)
  • You work in a large company, isn’t it? (Kau bekerja di perusahaan besar, bukankah begitu?)
  • Indonesia is a large acrhipelago country, it really is awesome to live here. (Indonesia adalah negara kepulauan yang besar, sangat mengesankan tinggal disini.)
  • Do you see that large people around the company when the break time is up? Amazing how they mobilize from the office to the cafetaria. (Apakah kau melihat banyak orang di sekitar perusahaan ketika jam istirahat tiba? Mengesankan bagaimana mereka bergerak dari kantor ke kantin.)
  • Which is larger this house or that house? (Mana yang lebih besar rumah ini atau rumah itu?)
  • Dira live in a large house but she feels empty, her parents always on their ways of business trip. (Dira tinggal di rumah yang besar tapi dia merasa kosong, orangtuanya selalu pergi dalam perjalanan bisnis.)

3. Great

Sedangkan kata Great memiliki makna yang lebih beragam jika diaplikasikan dalam sebuah kalimat. Kata ini bisa berarti sesuatu yang melebihi rata-rata atau lebih dari normal. Seringkali ukurannya dianggap lebih besar dari kata Big. Contoh penerapan kata ini dalam sebuah kalimat adalah sebagai berikut ini:

  • To make a great decission we always discussed it together with multiple considerations. (Untuk membuat keputusan yang besar kita selalu mendiskusikan hal ini bersama dengan berbagai pertimbangan.)
  • She did a great job, i knew that she could do this on time. (Dia melakukan pekerjaan yang hebat, aku tahu bahwa dia dapat menyelesaikannya tepat waktu.)
  • My father has a great intuition especially in investment. He knew how to start and when to stop. (Ayahku punya instuisi yang bagus terlebih dalam hal investasi. Dia tahu bagaimana harus memulai dan kapan harus berhenti.)
  • You have a great smile, it can melted every single boy. (Kau punya senyum yang indah, itu dapat meluluhkan setiap laki-laki.)
  • He screwed my great plan. (Dia mengacaukan rencana hebatku.)
  • It’s a great application, you should develop it no matter what. (Ini aplikasi yang hebat, kau harus mengembangkannya apapun yang terjadi.)
  • My mother has a great love for her childrens. (Ibuku memiliki cinta yang besar untuk anak-anaknya.)

Nah demikian kurang lebih perbedaan penggunaan kata big, large, great dalam kalimat atau percakapan sehari-hari. Tetap selalu latih kosakata readers dalam bahasa Inggris ya, karena masih banyak ilmu yang harus kita pelajari. Banyak membaca dan berlatih adalah kunci agar kita bisa lancar menggunakan bahasa Asing.

 

Perbedaan: A lot of vs Lots of
Perbedaan: Beside vs Besides
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Wealth, Wealthy, Well-Off, Rich, Dan Affluent
Anggota Keluarga (Perbedaan uncle, aunt, cousin, son, daughter, niece, nephew, dll)
Perbedaan “Few” dan “A Few” dalam Tata Bahasa Inggris
Perbedaan: House dan Home
Perbedaan Assure, Ensure, dan Insure
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Perbedaan Abbreviations vs Acronyms