sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan: Dateline vs Deadline

Dalam pengucapan bahasa Inggris, kerap terjadi beberapa kesalahan yang umum terjadi (common errors). Salah satunya ialah penggunaan Dateline dan Deadline dalam sebuah kalimat. Pasalnya, kedua kata tersebut memiliki pronounciation atau pengucapan yang sekilas hampir mirip.

Karena itulah, tak jarang banyak orang yang baru belajar bahasa Inggris  kerap keliru. Bahkan tertukar saat menerapkan kata tersebut dalam sebuah kalimat. Misalnya saja seperti, “Honey, when’s the dateline for filing in taxes?” (Sayang, kapan batas waktu pengajuan pajak?). Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, kalimat tersebut tentu tidak ada masalah. Namun, akan terlihat ada kesalahan grammar jika dibaca dalam bahasa Inggris. Seharusnya, kata dateline diganti dengan deadline (tenggat waktu), sehingga kalimatnya tidak keliru.

Sebetulnya, apa sih yang membuat deadline dan dateline berbeda? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Deadline dan Dateline

Dari segi harafiah saja, kedua kosakata tersebut sudah berbeda. Meski dari segi pronounciation (pengucapan) agak mirip, namun keduanya memiliki makna yang cukup berbeda.

Makna Deadline

Jika diterjemahkan secara langsung dalam bahasa Indonesia, deadline memiliki makna garis mati. Namun kata tersebut memiliki beberapa sifat yang bisa mempengaruhi maknanya. Misalnya sebagai kata benda (John) atau kata kerja (verb).

Deadline sebagai noun (kata benda)

  1. Deadline memiliki makna sebagai tanggal atau jatuh tempo sesuatu hal atau pekerjaan yang harus diselesaikan. Bisa jatuh tempo pembayaran atau tenggat waktu dari tugas seperti pekerjaan rumah atau tugas dari kantor.
    • Darling, the deadline for filing in taxes was two days ago. I can’t believe you forgot. I’ve been reminding you all month!” (Sayang, batas waktu pengajuan pajak dua hari lalu. Saya tidak percaya kamu lupa. Saya sudah mengingatkan kamu sepanjang bulan!)
  1. Sebuah pedoman untuk dicetak di mesin pencetak
  1. Garis batas yang mengelilingi sebuah penjara dan siapapun (tahanan) yang melintasi batas tersebut akan ditembak ditempat.

Deadline sebagai kata kerja (verb)

Sebagai kata kerja (verb), deadline memiliki makna sebagai sebuah batas waktu untuk menyelesaikan sebuah tugas atau misi tertentu.

Perhatikan contoh kalimat berikut ini,

Contohnya,

  • “I must make this deadline or my boss will kill me!” (Saya harus memenuhi tenggat waktu ini atau bos akan membunuh saya!)
  • I have to submit my homework on learning apps before the deadline.” (Saya harus memasukkan pekerjaan rumah di aplikasi belajar sebelum tenggat waktu.)
  • If I miss this deadline, I will be fired.” (Jika saya melewatkan tenggat waktu ini, saya akan dipecat.)
  • “He worked on his composition right up until the deadline.” (Ia mengerjakan komposisinya sampai tenggat waktu.”
  • “They had to hurry to meet the deadline.” (Mereka harus buru-buru untuk memenuhi tenggat waktu.)
  • “My homework was completed a week before its deadline.” (Pekerjaan rumah saya selesai seminggu sebelum tenggat waktunya.)
  • The deadline for submitting college applications is May 19th. (Batas waktu pengiriman aplikasi perguruan tinggi adalah 19 Mei.)
  • “We’re working here under a deadline.” ( Kami bekerja disini di bawah tenggat waktu.)

Makna Dateline

Berbeda dengan deadline yang berarti jatuh tempo atau tenggat waktu. Dateline cenderung kerap digunakan dalam istilah jurnalistik. Dimana penulisannya hampir pasti selalu diletakkan di baris awal sebuah berita. Baik media cetak maupun online. Selain itu penulisan kata dateline itu dipisah date line jadi bukan digabung.

Dateline sebagai kata benda (noun)

Dateline merupakan frasa yang digunakan untuk menyatakan tanggal dan tempat asal sebuah berita atau peristiwa yang diberitakan. Baik berita surat kabar maupun majalah, dan biasanya penulisannya berada di awal artikel berita.

Hal ini kerap dilakukan juga  dalam bentuk laporan langsung (live) di televisi. Seperti informasi tempat dan tanggal kejadian peristiwa yang tengah dilaporkan.

Misalnya sebuah judul berita memberitakan sesuatu tengah terjadi di Bandung. Maka dateline akan di tuliskan seperti, “Bandung, Jawa Barat, December 3, 2020.”

Maknanya, peristiwa tersebut terjadi di Bandung – Jawa Barat, pada 3 Desember 2020.

Selain itu, sebagai kata benda (noun) dateline juga bisa diartikan sebagai garis imajiner yang mengelilingi bumi, sesuai garis meredien 180°. Ini merupakan istilah international untuk menyebutkan garis waktu atau batas penanggalan secara internasional.

Dateline sebagai kata kerja (verb)

Sebagai kata kerja (verb) dateline adalah tanda yang digunakan untuk memberikan informasi dokumen yang dilampirkan. Atau menyisipkan informasi kutipan (quote) dalam sebuah artikel atau tulisan ilmiah.

Misalnya,

  • (Ronan’s, 2019, p. 10), ini berarti bahwa kutipan diambil dari buku yang ditulis oleh Ronan yang diterbitkan pada tahun 2019 di halaman 10.

Format penulisan di atas yang dimaksud sebagai dateline. Jadi maknanya sangat jauh berbeda dari deadline (tenggat waktu).

Perbedaan antara Deadline dan Dateline

Umumnya dateline merupakan sebutan dari bentuk penulisan frasa tertentu dan bukan kata sendiri. Jadi, dateline tidak digunakan dalam kalimat untuk menerangkan sesuatu seperti tenggat waktu. Dan kata yang tepat untuk menggambarkan hal tersebut ialah deadline.

Dilihat dari penjelasan di atas, kedua kata dateline dan deadline jelas memiliki banyak perbedaan. Bukan hanya dari pronounciation atau pengucapannya, tetapi juga dari makna dan penggunaannya dalam kalimat.

Jika deadline digunakan untuk menyebutkan batas atau tenggat waktu tertentu dari tugas maupun pembayaran, maka dateline lebih merupakan format penulisan tanggal berita. Jadi dari sini sudah terlihat perbedaannya secara mendasar.

 

Perbedaan Good Evening vs Good Night
Perbedaan Direct & Indirect Speech
Perbedaan Sister, Brother, Sister in Law, Brother In Law, Big Brother, Little Sister
Perbedaan Assume vs Presume
Perbedaan So vs Such
Perbedaan Penggunaan Moreover dan Furthermore
Perbedaan Phrase, Clause, Sentence
Perbedaan “Sign”, “Signing”, “Signed”,  “Signature”
Perbedaan ‘Goose’ dan ‘Geese’
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs