sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Makna Believe dan Trust dalam Bahasa Inggris

Kata Believe dan Trust mungkin tidak asing lagi bagi kamu yang sering membaca teks-teks Bahasa Inggris. Kedua kata ini memiliki arti yang sama dalam Bahasa Indonesia, yaitu berarti “percaya”. Namun tentunya Believe dan Trust memiliki makna yang berbeda, sehingga penggunaannya juga berbeda.

Pembahasan kali ini akan mengulas makna kata Believe dan Trust serta beberapa contoh penggunaannya yang tepat dalam Bahasa Inggris. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya!

Makna Kata Believe

Kata Believe dalam Bahasa Indonesia dapat berarti percaya, mempercayai, merasa, dan menganggap. Believe merupakan accept something as true, atau menerima sesuatu sebagai kebenaran. Selain itu, Believe juga dapat bermakna hold something as an opinion yang berarti memiliki sesuatu sebagai opini atau pendapat.

Jadi kata Believe bisa dimaknai sebagai penerimaan sesuatu sebagai kebenaran, atau penerimaan sesuatu yang berusaha dipercayainya. Believe dapat berarti juga menganggap sesuatu sebagai benar yang berarti itu adalah pendapat pribadinya. Kamu juga bisa menggunakan kata Believe saat merasa mengetahui atau mempercayai sesuatu tapi tidak begitu yakin.

Contoh Penggunaan Kata Believe

Supaya lebih memahami makna Believe, kamu perlu mengetahui bagaimana penggunaan kata tersebut. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata Believe yang tepat dalam Bahasa Inggris:

  • Mia: Dinda, I heard that you got back together with your ex-boyfriend. Is that true? (Dinda, aku dengar kamu balikan sama mantan kamu. Apa itu benar?)

Dinda: Yeah, for now. Joni said that he won’t cheat on me again and I try to believe it. However, I won’t give the third chance for him. (Yah, untuk sekarang. Joni bilang dia nggak akan selingkuh lagi dan aku mencoba mempercayainya. Akan tetapi, aku nggak akan memberi kesempatan ketiga buat dia.)

  • Rani: Why the class got cancelled, Bima? I got the notice late, so I didn’t know anything about it. (Kenapa kelasnya dibatalkan, Bima? Aku dapat pemberitahuannya telat, jadi aku nggak tahu apa-apa soal itu.)

Bima: Well, the lecturer has an urgent thing to do, I believe? I also didn’t really know about it. (Yah, dosennya ada urusan penting, aku rasa? Aku juga nggak begitu tahu soal itu.)

  • Tantri: Ahmad, why you didn’t pick my call last night? I called you several times and still couldn’t get through you. (Ahmad, kenapa kamu nggak angkat teleponku tadi malam? Aku nelpon kamu berkali-kali dan tetap tidak bisa terhubung denganmu.)

Ahmad: Oh, didn’t I told you before that my phone signal was bad? I believe that I told you about it, Tantri. (Oh, bukannya aku sudah bilang sebelumnya kalau sinyal teleponku jelek? Aku rasa aku sudah bilang soal itu, Tantri.)

Makna Kata Trust

Kata Trust dalam Bahasa Indonesia dapat berarti sebagai percaya, berharap, menaruh kepercayaan, yakin, harapan, dan tanggung jawab. Kata Truth bermakna sebagai believe in the reliability, truth, ability, or strength of yaitu percaya pada sesuatu yang diandalkan, kebenaran, kemampuan, atau kekuatan. Truth juga bermakna firm believe yakni kepercayaan atau keyakinan yang kuat terhadap seseorang atau sesuatu.

Jika dibandingkan dengan Believe, Trust merupakan pemberian kepercayaan yang sangat kuat bahkan bisa dbilang percaya 100%. Trust merupakan perasaan percaya itu sendiri dan keyakinan yang diberikan kepada orang lain. Trust bukan sekadar anggapan atau perasaan seperti Believe, namun kepercayaan dan keyakinan yang kuat.

Contoh Penggunaan Kata Trust

Sama seperti kata Believe, makna kata Trust akan lebih dapat dipahami dengan mengetahui penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata Trust yang tepat:

  • Nia: Ani, did you already find the tutor for your son? How is he? (Ani, kamu sudah dapat pengajar untuk anakmu? Gimana orangnya?)

Ani: Yes, I already found the tutor and I think he is good. He has a master degree from reputable university in London and his reputation is great. I trust that he can help my son to pass the college entrance test with the highest grade. (Ya, aku sudah dapat pengajarnya dan aku pikir dia bagus. Dia punya gelar master dari universitas ternama di London dan reputasinya baik. Aku yakin bahwa dia bisa membantu anakku lolos ujian masuk universitas dengan nilai tertinggi.)

  • Bayu: Thank you for lending me the money, Kay. I will return it next month, I promise. You know that I always keep my promises, right? (Terima kasih sudah meminjamkanku uang, Kay. Aku akan mengembalikannya bulan depan, aku janji. Kamu tahu kalau aku selalu menepati janjiku, kan?)

Kay: Of course, I trust you. I already know you for 10 years, Bayu. (Tentu saja, aku percaya padamu. Aku sudah mengenalmu selama 10 tahun, Bayu.)

  • Ina: Poor you, Sia. Hard things seems never leave you alone; from your mother fallen ill, you got fired from the job, and now you’re about to be kick from your rented house. (Kasihan sekali kamu, Sia. Hal-hal berat sepertinya selalu mendatangimu; mulai dari ibumu yang sakit, kamu dipecat dari pekerjaan, dan sekarang kamu akan diusir dari kontrakanmu.)

Sia: Yeah, this is hard for me. But I trust that God already planned the best for me, whatever it is happening in my life. (Yah, ini memang berat untukku. Tapi aku percaya kalau Tuhan sudah merencanakan yang terbaik untukku, apapun yang terjadi di dalam hidupku.)

Demikianlah pembahasan mengenai makna dari kata Believe dan Trust, serta penggunaannya dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Mengenal Makna Kata Therefore dan Penggunaannya
Perbedaan Very, Too, & Enough
Perbedaan Hear vs Listen
Perbedaan Though, Although, Even Though, Despite, In Spite Of
Perbedaan: Fluent vs Fluently vs Fluency vs Proficiency vs Accuracy
Perbedaan Penggunaan “That” vs “Which” dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Breath dan Breathe
Perbedaan Have Been, Has Been, dan Had Been
Perbedaan: Look, Look like, Look up, Look after, Look for, dan Look into
Perbedaan Penggunaan Sick, Ill, Hurt, Pain, dan Ache