sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Assure, Ensure, dan Insure

Nah, readers, pasti pernah kan mengalami kebingungan dalam menggunakan beberapa kata? Yang secara vokal pengucapan atau bahkan arti memiliki kemiripan. Hal tersebut juga seringkali kita temui loh dalam bahasa Indonesia, contohnya kata fotokopi dan juga kopi. Akhiran katanya memang sama sih, tapi jelas makna dan penggunaannya dalam kalimat akan jauh sekali berbeda.

Hal ini juga sangat mungkin anda temui dalam bahasa Inggris. Ada banyak kosakata yang memiliki arti atau pengucapan yang terdengar mirip namun digunakan pada beberapa kalimat yang berbeda baik secara maksud maupun tujuan. Beberapa kata tersebut biasanya memiliki arti yang kurang lebih sama. Namun dalam pengaplikasiannya harus dibedakan karena berbeda maksud dan tujuan jika sudah digunakan dalam sebuah kalimat.

Assure, Ensure, Insure

Secara arti Assure, Ensure dan Insure memiliki arti atau makna yang kurang lebih sama yakni “meyakinkan atau membuat orang lain percaya”. Agar anda tidak bingung yuk kita simak dan ulas satu persatu penjelasan tentang tiga kosakata baru ini.

1. Assure

Secara makna dan arti dari kata ini adalah membuat orang yakin dan percaya dan tidak merasa ragu atau khawatir bahwa sesuatu tersebut adalah benar. Orang biasanya akan merasa ragu, gelisah, cemas, dan khawatir jika mereka tidak yakin akan sesuatu hal, oleh karena itu mereka perlu diyakinkan (assured). Contoh penggunaan dalam sebuah kalimat adalah sebagai berikut:

  • I assure him that she will come to the party. (Saya meyakinkannya bahwa dia (perempuan) akan datang ke pesta)
  • She assures me that this movie is awesome. (Dia meyakinkan saya bahwa film ini sangat bagus).
  • My Mom assures me to join the art competition since she thought that i am talented enough even if i doubt it. (Ibu saya meyakinkan saya untuk bergabung dengan kompetisi seni karena dia pikir saya cukup bertalenta meskipun saya meragukannya.)
  • My parents assure me to continue study without worrying about the fund. But i might get one or two freelance job to help my education fund. (Orang tua saya meyakinkan saya untuk melanjutkan studi tanpa harus khawatir terhadap biayanya. Tapi aku mungkin akan mengambil satu atau dua pekerjaan lepas untuk membantu biaya pendidikan saya.)
  • Tria assures me to stay here. (Tria meyakinkan saya untuk tinggal disini.)

Yang perlu dijadikan catatan adalah, terkadang kata assure dan ensure dapat saling menggantikan. Namun kata assure lebih digunakan untuk meyakinkan seseorang atau manusia dan bukan benda, karena benda tidak dapat diyakinkan.

2. Ensure

Lain lagi dengan kata ensure yang digunakan untuk memastikan bahwa suatu hal atau kejadian dan kondisi akan terjadi, atau membuat bahwa kejadian atau kondisi tersebut terjadi. Contoh penggunaannya dalam kalimat dapat anda lihat pada contoh di bawah ini:

  • Please ensure that the event will run smoothly without any disruption. (Tolong pastikan bahwa kegiatan ini akan berjalan dengan lancar tanpa gangguan.)
  • Just ensure that you will come on time, since the meeting is quite important for our company. (Cukup pastikan bahwa kau akan datang tepat waktu, karena rapat ini cukup penting untuk keluarga kita.)
  • When i was young, my Mom always ensure me that i will win this competition. I don’t know how she got that confident. (Ketika aku masih muda, Ibu Saya selalu memastikan bahwa saya akan memenangkan kompetisi ini. Aku tidak tahu bagaimana dia mendapatkan keyakinan itu.)
  • Ensure that you done your homework before 9 and go to sleep okay? (Pastikan bahwa kau mengerjakan tugas rumah sebelum jam 9 dan segera tidur oke?)
  • We make a seriously checking on the company legal document to ensure that it is legitimate. (Kita telah melakukan pengecekan serius terhadap dokumen legal perusahaan untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut sah.)
  • All the officials will ensure that the simultaneously general election is carried out fairly. (Semua pejabat akan memastikan bahwa pemilu serentak dilakukan dengan adil.)
  • Alan, ensure that all the electricity and all the light are switch off before the long weekend please. (Alan, pastikan semua listrik dan semua lampu telah mati sebelum libur panjang.)

Berdasarkan contoh di atas jelas bahwa kata ensure berarti memastikan kebenaran sebuah kejadian atau kondisi. Jangan sampai terbalik dengan assure ya readers!

3. Insure

Lalu bagaimana dengan kata insure? Insure memiliki arti menjamin atau menggaransi dan erat kaitannya dengan kegiatan asuransi. Insure merupakan suatu tindakan dimana kita berusaha melindungi nilai uang dari suatu hal. Manusia (jiwa), benda, rumah, tempat dapat diasuransikan. Contoh penggunaannya dalam kalimat dapat kita simak di bawah ini:

  • I will insure my new car to protect it from any damage. But it must be expenssive isn’t it? (Aku akan mengasuransikan mobil baruku dari berbagai kerusakan. Tapi itu pasti sangat mahal bukan?)
  • This factory has been insured with all properti risk insurance and force major insurance. (Pabrik ini telah diasuransikan dengan asuransi semua risiko properti dan asuransi kejadian bencana.)
  • Don’t forget to insure your house againts fire, it will help you someday. (Jangan lupa untuk mengasuransikan rumahmu terhadap api, itu akan menolongmu suatu saat nanti.)
  • We can insure our health through BPJS or other health insurance to transfer our health risk toward third party. (Kita dapat mengasuransikan kesehatan melalui BPJS atau asuransi kesehatan lain untuk memindahkan risiko kesehatan kita ke pihak ketiga.)
  • The company forget to insure the new car. (Perusahaan lupa untuk mengasuransikan mobil baru.)
  • My parents insure all of our property. (Orangtua saya mengasuransikan semua properti kami.)

 

Perbedaan Lie vs Lay, Lying vs Laying, dan Lied vs Laid
Perbedaan Breath dan Breathe
Perbedaan I Too, I Also, Me Too, dan Me Also
Perbedaan “Even, Even Though, Even If, Even When, Even So”
Anggota Keluarga (Perbedaan uncle, aunt, cousin, son, daughter, niece, nephew, dll)
Perbedaan Penggunaan Early, Fast, Soon, Quickly, Rapidly dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Proverb, Idiom, dan Expression
Perbedaan Penggunaan Do vs Be dalam Kalimat Tanya
Perbedaan: So vs Too
Perbedaan Penggunaan “That” vs “Which” dalam Bahasa Inggris