sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Vocabulary: Head Parts (Bagian-Bagian Kepala)

Berbagai Pelajaran VocabularyHead Part(s)” Dengan Contoh Penerapannya dalam Kalimat

Head part(s)” dalam artian bahasa Indonesianya adalah “Bagian(-bagian) kepala”. Seperti yang disinggung pada paragraf terakhir artikel sebelumnya, “head part(s)” berkaitan erat dengan pelajaran nomor ketiga, yakni “body” atau “bodies”.

Ada 3 bagian dari “head part(s)” yang hendak kita pelajari dalam artikel ini. Berikut ini adalah uraian dari tiap 3 poinnya:

1. Daftar VocabularyHead Part(s)” Bagian Atas

Ada 3 vocabularyhead part(s)” di bagian atas yang dapat kita pelajari. Ketiga vocabulary tersebut adalah “hair(s)” atau “rambut”, “forehead” atau “jidat”, dan “eyebrow(s)” atau alis.

Untuk “hair(s)”, penggunaan bentuk singular dan plural-nya berbeda dengan vocabulary lainnya. Sementara itu, kedua vocabulary sisanya cenderung memiliki contoh penerapan kalimat yang kurang lebih sama. Secara lengkap, inilah contoh-contoh kalimat untuk tiap vocabulary head part(s)” bagian atas:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyHair(s)”:

  • She has got a long, black hair (Dia memiliki rambut hitam yang panjang. Dari sini, “hair” bentuk singular hanya dipakai bila di depannya ada kata sifat atau kata penjelas lainnya seperti “long” atau “black”).
  • Those hair strands are disturbing (Rontokan-rontokan rambut itu mengganggu. “Hair strand(s)” merupakan bagian dari keseluruhan “hair”).
  • How can I grow hairs? (Bagaimana cara aku menumbuhkan rambut?)

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyForehead”:

  • They both have a narrow forehead (Mereka berdua memiliki jidat yang sempit. “Narrow” atau “sempit” adalah lawan kata dari “wide” atau “lebar”, dan dua adjectives ini paling banyak digunakan untuk “forehead”).
  • !! Perlu diingat !! “Forehead” hanya satu, jadi tidak mungkin ada bentuk plural-nya.

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyEyebrow(s)”:

  • They have a pair of thin eyebrows (Mereka memiliki sepasang alis yang tipis. “Thin” atau “tipis” merupakan lawan kata dari “thick” atau “tebal”, yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan alis atau bibir).
  • She lifts up her right eyebrow (Dia mengangkat alis sebelah kanannya. Kalau yang dimaksud hanya alis sebelah kiri (“left”) atau kanan (“right”), maka kita gunakan vocabularyeyebrow”).

Kini, kita telah mengetahui 3 vocabulary yang berbeda untuk “head part(s)” bagian atas. Selanjutnya, yang akan kita pelajari adalah bagian tengah dan samping dari “head part(s)”. Seperti apakah pembahasannya? Ini dia poin-poinnya…

2. Ragam Vocabulary untuk “Head Part(s)” Bagian Tengah dan Samping

Bagian tengah dan samping ini digabungkan mengingat lokasi daerahnya yang sama. Di bagian tengah dan samping vocabulary, kita dapat belajar mengenai “ear(s)” yang berarti “telinga”, “eye(s)” yang berarti “mata”, dan “nose” yang berarti “hidung”.

Ketiga vocabulary ini memiliki variasi yang luas tergantung konteks kalimatnya. Beberapa contoh kalimat berikut ini menggambarkan penggunaan masing-masing variasi vocabulary yang berbeda-beda:

Contoh Kalimat untuk Variasi Vocabulary Ear(s)”:

  • Humans have two ears (Manusia memiliki 2 telinga).
  • My left ear hurts (Telinga sebelah kiri saya sakit. Sama seperti “eyebrow(s)”, bila yang kita maksud hanya sebelah kiri atau kanannya, maka yang kita gunakan adalah bentuk singular-nya, yakni “ear”).
  • They have huge earlobes (Mereka memiliki lubang telinga yang besar. “Earlobes” merupakan bagian dari “ear(s)”).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyEye(s)”:

  • Look at my eyes (Lihatlah pada (kedua belah) mata saya).
  • The doctor gives me a new right eye (Dokternya memberikan saya mata kanan yang baru. Ingat, kalau hanya sebelah sisi, maka kita menggunakan bentuk singular-nya, termasuk “eye”).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyNose”:

  • A pointy nose is attractive (Hidung yang berkait itu menarik).
  • They have big nostrils (Mereka memiliki lubang hidung yang besar. “Nostril(s)” atau “lubang hidung” merupakan bagian dari “nose”).

Atas sudah, samping sudah, tengah juga sudah… Hayo, para learners, apa lagi bagian “head part(s)” yang tersisa? Bagian bawah, itu dia. Bagaimana dengan serba-serbi vocabulary dan contoh kalimatnya? Yuk, kita lihat pada poin ketiga berikut ini.

3. Berbagai Macam Vocabulary untuk “Head Part(s)” Bagian Bawah

Di bagian bawah “head part(s)”, manusia memiliki 3 bagian yang berbeda-beda, di mana ketiga vocabulary-nya akan kita pelajari bersama pada pelajaran ke-15 ini. Ketiga vocabulary tersebut adalah “lips” untuk “bibir”, “cheek(s)” untuk “pipi”, dan “jaw(s)” untuk “dagu”.

Secara keseluruhan, berikut ini adalah contoh-contoh penerapan kalimat untuk ketiga vocabulary yang ada beserta dengan penjelasannya sebagaimana diperlukan:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyLips”:

  • She has a pair of beautiful lips (Dia memiliki bibir yang indah. Sekadar informasi, meski bibir 1 orang jumlahnya hanya 1, “lips” menggunakan bentuk plural karena ada bagian atas berjumlah 1 dan bagian bawahnya berjumlah 1, sehingga dianggap memiliki 2 sisi).
  • Her upper lip is thinner than her bottom lip (Bagian atas bibirnya lebih tipis dibandingkan bagian bawah bibirnya. “Thinner” atau “lebih tipis” merupakan salah satu kosa kata atau vocabulary perbandingan yang akan kita pelajari lebih banyak pada kesempatan tutorial bahasa Inggris selanjutnya).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyCheek(s)”:

  • He has a pair of red cheeks (Dia memiliki sepasang pipi yang merona merah. “Red cheeks” bukan pipi yang berwarna merah, namun lebih kepada rona pipi yang memerah atau kemerah-merahan).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyJaw(s)”:

  • Their jaws are broken (Dagu mereka patah. “Broken” bisa berarti rusak, bisa juga artinya patah, tergantung kalimatnya).
  • Humans only have one jaw (Manusia hanya memiliki satu dagu).
  • !! Perlu diingat !! “Jaw(s)” berbeda dengan “chin(s)”, di mana “chin(s)” terletak di antara pipi dan leher manusia.

Cukup seru, bukan, pelajaran vocabulary dan aplikasi contoh kalimat untuk “head part(s)” ini? Selanjutnya, kita akan menjajal topik vocabulary yang tidak kalah serunya, yaknitype of food(s)”.

Berbicara tentang type of food(s), sebenarnya ini juga merupakan topik yang berkesinambungan dengan pelajaran kedua, yakni “eating”. Bedanya, vocabulary, arti, dan contoh-contoh kalimat lebih berat pada type of food(s)-nya. Apa saja rinciannya? Tidak ada salahnya kita menyimak artikel tutorial vocabulary selanjutnya!

Head Part – Related Words

No English Indonesian
1 Beard Jenggot
2 Cheek Pipi
3 Chin Dagu
4 Cornea Selaput Mata
5 Ear Telinga
6 Eye Mata
7 Eyebrow Alis
8 Eyelashes Bulu Mata
9 Eyelid Kelopak Mata
10 Face Wajah
11 Forehead Dahi
12 Hair Rambut
13 Head Kepala
14 Iris Selaput Pelangi
15 Jaw Rahang
16 Lip Bibir
17 Mouth Mulut
18 Mustache Kumis
19 Nose Hidung
20 Nosntril Lubang Hidung
21 Pupil Pupil
22 Sideburn Cambang
23 Temple Pelipis
24 Tongue Lidah
25 Tooth/Teeth Gigi

Artikel Terkait

 

English Vocabulary: Foods (Makanan)
English Vocabulary: Seasons (Musim)
English Vocabulary: Eating (Berhubungan dengan Makan)
English Vocabulary: Cooking Equipment (Peralatan Memasak)
English Vocabulary: Animals (Binatang)
English Vocabulary: Classroom (Ruang Kelas)
English Vocabulary: School Major (Jurusan di Sekolah)
English Vocabulary: Fish (Ikan)
English Vocabulary: Alphabets & Numbers (Huruf & Angka)
English Vocabulary: Personality (Kepribadian)


 
Vocabulary: Perasaan (Anger, Fear, Confusion)
Vocabulary: Situasi yang Sulit – Confess, Regret and Condolences
Vocabulary: Kosakata Penyakit Bahasa Inggris
Vocabulary: Senses Adjectives (Panca Indera)
Vocabulary: Alat Musik (Musical Instrument)
English Vocabulary: Greetings (Salam)
English Vocabulary: Personal Care (Perawatan Pribadi)
English Vocabulary: Package / Wrapper (Pembungkus)
English Vocabulary: Baby (Bayi)
English Vocabulary: Part of Tree (Bagian Pohon)