sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Article: Definite Article “The” (Kata Sandang)

Article” sendiri adalah kata sandang, yang fungsinya adalah memperkuat sesuatu yang dipengaruhinya. Ada 2 kelompok article, yakni definite dan indefinite. Dalam artikel tutorial bahasa Inggris ini, kita akan membahas kelompok definite article.

Lebih lengkap mengenai definite article dapat dilihat pada poin artikel ini yang membahas pengertian definite article. Setelah itu, kita akan melihat contoh-contoh penerapannya dalam kalimat dan percakapan. Terakhir, kita akan melihat contoh soal dan pembahasan definite article dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris sejenis.

Penjelasan Mengenai Definite Article

Definite article merupakan kelompok yang unik dalam artikel tutorial bahasa Inggris ini, karena hanya ada satu yang tergolong dalam definite article, yakni “the”. Namun, seperti nama kelompoknya, penggunaan “the” umumnya digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang pasti.

Sesuatu yang pasti dari “the” tersebut bisa berupa benda, orang, atau sekelompok tertentu. Untuk benda, “the” dapat merujuk pada satu kelompok benda sejenis atau benda-benda yang uncountable (tidak dapat dihitung jumlahnya). “The” juga dapat digunakan untuk mendampingi bentuk superlative.

Agar lebih jelas mengenai penggunaan “the” pada definite article, ada baiknya kita melihat contoh penerapannya dalam kalimat pada poin di bawah ini.

Contoh Penerapan Definite Article dalam Kalimat

Meski hanya ada satu “the” dalam definite article, tujuannyalah yang membedakan antar kalimat. Kita dapat melihat hal tersebut dalam arti dan penjelasan pada contoh-contoh kalimat dalam poin ini. Untuk membantu proses pembelajaran kita, “the” sebagai definite article akan di­-bold, sementara yang dijelaskan “the” terlihat dari garisbawahnya.

Berikut ini contoh penerapan definite article dalam kalimat:

1. We are getting back to the hotel (Kita kembali ke hotel yang itu).

Penjelasan: Kalimat yang menggunakan “the” pada “hotel” semacam ini biasanya digunakan untuk menunjuk pada hotel secara spesifik. Contoh kalimat dengan “the” ini adalah contoh kalimat orang yang terburu-buru pergi ke hotel.

2. Let’s drink the water, shall we? (Mari minum airnya, ya?)

Penjelasan: Dalam contoh kalimat ini, “the” digunakan untuk menjelaskan benda yang uncountable, yakni “water” (air).

3. In this world, only the best will survive (Dalam dunia ini, hanya yang terkuat yang akan bertahan hidup).

Penjelasan: Inilah “the” yang menjelaskan bentuk superlative, yakni “best” (yang terkuat), bentuk superlative dari “b” (kuat).

Bila kita melihat contoh penerapan pada kalimat di atas, kita mengetahui “the” sebagai definite article digunakan untuk menjelaskan noun atau adjective. Kita akan melihat lebih banyak tentang penggunaan “the” sebagai definite article ini dalam contoh percakapan pada poin selanjutnya dari artikel ini.

Contoh Penerapan Definite Article dalam Percakapan

Sebagaimana dalam kalimat, “the” sebagai satu-satunya definite article juga kerap hadir dalam percakapan, seperti pada contoh percakapan di bawah ini. Contoh percakapan beserta arti dan penjelasannya dalam poin ini akan kita jadikan acuan untuk belajar mengenai definite article.

Selain itu, definite article akan di-bold, dan garisbawah akan digunakan untuk menandai noun atau adjective yang melekat pada definite article supaya memudahkan dalam belajar. Ini dia contoh penerapan definite article dalam percakapan:

Disco: ‘Ey, man, we’re not heading to the zoo, aren’t we?

(Disco: Hei, apa kita gak jadi ke kebun binatang?)

Niki: Later, brotha’. That zoo is way too peaceful. Only the weakest will survive there!

(Niki: Nanti saja, bro. Kebun binatang itu terlalu damai. Hanya yang lemah yang bertahan di sana!)

Kacung: Guys, we’re heading to The John Rylands Library now. Hurry up a bit! (At last, my past almamater…)

(Kacung: Teman-teman, kita sekarang menuju ke Perpustakaan John Rylands. Cepatlah sedikit! (Akhirnya, almamaterku yang terdahulu…))

Niki: The University of Manchester’s library? Gotta love the architecture.

(Niki: Perpustakaan Universitas Manchester? Aku benar-benar suka arsitekturnya.)

Kacung: Well, let’s go and find out for sure, shall we?

(Kacung: Mari pergi dan temukan saja untuk pastinya, ya?)

Dari contoh percakapan di atas, kita melihat adanya deskripsi “the” yang berbeda-beda. “The zoo” (kebun binatang) merujuk pada kebun binatang yang “itu”, namun masih Disco dan Niki ketahui.

Berbeda dengan “the” pada “John Rylands Library” (Perpustakaan John Rylands) dan “University of Manchester” (Universitas Manchester) yang nama tempatnya sudah diketahui dengan pasti. Dari “The University of Manchester’s” pula, kita tahu “the” dan objek universitas dapat saling terikat untuk menandakan kepemilikan (berimbuhan “’s”), yakni perpustakaan yang adalah milik dari Universitas Manchester. Terlepas dari itu semua, “the” di sini merujuk pada sesuatu yang sudah orang ketahui.

Lewat contoh percakapan di atas pula, kita menemukan “the” yang menjelaskan tentang sesuatu yang uncountable, yakni “architecture” (arsitektur). Ada juga “the weakest” yang memfungsikan “the” sebagai definite article yang membantu bentuk superlative, yakni “weakest”.

Jadi, demikianlah yang dapat kita pelajari dari definite article berupa “the”. Terbukti, meski hanya satu kata dalam definite article, ada pelajaran yang kita ambil. Akhirnya, kita akan melihat contoh soal dan pembahasan definite article dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris yang serupa.

Contoh Soal dan Pembahasan Definite Article dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris yang Serupa

Keunikan “the” yang hanya satu dalam kelompok definite article membuat variasi soalnya sedikit berbeda pada tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris yang serupa. Variasi pertama dari contoh soal adalah soal yang meminta kita meletakkan “the” pada tempat yang benar.

Kemudian, ada juga variasi soal kedua yang meminta kita memilih kalimat yang menggunakan “the” dengan salah, yang berbeda dengan kebanyakan variasi soal yang meminta kita memilih penggunaan kalimat dengan kata tertentu yang benar.

Setiap variasi contoh soal definite article berupa “the” tersebut tercermin dalam 2 contoh soal di bawah ini. Bersama dengan arti yang terdapat pada kedua contoh soal yang ada, kita juga akan melihat jawaban yang benar dalam bold serta penjelasan pada masing-masing contoh soal di bawah ini tentang mengapa jawaban yang benar tersebut disajikan dalam bold.

  1. (a) cat is there (b) find out (c) ate (d) fish.

Q: Where should “the” be placed?

A: ____________

a. d only            b. a only             c. a and d            d. none of the answers

(1. Kucing (a) di sana (b) menemukan (c) yang memakan ikan (d) .

Pertanyaan: Di mana imbuhan “nya” harus diletakkan?

Jawaban: _________________

a. d saja            b. a saja            c. a dan d            d. tidak ada jawaban yang benar)

Catatan: Ingat-ingat paparan sebelumnya yang mengatakan definite article the” digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang sudah diketahui, entah itu pasti atau belum benar-benar pasti diketahui. Selain itu, ingat juga penggunaan “the” yang salah satunya melekat pada semua noun tanpa terkecuali. Karena itu, jawaban yang benar adalah c. a and d.

2. Which one of the sentences uses the wrong “the”?

a. The cow is jumping over the moon.
b. A fish is the there inside a pool.
c. “I’d like the blue one, please,”
d. The community needs you.

(2. Kalimat mana di bawah ini yang menggunakan imbuhan “-nya” secara salah?

a. Sapinya terbang melompati bulannya.
b. Seekor ikan ada di sana di dalam kolam renang.
c. “Aku ingin yang birunya, ya,”
d. Komunitasnya membutuhkan kamu.)

Catatan: Bila kita tidak teliti, bisa saja kita mengira semuanya adalah pilihan yang benar. Lagipula, “the” pada “there” tidak terlalu terlihat, mengingat “there” sendiri diawali dengan “the”. Karena “there” tidak jelas diketahui ke mana dan penggunaan “the” repetitif, maka kalimat b adalah jawaban yang benar untuk pertanyaan ini.

Demikian yang dapat kita pelajari dari definite article. Dalam artikel selanjutnya, kita akan membahas mengenai indefinite article, yang merupakan “saudara langsung” dari definite article. Tidak sabar untuk segera belajar? Ikuti terus artikel tutorial bahasa Inggris dari kami!

 

Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Grammar-Pronoun: Personal Pronoun vs Possessive Pronoun
Grammar-Verb: Apa itu Modal Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Active Verb (Kalimat Aktif)?
Grammar: Apa itu Infinitive without To?
Grammar-Verb: Apa itu Linking Verb?
Sentences: Apa itu Parenthetical Expressions?
Verb: Apa itu Main Verb + Auxiliary Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Imperative Verb?
Grammar-Verb: Perbedaan Active vs Passive Voice (Kalimat Aktif & Pasif)


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive