sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Lingkungan

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling umum digunakan dalam segala bidang pendidikan maupun pekerjaan. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari bahasa asing satu ini bahkan sejak dini agar dapat menguasainya di kemudian hari. Salah satu hal yang akan sangat menguntungkan ketika sudah mahir berbahasa Inggris adalah ketika Anda harus membuat pidato dalam bahasa Inggris.

Pidato dalam bahasa Inggris tidak hanya dapat dibuat ketika Anda mengikuti perlombaan, namun pidato juga akan harus dibuat dalam lingkungan pendidikan hingga kerja nanti. Tidak sedikit pemimpin direksi atau pemimpin suatu bagian di kantor yang harus memberikan pidato dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, akan sangat berguna untuk mengetahui seperti apa contoh pidato dalam bahasa Inggris.

Pidato sendiri memiliki berbagai macam tema pada umumnya, mulai dari mengenai politik, hingga mengenai keluarga. Untuk pembelajaran bahasa Inggris kali ini, contoh pidato bahasa Inggris yang akan dilihat merupakan pidato bahasa Inggris mengenai lingkungan. Sebagai salah satu hal yang sedang paling diperhatikan di tengah isu pemanasan global saat ini, tema pidato tentang lingkungan biasanya tidak asing ditemui.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh pidato bahasa Inggris mengenai lingkungan yang dapat Anda jadikan acuan.

Contoh 1:

Good evening, Ladies and Gentlemen. (Selamat malam, Tuan dan Nyonya)

I would like, first of all, thank every one of you for attending this event today to talk about the one thing that we should all be focused on right now. This topic has been put on the waiting list for so long now, but we are now forced to talk about it in the moment of crisis. The one thing that we should all be talking about right now, that is, the environment.

(Pertama-tama, saya ingin berterima kasih kepada hadirin sekalian karena telah menghadiri acara ini hari ini untuk membicarakan tentang satu hal yang seharusnya kita semua fokuskan saat ini. Topik ini telah begitu lama hingga sekarang ditunda, namun sekarang kita terpaksa berbicara mengenainya dalam momen krisis saat ini. Satu hal yang seharusnya kita semua bicarakan saat ini adalah tentang lingkungan.)

All around the world, children from all ages, from elementary school up to high school, has start to speak up and urging us, the grown-ups, to take action regarding the endlessly deteriorating state of the Earth. They do not have the capacity nor the authority to make these actions themselves, but we do. The people in the government, in the companies, those are the ones who could make these changes that are needed to make the world a better place for our future generation.

(Di seluruh dunia, anak-anak dari segala umur, dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Keatas, telah mulai berbicara dan mendorong kita, para orang dewasa, untuk mengambil tindakan mengenai kondisi Bumi yang terus menerus memburuk. Mereka tidak memiliki kapasitas ataupun otoritas untuk mengambil tindakan ini sendiri, namun kita punya. Orang-orang di pemerintahan, di perusahaan, mereka lah yang bisa membuat perubahan yang dibutuhkan untuk membuat dunia menjadi lebih baik bagi generasi selanjutnya.)

That is why, ladies and gentlemen, I believe that this event should be start of something great. Because we have gathered here right now and we could make something real about it.

(Itulah mengapa, Tuan dan Nyonya, saya yakin bahwa acara ini akan menjadi awal dari sesuatu yang hebat. Karena kita telah berkumpul di sini sekarang dan kita bisa membuat hal nyata mengenainya.)

Thank you, and please enjoy the evening. (Terima kasih dan silakan nikmati malam ini.)

Contoh 2:

Ladies and Gentlemen, (Tuan dan Nyonya,)

I am honored today to talk to you all regarding an important issue that we are facing right now. That issue has a lot to do with our environment. (Saya terhormat hari ini untuk bicara kepada Anda semua mengenai isu yang penting yang tengah kita hadapi saat ini. Isu tersebut memiliki banyak hubungan dengan lingkungan.)

As you all know, we are now facing the greatest environmental crisis that the Earth has ever seen since the era of Ice Age. We are on the verge of mass extinction if were to take no further action. At this point, it could even be said that we would not be able to save ourselves anymore, but we could still postpone our doom.

(Seperti yang Anda ketahui, kita tengah menghadapi krisis lingkungan terbesar yang pernah dihadapi Bumi sejak zaman es. Kita berada di ujung kemusnahan masal jika kita tidak mengambil tindakan selanjutnya. Pada titik ini, bahkan bisa dikatakan bahwa kita tidak akan bisa menyelamatkan diri sendiri lagi, namun kita masih bisa menunda kemusnahan kita.)

But I am telling you right now, Ladies and Gentlemen, that we could start the change now within ourself. We could start by reducing our own small share to the pollution and start giving back to the Earth by planting trees on our backyard. We could start small, for a big resolution.

(Namun saya beritahu sekarang, Tuan dan Nyonya, bahwa kita bisa memulai perubahan sekarang dari dalam diri kita sendiri. Kita bisa mulai mengurangi kontribusi kecil kepada polusu dan mulai memberi kembali kepada Bumi dengan menanam pohon di halaman belakang rumah. Kita bisa memulai dari hal kecil, untuk resolusi yang besar.)

Thank you for your attention. (Terima kasih atas perhatian Anda.)

Itulah dia dua buah contoh pidato dalam bahasa Inggris mengenai lingkungan yang dapat Anda jadikan acuan jika harus membuat pidato mengenai hal yang sama nantinya. Dapat Anda lihat bahwa terdapat beberapa kosakata yang biasanya digunakan dalam sebuah pidato bahasa Inggris yang dapat Anda gunakan di kemudian hari. Semoga pembelajaran kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

 

Pidato Bahasa Inggris: Pesan Hari Natal (Message on Christmas)
Keterangan Waktu dalam Bahasa Inggris (Adverb of Time): Penggunaan dan Contohnya
Contoh Pidato Perayaan Imlek dalam Bahasa Inggris
Contoh ‘English Euphemisms’
Pidato Bahasa Inggris: Hari Valentine (Valentine’s Day)
Contoh Pertanyaan Umum Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris
Pidato Bahasa Inggris: Ulang Tahun Sekolah (School Anniversary)
Kosakata Bagian-bagian Rumah dalam Bahasa Inggris: Nama dan Contoh Penggunaannya
Contoh Perkenalan Diri dalam Wawancara Bahasa Inggris
Contoh-contoh Ucapan Terima Kasih untuk Guru dalam Bahasa Inggris