sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Reference Letter dalam Bahasa Inggris

Reference letter atau yang juga dikenal sebagai “Recommendation letter” adalah surat rekomendasi yang menjelaskan kualitas, karakteristik, dan kapabilitas individu yang direkomendasikan oleh sang penulis. Pada umumnya, surat referensi atau surat rekomendasi berkaitan erat dengan pendaftaran masuk pendidikan tinggi, beasiswa, atau untuk melamar pekerjaan.

Untuk surat rekomendasi akademik, pada umumnya ditulis oleh guru atau dosen dari individu yang direkomendasikan. Sedangkan untuk surat rekomendasi dalam bidang pekerjaan, biasanya ditulis oleh mantan atasan atau kolega. Walaupun begitu, surat referensi belum tentu berisi hal yang positif, semua bergantung pada sang penulis dan bagaimana mereka menilai individu yang direkomendasikan.

Format Surat Referensi

  • Salam pembuka

Ada dua macam surat referensi yang sering digunakan. Untuk surat referensi pribadi, dalam artian Anda sudah tahu siapa penerimanya, gunakan salam pembuka secara personal kepada penerimanya. Sebagai contoh, “Dear Dr. Stewart” atau “Dear Mrs. Colbert”. Sedangkan untuk surat referensi umum yang dapat digunakan kapan saja, gunakan “To Whom it May Concern” (Kepada yang Berkepentingan).

  • Paragraf 1

Paragraf pertama akan menjelaskan hubungan Anda dengan individu yang Anda rekomendasikan. Termasuk juga bagaimana Anda bisa mengenalnya, seberapa lama telah mengenalnya, dan kualifikasi Anda dalam menulis surat rekomendasi.

  • Paragraf 2

Paragraf kedua akan berisi informasi tentang kenapa individu tersebut memiliki kualifikasi, apa yang bisa mereka berikan, dan kenapa Anda memberikan rekomendasi. Anda juga dapat memberikan contoh keahliannya.

  • Kesimpulan

Bagian ini biasanya berada tepat sebelum penutup. Pada dasarnya berisi rangkuman singkat tentang kenapa Anda menulis surat ini. Nyatakan juga mengenai pendapat keseluruhan Anda tentang individu tersebut, apakah negatif atau positif.

  • Penutup

Paragraf yang menutup surat referensi akan berisi dengan informasi sang penulis. Anda bisa memberikan informasi nomor telepon dan alamat Anda. Pada bagian paling bawah surat, sertakan tanda tangan Anda dalam format berikut:

Sincerely, (Dengan hormat)

Tanda tangan (untuk surat fisik)

Nama Penulis
Gelar

Contoh Reference Letter Umum untuk Murid / Mahasiswa

Bahasa Inggris

To Whom It May Concern,

I am writing this reference for Mary Miller, a student I was fortunate to work with during her senior year at Newton College. As both Mary’s academic advisor and professor of Children’s Literature, I have watched her grow into a passionate and knowledgeable individual.

Mary has worked with students in both inclusive classrooms as well as individually, focusing on their special needs in reading and writing.

Mary is a patient and compassionate individual and is the ideal candidate for your special education graduate program.  Please feel free to contact me with any additional questions you may have regarding Mary at 555-123-2345 or email, lemail@college.edu.

Sincerely,
Laurie Gallo
Education Department Chair
Newton College

Bahasa Indonesia

Kepada Yth.,

Saya menulis referensi ini untuk Mary Miller, seorang mahasiswa yang saya didik pada masa tahun akhirnya di Newton College. Sebagai penasehat akademisnya sekaligus dosen jurusan Sastra Anak, saya telah melihat dia tumbuh menjadi individu yang penuh semangat dan berpengetahuan.

Mary telah bekerja dengan siswa dalam kelas inklusif dan juga secara individual, berfokus pada kebutuhan khusus mereka dalam membaca dan menulis.

Mary adalah individu yang sabar dan penyayang dan kandidat yang tepat untuk program pendidikan khusus Anda. Silakan hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai Mary di 555-123-2345 atau pada surel, lemail@college.edu.

Dengan hormat,

Laurie Gallo

Ketua Program Studi Pendidikan

Newton College

Contoh Reference Letter untuk Pekerjaan

Bahasa Inggris

To Whom It May Concern:

I would like to recommend Sharon Doe as a candidate for a position with your organization. In her position as Staff Assistant, Sharon was employed in our office from 20XX-20XX. She has excellent written and verbal communication skills, is extremely organized, can work independently, and is able to follow through to ensure that the job gets done.

During her tenure with our company, Sharon was responsible for supervising the department office assistants. These assistants, under Sharon’s management, were responsible for many of the office’s basic administrative and clerical functions.

She would add value to any company, and I recommend her for any endeavor she chooses to pursue. Please let me know if you have any other questions.

Yours truly,

Signature (hard copy letter)

Jane Smith

Bahasa Indonesia

Kepada Yth.,

Saya ingin merekomendasikan Sharon Doe sebagai kandidat untuk sebuah lowongan di organisasi Anda. Dalam posisinya sebagai Asisten Staf, Sharon bekerja di kantor kami sejak 20XX-20XX. Dia memiliki kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang luar biasa, sangat terorganisir, dapat bekerja secara mandiri, dan dapat memastikan pekerjaannya selesai.

Selama masa jabatannya di perusahaan kami, Sharon bertanggungjawab dalam mengawas departemen asisten kantor. Asisten-asisten ini, di bawah manajemen Sharon, bertanggungjawab atas banyak fungsi administratif dasar dan dokumentasi kantor.

Dia akan menambah nilai perusahaan manapun dan saya merekomendasikannya untuk usaha apapun yang dia pilih. Silakan hubungi saya jika Anda memiliki pertanyaan lainnya.

Hormat saya,

Tandatangan (surat fisik)

Jane Smith

 

Tip Writing TOEFL: Penggunaan “Koma” dalam Bahasa Inggris
Etika Berkomunikasi Melalui E-mail
Writing TOEFL: Contoh Essay Kurang Berdasar
Writing TOEFL: Kenali Topik dalam Writing
Writing TOEFL: Belajar Conditional Lewat Lagu Populer
Writing TOEFL: Struktur Paralel Lanjutan dalam Bahasa Inggris
Contoh Reference Letter dalam Bahasa Inggris
Writing TOEFL: 4 Langkah Membuat Essay yang Terorganisir
Bagaimana Menulis Paragraf yang Baik?
Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris


 
Cara Menulis Laporan (Report Text)
Contoh Teks Pembawa Acara Berita dalam Bahasa Inggris
Cara Tepat Menulis Email Bisnis Berbahasa Inggris
Pengertian dan Contoh Reported Speech
Apakah Pertanyaan Retorik itu (Rhetoric)?
Apakah yang dimaksud dengan Paradoks (Paradox)?
Pengandaian dalam Bahasa Inggris (Conditional)
Apakah dimaksud dengan Analogi (Analogy)?
Contoh Cerita Bahasa Inggris: Liburan ke Yogyakarta
Contoh Dailiy Activity: Liburan Sekolah ke Edinburgh Skotlandia