sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Surat Bahasa Inggris untuk Teman di Luar Kota

Bagaimana cara membuat surat dalam bahasa Inggris yang ditujukan kepada teman? Sama seperti surat dalam bahasa Indonesia, surat dalam bahasa Inggris pun mengandung salam pembuka, isi, dan salam penutup. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh surat dalam bahasa Inggris untuk teman di luar kota berikut ini:

Contoh 1:

Dear Anne,

Hi Anne, how are you? I hope you are doing great. I am writing this letter because I miss you so much, and I hope you miss me too. It has been two years since you moved out of the town, and many things have changed ever since.

To begin with, do you remember the big old abandoned building near our school that was haunted? It is not haunted anymore, because they demolished the building and turned it into a public park. And guess what? The park has a skate spot in it. Moreover, it is not far from Donat Enak, the doughnut shop we often visited. I am one hundred percents sure that the park will be the perfect place for us to hang out as we both love skateboarding and eating doughnuts. Speaking of Donut Enak, they have added a new menu. It is a chocolate doughnut with cinnamon sprinkles. It tastes so good, and I believe you will love it since you really love chocolate.

There are still many other changes in this town that I want to tell you here, but I think it will be better if you see them yourself. Anne, I really miss doing things with you. I really hope you can visit me soon.

Love,

Sarah

Terjemahan:

Kepada Anne,

Hai Anne, apa kabar? Aku harap kamu baik-baik saja. Aku menulis surat ini karena aku sangat rindu padamu, dan aku harap kamu juga merindukan aku. Sudah dua tahun semenjak kamu pindah ke luar kota, dan banyak hal berubah semenjak itu.

Pertama-tama, apakah kamu ingat bangunan tua besar terlantar yang angker dekat dengan sekolah kita? Sekarang itu sudah tidak angker lagi karena gedungnya sudah dihancurkan dan berubah menjadi taman untuk umum. Dan coba tebak? Di tamannya terdapat tempat untuk bermain skate. Terlebih lagi, tamannya tidak jauh dari Donat Enak, toko donat yang dulu sering kita kunjungi. Aku yakin seratus persen bahwa tamannya akan menjadi tempat yang sempurna bagi kita untuk nongkrong, karena kita berdua suka bermain skateboard dan makan donat. Berbicara tentang Donat Enak, ada menu baru di Donat Enak. Menu barunya adalah donut cokelat dengan taburan kayu manis. Rasanya enak sekali. Aku yakin kamu akan menyukainya, karena kamu sangat suka cokelat.

Masih ada banyak perubahan lainnya di kota ini yang ingin aku ceritakan pada kamu di sini, tetapi menurutku akan lebih baik jika kamu melihatnya langsung. Anne, aku sangat rindu melakukan banyak hal bersamamu. Aku harap kamu bisa mengunjungiku segera.

Salam sayang,

Sarah

Contoh 2:

Dear Adam,

How is live in Bali? I hope it is great. It has been a while since the last time we met. I miss you so bad, my friend. Do you miss me too?

I heard it from your brother that you were planning to go to Jakarta. If so, I really hope you can pay a visit to me in Bandung too. I am so sure that you will love it since it is beautiful city with numerous tourist attractions to visit. You really love painting, don’t you? I know some places in Bandung that can inspire you to create you next masterpiece. I will also take you to cool places in this city that are still unknown to most people. Just let me know if you want to visit me too. I will always be ready to accompany you to explore the city.

I hope you write me back soon.

Yours sincerely,

Dewi

Terjemahan:

Kepada Adam,

Bagaimana kabar kamu di Bali? Semoga kamu baik-baik saja. Sudah lama semenjak terakhir kita bertemu. Aku sangat merindukan kamu, temanku. Apakah kamu merindukan aku juga?

Aku denger dari saudara kamu bahwa kamu akan berencana pergi ke Jakarta. Jika iya, aku harap kamu dapat mengunjungi aku juga di Bandung. Aku sangat yakin bahwa kamu akan menyukai Bandung, karena itu adalah kota yang indah dengan banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Kamu senang melukis, bukan? Aku tahu beberapa tempat di Bandung yang bisa menginspirasi kamu untuk menciptakan karya kamu yang selanjutnya. Aku juga akan membawa kamu ke tempat-tempat keren di Bandung yang masih belum diketahui oleh sebagian besar orang banyak. Beri tahu aku saja jika kamu ingin mengunjungi aku juga. Aku akan selalu siap untuk menemani kamu menjelajahi kota ini.

Aku harap kamu membalas surat ini dengan segera.

Salam hormat,

Dewi

Itu tadi contoh surat dalam bahasa Inggris untuk teman di luar kota. Semoga contoh surat ini dapat membantu kita semua dalam mempelajari cara membuat surat dalam bahasa Inggris untuk teman. Sekarang, mari kita coba untuk membuat contoh surat buatan kita sendiri.

 

Contoh Surat Merindukan Kekasih dalam Bahasa Inggris
Introducing Conversation: Percakapan Memperkenalkan Teman ke Teman Lainnya
Tip Menulis Esai dalam Bahasa Inggris
Etika Berkomunikasi Melalui E-mail
Percakapan Mengenalkan Teman dalam Bahasa Inggris
Membuat Surat Keterangan Kerja dalam Bahasa Inggris
Contoh Bercerita tentang Keluarga (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris
Quotes Bahasa Inggris untuk Pacar
Cara Menulis Laporan (Report Text)