sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Dialog tentang Belajar di Rumah

Proses belajar mengajar pada dasarnya dapat dilakukan di mana saja tergantung kebutuhan. Namun lazimnya memang dilakukan di sekolah. Apalagi di sekolah sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memudahkan proses belajar mengajar itu sendiri telah lengkap.

Kali ini kami akan membahas tentang kegiatan yang dilakukan dari rumah. Namun fokus hanya pada kegiatan belajar mengajarnya saja. Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa contoh dialog atau percakapan dalam bahasa Inggris yang membahas tentang belajar dari rumah dengan beragam hal yang terjadi didalamnya.

Dialog antara Guru dan Siswa

Seorang siswa meminta bahan ajar pada gurunya karena ingin kembali mengulang materi yang telah disampaikan oleh gurunya.

Siswa: Thank you so much Ms. Bella for teaching us today. We do appreciate it. (Terima kasih banyak Ibu Bella karena telah mengajar kami hari ini. Kami  sangat menghargainya)

Guru: You’re very welcome. I hope you can understand what I have taught you. (Sama-sama. Ibu harap kalian dapat mengerti apa yang telah Ibu ajarkan pada kalian)

Siswa: I understand it enough Miss. But, may I ask you something ? (Saya cukup mengerti Bu. Tapi, bolehkah saya bertanya sesuatu ?)

Guru: Yes, sure. Go ahead. (Ya, tentu saja. Silahkan)

Siswa: I think I might need the teaching material that you have Miss. Can I ask for it ? (Saya pikir saya mungkin membutuhkan bahan ajar yang Ibu punya. Bolehkah saya memintanya Bu ?)

Guru: Yes, of course you can have it. (Ya, tentu saja kamu dapat memilikinya)

Siswa: Thank you Miss (Terima kasih Bu)

Guru: Don’t mention it. How can I send it to you ? By email ? (Sama-sama. Bagaimana caranya saya mengirimnya padamu ? Melalui email ?)

Siswa: Yes Miss, you can send it by email. I will give you my email. (Iya Bu, Ibu dapat mengirimkannya melalui email. Saya akan memberikan Ibu alamat email saya)

Guru: Ok, then wait for it. I will send it as soon as I know your email. (Ok, kalau begitu tunggu ya. Saya akan mengirimkannya segera setelah saya tahu email kamu)

Siswa: Thank you very much Miss. (Terima kasih banyak Ibu)

Guru: You’re welcome (Sama-sama)

Dialog antara Siswa dan Siswa

Dua orang siswa sedang melakukan panggilan telepon satu sama lain untuk menanyakan tugas sekolah.

Andy: Hi Anton, this is Andy. How are you ? (Hi Anton, ini Andy. Apa kabar ?)

Anton: Hi Andy, I’m fine, how about you ? (Hi Andy, saya baik-baik saja. Bagaimana dengan kamu ?)

Andy: I’m fine too, thanks. I’m calling you to ask about something. (Saya juga dalam keadaan baik, terima kasih. Saya menghubungimu untuk bertanya tentang sesuatu)

Anton: What is it ? (Apa itu ?)

Andy: Have you done your homework ? Math and physics ? (Apakah kamu telah menyelesaikan tugasmu ? Matematika dan fisika ?)

Anton: I did math but haven’t finished physics. Why is it ? (Saya telah mengerjakan tugas matematika tapi belum menyelesaikan tugas fisika. Ada apa ?)

Andy: Same with me. I did math and haven’t started doing my physics. (Saya juga begitu. Saya telah menyelesaikan tugas matematika dan belum mengerjakan tugas fisikaku)

Anton: How about math ? Was it quite hard to do ? (Bagaimana dengan tugas matematika ? Cukup susah bukan ?)

Andy: Yes it was. I was struggling enough on some numbers. (Iya sangat susah. Saya cukup kesulitan mengerjakannya untuk beberapa nomor)

Anton: I feel you. What about your physics ? (Saya merasakan apa yang kamu rasakan. Bagaimana dengan pekerjaan rumah fisika ?)

Andy: This is why I’m calling you. I want to ask you a favor. (Inilah kenapa saya menelponmu. Saya ingin meminta bantuan darimu)

Anton: What is it ? I will help you if I could. Just tell me. (Apa itu ? Saya akan membantumu jika saya sanggup. Katakan saja)

Andy: Can you help with some numbers ? I couldn’t find what the formula. (Bisakah kamu membantuku untuk beberapa nomor ? Saya tidak tahu rumus apa yang harus dipakai)

Anton: Sure. How about we work on it together ? How does it sound ? (Tentu saja. Bagaimana kalau kita mengerjakannya bersama-sama ? Kedengarannya bagaimana ?)

Andy: It sounds good. We can learn together. But how ? (Kedengarannya bagus. Kita bisa belajar bersama. Tapi bagaimana caranya ?)

Anton : How about you come to my house this afternoon ? Or I can come to your house if you want. (Bagaimana kalau kamu datang kerumahku sore ini ? Atau saya bisa datang kerumahmu jika kamu mau)

Andy: I will come to your house. But I need to ask my mom first since she asks me to do some chores today. (Saya akan datang ke rumah kamu. Tapi sebelumnya saya harus bertanya ke Ibu saya terlebih dahulu karena Ia membutuhkanku mengerjakan beberapa pekerjaan rumah hari ini)

Anton: Ok, let me know when you’re ready. I’ll be home for today. (Ok, beritahu saya kalo kamu sudah siap. Saya akan ada di rumah seharian ini)

Andy: Then it’s all set. Wait for me. (Kalau begitu sudah pas. Tunggu saya)

Anton: Ok, see you at my home. (Ok, sampai ketemu dirumahku)

Andy: Ok, then I need to end this call. Thank you. (Ok, kalau begitu saya akan akhiri panggilan ini. Terima kasih)

Anton: You’re welcome. (Sama-sama)

Itulah beberapa contoh dialog tentang belajar di rumah.

 

Percakapan di Pegadaian dalam Bahasa Inggris
Dialog Bahasa Inggris Tentang Rokok
Contoh Dialog: Manner Adverbs
Contoh Dialog Cause Effect
Contoh Dialog tentang Reservation (Pemesanan) dalam Bahasa Inggris
Percakapan Tentang Bertanya Dan Memberi Kepastian
Percakapan Bahasa Inggris di Pesawat dengan Pramugari
Contoh Percakapan Pemandu Wisata
Pertanyaan untuk Memulai Percakapan
Percakapan Bahasa Inggris tentang Peternakan