sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Sentence: Apa itu Elliptical Construction?

Elliptical construction yang akan kita pelajari dalam artikel tutorial bahasa Inggris ini sejatinya adalah kata penghubung dan identik dengan kalimat. Kita yang ingin mengenal bentuk unik nan memorable atau mudah diingat satu ini dapat melihat pada poin penjelasannya.

Setelah poin penjelasan di bawah ini, kita akan lanjut pada poin-poin yang menggambarkan contoh penerapannya dalam kalimat, percakapan, dan contoh soal maupun pembahasan elliptical construction dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris lainnya.

Penjelasan Mengenai Elliptical Construction

Elliptical construction menggabungan dua kalimat menjadi satu, dengan menghilangkan beberapa bagian  menjadi lebih pendek, tanpa merubah artinya.

Keunikan utama dari elliptical construction adalah mempersingkat kalimat dengan imbuhan-imbuhannya, sehingga kalimat yang terkena elliptical construction menjadi lebih efektif.

They ride bicycle to their campus + I ride bicycle to my campus —>

They ride bicycle to their campus, and so do I

Menghafalkan kategori elliptical construction pun gampang. Cukup ingat-ingat positive, negative, dan contrary saja, maka itulah kategori elliptical construction yang harus learners ingat dan pegang teguh.

And / so” dan “too” merupakan contoh dari positive elliptical construction. Ada juga “neither” dan “(not) either” sebagai bentuk negative dalam elliptical construction. Bila kita menemukan pasangan “but/while”, maka itulah kategori contrary dalam elliptical construction.

Kita akan mengetahui penerapan elliptical construction dengan lebih jelas bila kita melihat contoh penerapannya dalam kalimat, yang akan kami paparkan lebih lanjut dalam poin berikutnya pada artikel ini.

Contoh Penerapan Elliptical Construction Dalam Kalimat

Seperti kategorinya yang terdiri atas positive, negative, dan contrary, contoh-contoh kalimat yang mengandungi elliptical construction dan terdapat pada poin ini memberikan pelajaran untuk masing-masing kategori elliptical construction yang ada.

Tiap elliptical construction ditandai dengan bold, sementara itu, yang bertanda garisbawah adalah kalimat yang dipengaruhi oleh elliptical construction. Setelah arti pada tiap contoh kalimat di bawah ini, learners sekalian akan menyimak penjelasan dari elliptical construction dalam contoh kalimat:

1.  They ride bicycle to their campus, and so do I (Mereka mengendarai sepeda ke kampus, dan akupun demikian).

Penjelasan: Adanya positive elliptical construction berupa “and so” (dan juga) pada kalimat “and so do I” (dan akupun demikian) berfungsi untuk menyatakan kesamaan aktivitas mengendarai sepeda ke kampus dari aku dan mereka, sehingga “ride bicycle to my campus” (mengendarai sepeda ke kampus aku, “my” adalah bentuk possessive dari “I”) tidak perlu diulang lagi.

2. He didn’t attend the party, and neither did I (Dia tidak hadir pesta, dan aku juga tidak).

Penjelasan:Neither” (tidak juga dengan) yang menempel pada kalimat “and neither did I” (dan aku juga tidak) pada contoh kalimat ini merupakan elliptical construction berbentuk negative yang menyatakan kesetujuan akan sesuatu yang “tidak”, yakni tidak datang ke pesta. Jadi, “didn’t attend the party” (tidak datang pesta) tidak perlu diulang lagi.

3. My sister can understand what I’m saying, while he is not (Saudara perempuanku dapat mengerti apa yang saya katakan, sementara itu, dia tidak).

Penjelasan: Karena berupa contrary elliptical construction, “while” (sementara itu) yang terdapat pada kalimat “while he is not” (sementara itu, dia tidak) berfungsi mengontraskan keadaan di kalimat ber-“while” dengan kalimat sebelumnya. Dalam hal ini, yang dikontraskan adalah ketidakmampuannya untuk mengerti perkataanku. Karena itu, bagian “can understand what I’m saying” (dapat mengerti apa yang aku katakan) tidak perlu diulang lagi.

Dari contoh kalimat di atas, kita mengerti, secara umum, elliptical construction berfungsi untuk menghemat dan mengefektifkan kalimat. Hal yang sama juga berlaku dalam percakapan. Bila kita lanjut membaca poin dalam artikel ini, kita akan melihat lebih lengkap tentang contoh penerapan elliptical construction dalam percakapan.

Contoh Penerapan Elliptical Construction Dalam Percakapan

Berbagai elliptical construction, baik itu positive, negative, maupun contrary, yang berfungsi memperpendek kalimat kembali muncul dalam bentuknya yang lebih lengkap, yakni contoh percakapan seperti dalam poin ini.

Seperti biasa, tanda bold akan memandu kita tentang elliptical construction yang digunakan, garisbawah memandu pada kalimat yang ber-elliptical construction, dan arti pada tiap baris percakapan menolong kita lebih mengerti alur percakapan yang ada. Selain itu, penjelasan pelajaran elliptical construction juga tersedia setelah contoh percakapan berikut ini:

Pia: I’m sure they attend the spectacular night show and my sister too.

(Pia: Aku yakin mereka datang acara malam spektakuler dan saudara perempuanku juga.)

Bell: Huh, really? I haven’t heard about that…

(Bell: Hah, emang iya? Aku belum dengar hal itu…)

Millie: …and I don’t, either.

(Millie: …dan aku juga tidak.)

Pia: Whoa, whoa!!! Kacung observed the show, but you guys didn’t?!

(Pia: Wah, wah!!! Kacung saja melihat acaranya, tapi kalian kok tidak?!)

Bell: There you go: Your forever unrequited love.

(Bell: Itu dia: Cintamu yang selamanya tak terbalaskan.)

Kalau kita melihat contoh percakapan di atas, ada beberapa elliptical construction yang berbeda dengan sekadar kalimat biasa. Kendati demikian, fungsi dari elliptical construction untuk mengefektifkan kalimat dengan cara menyambungkannya tetap tidak berubah.

Pertama, kita lihat “and” dan “too” sebagai elliptical construction kategori positive yang menempel pada “and my sister too” (dan saudara perempuanku juga). Karena “they” (mereka) pada bagian kalimat sebelumnya berkaitan dengan “my sister” (saudara perempuanku) yang juga orang, maka tidak ada koma setelah “and”, meski tujuan atau fungsinya sama-sama memperpendek bagian “attend the spectacular night show” (datang acara malam spektakuler).

Dari sini, yang ingin ditunjukkan adalah saudara perempuan Pia juga (mungkin) datang acara malam spektakuler bersama dengan “mereka”.

Kedua, ada “not either” (tidak juga), negative elliptical construction pada “and I don’t, either” (dan aku juga tidak) yang seolah-olah berdiri sendiri. Padahal kalau kita amati keseluruhan percakapannya, bagian itu merupakan sambungan dari baris sebelumnya, yakni dialog Bell yang mengatakan sesuatu tentang, “I haven’t heard about that…” (aku belum dengar hal itu), sehingga fungsi elliptical construction tetap berjalan.

Adanya negative elliptical construction ini mengindikasikan kesetujuan Millie atas sesuatu yang “tidak”, yakni sama-sama belum mendengar hal tersebut, sebagaimana juga Bell.

Ketiga, ada “but” (tetapi) sebagai contrary elliptical construction yang mengontraskan keadaan Kacung “observed the show” (melihat acaranya) dengan Bell dan Millie yang tidak melihat. Hal ini dapat diketahui dari “but you guys didn’t” (tetapi kalian tidak), yang berada setelah koma.

Contoh Soal dan Pembahasan Elliptical Construction Dalam Tes TOEFL dan Tes-Tes Bahasa Inggris Serupa

Elliptical construction kerap muncul sebagai contoh soal yang mengharuskan kita melengkapi bagian percakapan yang rumpang. Selain itu, variasi lain yang dapat ditemui dari elliptical construction dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis adalah melabeli kalimat sebagai penggunaan benar atau salah dari sebuah elliptical construction.

Kedua contoh beserta artinya di bawah ini menggambarkan wujud kemunculan soal elliptical construction dalam tes TOEFL atau tes bahasa Inggris lain yang serupa. Seperti biasa, bold digunakan untuk menandai jawaban yang benar, dan pembahasan tersedia untuk menuntun learners sekalian mengetahui mengapa jawaban dari contoh-contoh soal di bawah ini:

1. A: They have had a coffee break, what about you?

B: Really? I think they haven’t had any, and _____________.

a. so do I           b. neither do I          c. I didn’t, either          d. either do I

(1. A: Mereka sudah kabur untuk istirahat, bagaimana denganmu?

B: Masa’? Aku kira mereka belum, dan ___________.

a. demikian juga aku          b. aku juga tidak          c. aku juga tidak          d. antaranya aku juga tidak)

Catatan: Pertama-tama, kita eliminasi pilihan a yang seharusnya menandakan kesetujuan atas sesuatu yang positif (positive elliptical construction) dan d yang strukturnya salah. Karena “haven’t had” merupakan bentuk lampau (past), maka pilihan b yang mengandungi “do” (bentuk present) tidak dapat kita pilih. Karena itu, jawaban yang benar untuk melengkapi porsi percakapan ini adalah c. I didn’t, either.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

She passes the English course with flying colors, and so, my brother doesn’t. Answer: F

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Dia lulus mata kuliah bahasa Inggris dengan memuaskan, dan saudara laki-lakiku juga tidak. Jawaban: S)

Catatan: Ingat-ingat, positive elliptical construction seperti “and so” hanya digunakan untuk menyetujui sesuatu yang positif dan juga dilakukan. Demikian juga negative elliptical construction yang menyetujui sesuatu yang negatif atau “tidak”, namun juga dilakukan.

Karena keadaannya saling bertolak belakang antara dia yang lulus mata kuliah Bahasa Inggris dengan memuaskan dan saudara laki-lakiku yang tidak demikian, maka keberadaan “and so” tidak tepat, “F”, atau “False” dalam contoh soal seperti ini.

Sekian pelajaran singkat mengenai elliptical construction yang dapat kita ambil. Mulai artikel selanjutnya, kita akan belajar mengenai grammar, bagian yang penting dari belajar bahasa Inggris.

Adapun kelompok grammar yang kita bahas dalam artikel mendatang adalah infinitive without to. Seperti apa bentuknya? Ada baiknya kita mengikuti dan membaca artikel tutorial bahasa Inggris mendatang, learners!

 

Grammar-Verb: Perbedaan Auxiliary Verbs vs Light Verbs
Grammar: Apa itu Infinitive with To?
Grammar-Verb: Apa itu Infinitive Verb?
Grammar-Adjective: Attributive Adjectives – Part 2
Grammar-Adjective: Apa itu Degree of Comparison?
Grammar-Verb: Apa itu Transitive Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Light Verb?
Grammar-Adjective: Apa Itu Adjective?
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Apa itu Syntax?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs