sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar: Apa itu Infinitive with To?

Artikel tutorial bahasa Inggris yang lampau membahas mengenai infinitive without to. Artikel ini juga hampir mirip, karena sama-sama membahas infinitive. Bedanya, artikel ini membahas infinitive dengan imbuhan “to” atau yang biasa kita sebut dengan infinitive with to.

Seperti kelompok-kelompok pelajaran bahasa Inggris lainnya, infinitive with to memiliki penjelasannya tersendiri. Setelah penjelasan dalam poin setelah ini, ada contoh-contoh kalimat dan percakapan yang dapat kita terapkan dan contoh soal serta pembahasannya pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya.

Penjelasan Mengenai Infinitive with To

Salah satu persamaan infinitive with to dengan infinitive without to adalah kehadirannya pada “help”, sehingga menjadi “to help” pada infinitive with to. Namun, alih-alih hadir setelah modal verbs seperti pada infinitive without to, infinitive with to hadir dalam berbagai turunan common verbs, seperti “to agree” dari “agree”, “to ask” dari “ask”, “to learn” dari “learn”, dan lain sebagainya yang sejenis. Dalam hal ini, verbs dengan “to” itu sendiri adalah kata sekaligus imbuhan dari infinitive without to.

Adapun infinitive with to dapat didahului oleh adjectives. Selain itu, infinitive with to juga dapat hadir setelah “the” ditambah langkah-langkah, seperti “first”, “next”, atau “last”, atau setelah “want/would like” dengan tambahan objek di depan infinitive with to.

Kita akan belajar lebih banyak mengenai penggunaan infinitive with to pada poin contoh penerapannya dalam kalimat, yang akan kita dapatkan saat melanjutkan pembacaan pada poin selanjutnya dalam artikel ini.

Contoh Penerapan Infinitive with To Dalam Kalimat

Bila kita lihat penjelasan dalam poin sebelumnya, imbuhan pendahulu dari infinitive with to hadir dalam 4 kategori, yakni dalam turunan common verbs (termasuk “to help”), adjectives, “the” ditambah langkah-langkah, dan setelah “want/would like”. Keempat kategori tersebut tercermin dalam 4 contoh kalimat yang terdapat dalam poin ini.

Sama seperti panduan infinitive without to sebelumnya, bold digunakan untuk menandai infinitive with to beserta objeknya (bila ada), sedangkan garisbawah digunakan untuk menandai imbuhan pendahulu dari infinitive with to maupun objek sebelumnya. Selain itu, arti dan penjelasan digunakan untuk memudahkan pembelajaran dari contoh-contoh kalimat berikut ini:

1. We don’t know where else to ask about this (Kami tidak tahu di mana lagi kami bisa menanyakan hal ini).

Penjelasan: Dalam contoh kalimat ini, “to ask” ((untuk) menanyakan atau bertanya) tidak hanya berupa infinitive with to yang diturunkan dari common verbask” (tanya), namun juga imbuhan. Karena itu, bold dan garisbawah-nya saling menindih.

2. As a baby, she was eager to learn new things (Sebagai bayi, dia cepat belajar hal-hal baru).

Penjelasan:To learn” ((untuk) belajar) sebagai infinitive with to dari common verblearn” (belajar) di sini berada setelah adjective, yakni “eager” (cepat).

3. They were the first to get a brand-new smartphone (Mereka adalah yang pertama untuk mendapatkan telepon pintar baru).

Penjelasan: Contoh kalimat ini memperlihatkan “the first” (yang pertama) sebagai imbuhan infinitive with to yang merupakan “the” ditambah dengan langkah-langkah, yakni “first” (pertama). Sementara itu, infinitive with to-nya sendiri adalah “to get” (untuk mendapat(kan)) dari common verb get” (mendapat).

4. I would like you to assist me on my project (Aku menginginkanmu untuk membantuku dalam proyekku).

Penjelasan: Imbuhan “want/would like” seperti pada contoh kalimat ini merupakan salah satu yang dapat disisipi objek sebelum infinitive with to, yakni “you” (kamu). Setelah itu, baru masukkan infinitive with to-nya, yakni “to assist” (untuk membantu) dari common verbassist” (membantu).

Contoh Penerapan Infinitive with To Dalam Percakapan

Kini, saatnya kita mempelajari infinitive with to dalam konteks yang lebih lengkap dari kalimat pada poin sebelumnya, yakni percakapan. Sama seperti panduan untuk memahami contoh kalimat, ada arti, bold pada infinitive with to beserta objeknya, serta garisbawah untuk imbuhan sebelum infinitive with to dan/atau objek yang mendahuluinya.

Kemudian, setelah selesai menyimak contoh percakapan di bawah ini, kita pun berkesempatan untuk menyimak penjelasannya, sehingga kita lebih memahami materi infinitive with to dari percakapan ini:

Hina: Umm… Excuse me, where to find this book?

(Hina: Umm… Permisi, di mana aku bisa menemukan buku ini?)

The Cashier: Over there, Miss. You are the first to get a special discount for that book. (Whoa… She sure is quick to know about this promotion.)

(Kasir: Di sana, Nona. Kamu orang pertama yang mendapatkan diskon khusus untuk buku itu. (Wah… Dia benar-benar cepat mengetahui promosi ini.))

Hina: Eeeh, really…? *blushes* Thanks so much! *heads over to the book’s rack*

(Hina: Eeeh, benarkah…? *pipinya memerah* Terima kasih banyak! *menuju rak buku yang dimaksud*)

The Cashier: *Murmuring to himself*My, my… She’s so cute that I want her to be my bride someday.

(Kasir: *Menggumam pada dirinya sendiri* Ya ampun… Dia benar-benar imut hingga aku ingin dia menjadi pengantinku suatu hari nanti.)

Dari contoh percakapan di atas, kita melihat “to find” (menemukan) sebagai infinitive with to yang diturunkan dari common verb-nya, yakni “find” (temu), sekaligus berperan sebagai imbuhan. Kemudian, ada juga “to get” (mendapatkan) dari “get” sebagai infinitive with to yang disambungkan dengan imbuhan “the” ditambah langkah-langkah, dan dalam hal contoh percakapan adalah “the first”.

Bagian selanjutnya adalah infinitive with to berupa “to know” ((untuk) mengetahui) dari asal common verb-nya, yaitu “know” (tahu), yang melekat pada adjective quick” (cepat). Terakhir, ada “to be” (untuk menjadi) yang diturunkan dari “be” (jadi), yang karena melekat pada “want” (ingin), maka sebelum “to be” ada objek yang melekat, yakni “her” (dia, perempuan).

Baik dalam contoh kalimat maupun percakapan, kita tahu infinitive with to merupakan turunan dari common verbs. Hal yang spesial adalah untuk infinitive with to yang sekaligus berperan sebagai imbuhan, atau yang ditandai dengan bold bergaris bawah.

Contoh Soal dan Pembahasan Infinitive with To Dalam Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris Lainnya

Sama seperti infinitive without to, infinitive with to kerap muncul sebagai soal yang mengharuskan kita merampungkan bagian kalimat dengan benar pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris sejenis.

Bedanya adalah pada variasi lainnya, yakni infinitive without to mengharuskan kita memilih kalimat yang salah, sementara infinitive with to mengharuskan kita langsung menentukan benar-salahnya kalimat soal.

Seperti biasa, ilustrasi 2 contoh soal di bawah ini akan membantu kita memperoleh gambaran soal infinitive with to dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris sejenis. Tidak lupa, arti dan penjelasan dari jawaban yang benar (bertanda bold) pada masing-masing soal juga ada, sehingga learners sekalian berkesempatan untuk makin menguasai bentuk soal seperti di bawah ini:

1. You are _____________ about that issue.

a. the last to know b. the last know c. the last knows d. to know the last

(1. Kamu orang ___________ tentang masalah itu.

a. terakhir yang tahu b. terakhir tahu c. yang terakhir tahu d. untuk tahu yang terakhir)

Catatan: Sebuah infinitive with to tidak pernah mendahului “the” ditambah langkah-langkah, karena itu pilihan d salah. Kata yang melekat pada “you” tidak boleh ditambahi huruf s, karena itu, pilihan c juga salah. Pilihan b salah karena kurang lengkap. Maka, pilihan yang benar untuk melengkapi kalimat contoh soal ini adalah a. the last to know.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

They can to make a set of origami. Answer: F

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Mereka dapat untuk membuat satu set origami. Jawaban: S)

Catatan: Infinitive with to tidak boleh berada setelah modal verb seperti “can/could”. Karena itu, pernyataan dalam contoh soal kedua ini haruslah kita jawab “F” atau “False”.

Kini, infinitives, yakni infinitive without to dan infinitive with to sebagai kelompok grammar telah kita pelajari. Masih ada kelompok grammar lain yang dapat memperkaya pengetahuan bahasa Inggris kita, yakni intransitive verb.

Ingin tahu apa itu intransitive verb? Yuk, daripada galau, baca dan simak saja artikel tutorial bahasa Inggris dari kami yang selanjutnya!

Lanjut –> Infinitive Without To

 

Grammar Tenses: Apa itu Past Future Tense?
Sentence: Apa itu Positive Sentence (Kalimat Positif)?
Verb -ing: Perbedaan Gerund vs Present Participle
Grammar-Noun: Apa itu Concrete Noun?
Grammar-Adjective: Apa itu Degree of Comparison?
Verb -ing: Apa itu Gerund?
Apa itu Sentence Modifier?
Grammar-Noun: Common Noun vs Proper Noun
Grammar-Pronoun: Mengenal Apa Itu Pronouns
Grammar-Adverb: Apa itu Adverbs?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs