sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Menjawab Pertanyaan Alasan Melamar Kerja dalam Bahasa Inggris

Ketika menghadapi wawancara kerja, ada banyak pertanyaan yang harus kita jawab dengan sebaik mungkin. Beberapa jawaban mungkin saja sudah kita kuasai dan kita pahami di luar kepala. Namun, ada beberapa pertanyaan yang membutuhkan kerja keras dari otak kita untuk memikirkan jawaban terbaik yang akan kita kemukakan.

Salah satu pertanyaan dengan kriteria tersebut adalah mengapa kita melamar untuk posisi yang kita incar. Menurut teman-teman, adakah alasan khusus bagi pewawancara untuk menanyai kita pertanyaan seperti ini?

Umumnya, alasan pihak kantor yang kita tuju menanyai pertanyaan ini dikarenakan dua alasan, yaitu:

  • Mereka ingin memastikan kita sudah melakukan riset mengenai posisi tersebut sebelumnya.
  • Pihak instansi juga ingin mencari tahu dan memastikan bahwa kita memang sanggup bekerja di posisi tersebut dan tahu apa yang kita cari dari posisi yang kita lamar.

Karenanya, dibutuhkan kehati-hatian dalam menjawab pertanyaan ini, karena jawaban kita berpengaruh pada lulus atau tidaknya kita dalam sesi wawancara untuk posisi yang kita incar. Namun, teman-teman tidak perlu cemas karena inilah yang akan kita bahas.

Artikel kita kali ini akan memberikan beberapa contoh jawaban yang dapat teman-teman jadikan referensi dan inspirasi untuk dipelajari, terutama teman-teman yang akan menghadapi tes wawancara.

Mari kita lihat contoh jawaban mengenai alasan melamar untuk suatu posisi atau jabatan tertentu saat wawancara.

  • The reason I apply for the position as an English teacher in this particular school is because I have done a research before and I found out that this school needs more English teachers. Also, I have a great interest in teaching since I was younger and I believe teaching English is a position that suits me the most. That is why I took English Education study program back in university and apply for a job as a teacher in this school. (Alasan saya melamar untuk posisi sebagai guru Bahasa Inggris di sekolah ini adalah karena sebelumnya saya sudah melakukan riset dan saya mengetahui bahwa sekolah ini membutuhkan guru-guru Bahasa Inggris. saya juga memiliki ketertarikan yang besar pada mengajar semenjak masih kecil dan saya percaya mengajar Bahasa Inggris adalah posisi yang paling cocok untuk saya. Itulah mengapa saya mengambil program studi Pendidikan Bahasa Inggris semasa di universitas dan melamar pekerjaan sebagai guru di sekolah ini.)
  • When I look at your cafeteria’s job description on an Instagram page about job vacancies in Bandung, I immediately apply for the cook position. I know very well how to cook and I know so many food and drink recipes. I am ready to grow with this cafeteria and serve the best foods and drinks I can make to the customers. (Ketika saya melihat deskripsi pekerjaan kafetaria Anda di salah satu halaman Instagram mengenai lowongan pekerjaan di Bandung, saya langsung melamar untuk posisi koki. Saya sangat mengetahui bagaimana memasak dan saya tahu banyak resep makanan dan minuman. Saya siap bertumbuh bersama kafetaria ini dan menyajikan makanan dan minuman terbaik yang dapat saya buat kepada para pelanggan.)
  • Being an administrator is my dream since I was in high school. I love managing and keeping things in order. I also have a basic knowledge about administrative tasks and I am more than ready to learn more from my boss and co-workers at this company. (Menjadi seorang administrator adalah impian saya sejak duduk di bangku SMA. Saya senang mengatur dan menjaga semuanya tetap teratur. Saya juga memiliki pengetahuan umum tentang tugas-tugas administratif dan saya lebih dari siap untuk belajar lebih banyak dari atasan dan kolega saya di kantor ini.)
  • I took a huge interest in being a radio announcer when I saw my big brother did this back when he was a university student. So, when I was in middle and high schools, I took radio announcer as my extracurricular activity. From there, I sharpened my skill and eventually I took this career seriosuly. That is why I apply for a radio announcer at this radio station. (Saya memiliki ketertarikan yang sangat besar untuk menjadi seorang penyiar radio ketika melihat kakak saya melakukan pekerjaan ini saat dia masih menjadi mahasiswa. Jadi, ketika saya masih di bangku SMP dan SMA, saya mengambil kegiatan ekstrakurikuler sebagai penyiar. Dari sana, saya mengasah kemampuan saya dan lama-kelamaan saya menggeluti karir ini dengan serius. Itulah mengapa saya melamar pekerjaan sebagai penyiar radio di stasiun radio ini.)
  • Working with animals is what I aspire to become. I love animals and I have this dream of one day taking care of them while working as one of pet salon’s crews, hence the reason I applied here in your pet salon, Ma’am. If you give me a chance and hire me, I will give my best to the salon and stay true to the salon’s vision and missions. (Bekerja dengan hewan adalah sesuatu yang saya inginkan. Saya menyukai hewan dan saya punya mimpi bahwa di suatu hari nanti saya akan merawat mereka sembari bekerja sebagai salah satu kru salon hewan, yang menjadi latar belakang saya melamar pekerjaan di sini di salon hewan Anda, Bu. Jika Anda memberi saya kesempatan dan mempekerjakan saya, saya akan memberikan yang terbaik dan menjunjung visi dan misi salon hewan ini.)

Itulah dia 5 contoh menjawab pertanyaan “mengapa Anda ingin melamar di posisi … ini?” dalam Bahasa Inggris. Bagi teman-teman yang sedang melamar pekerjaan, semoga keberuntungan menyertai kalian.

Artikel Lainnya

Cara Menjawab Pertanyaan Interview: What Are Your Hobbies?
Jawaban Pertanyaan Interview: How Much Money Are You Looking to Earn?
Jawaban Pertanyaan Interview: Why do you want to work here?
Menjawab Pertanyaan Alasan Melamar Kerja dalam Bahasa Inggris
Jawaban Interview: How Do You Handle Success?
Apa Yang Harus Dikatakan dalam “Exit Interview”
Pertanyaan Interview: Describe a Difficult Work Situation or Project and How You Overcame It
Menjawab  “What’s Your Biggest Professional Achievement?”
Kalimat-Kalimat Penting Untuk Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris
Kumpulan Kalimat Bahasa Inggris Untuk Interview Kerja

 

Percakapan Bahasa Inggris di Reuni Sekolah
Contoh Percakapan Menawar Harga dalam Bahasa Inggris
Percakapan di Apotik / Toko Obat
Inviting Conversation: Percakapan Mengundang ke Acara Syukuran Rumah Baru
Percakapan Bahasa Inggris Refusing Permissions
Contoh Jawaban untuk Pertanyaan “Tell About Yourself”
Dialog Kesehatan dalam Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari
Percakapan di Laundry Baju dalam Bahasa Inggris
Percakapan Telepon: Pemesanan Barang
Percakapan Inggris tentang Agama