sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh “Reference Letter” MENCARI KERJA

Rampung menamatkan studi, saatnya mencari kerja untuk berkontribusi lebih banyak kepada masyarakat. Tentu cara utama untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan mencari lowongan pekerjaan yang tersedia dan melamarnya. Tapi, bagaimana cara melamar pekerjaan yang tepat?

Attitude yang baik adalah salah satu hal yang akan menjadi pertimbangan utama sebuah perusahaan dalam menerima pegawai baru. Hal ini bisa terlihat dari bagaimana gesture kamu saat menyapa perusahaan tersebut, menyampaikan ketertarikan untuk bergabung, serta dokumen-dokumen penting yang melengkapi.

Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang reference letter mencari kerja. Hal ini penting untuk diketahui terutama bagi kamu yang masih berkutat dengan pencarian pekerjaan.

Apa Itu Reference Letter?

Reference letter juga dikenal dengan recommendation letter, yaitu sebuah surat yang berisi penilaian akan karakter dan kualitas personal seseorang. Berbeda dengan Curriculum Vitae yang berisi data formal dan prestasi individu, maka reference letter lebih bersifat formal dan meliputi hal lain seperti attitude hingga gaya bekerja.

Bisa dibilang, reference letter lebih jujur dan tidak dibuat-buat. Biasanya, surat ini dituliskan oleh orang yang pernah bekerja sama seperti atasan atau dosen yang pernah mengajar dan mengenal betul karakter kamu.

Perusahaan pun tidak akan menganggap remeh reference letter karena berkaitan dengan bagaimana sikap calon pegawainya ini jika nanti benar-benar direkrut. Untuk itu, sebisa mungkin dapatkan reference letter dari orang yang direspek dan dikenal banyak orang sehingga validasinya juga tidak dipertanyakan.

Contoh 1

Setelah memahami definisinya, mari mencoba melihat contoh reference letter dan mengulasnya hingga tuntas.

(insert company address)

(insert contact details)

(insert new company address)

(insert date)

Dear Mr/Mrs/Miss/Ms/Dr (insert name),

I am writing this reference on behalf of (employee name) for the position of (position name) at (company name). (employee name) has been working with for (period of time) at (company name) and it has been only a pleasure.

During his/her time here, (employee name) has shown great confidence in presenting to a group of people and also managing a team with positive energy and constructive criticism. (employee name) is always eager to help with new projects and can be quite creative when it comes to thinking of new ideas, for example (give example).

(employee name) is a reliable and honest candidate that will not let you down and will work hard as a (position name) for (company name). I am sure that he/she will benefit your team. For any further information, please contact me on (contact details).

Regards,

(full name)

(job title)

Berikut terjemahan dari surat di atas langsung ke bagian intinya:

Dear Mr/Mrs/Miss/Ms/Dr (tulis nama)

Saya menulis referensi ini atas nama (nama pegawai) untuk posisi (nama posisi) di (nama perusahaan). (nama pegawai) telah bekerja dengan kami selama (tulis waktu) di (nama perusahaan) dan tidak ada hal lain selain rasa senang.

Selama berada di sini, (nama pegawai) telah menunjukkan kepercayaan diri dalam presentasi di kelompok rekan kerjanya, juga mengelola tim dengan energi positif dan kritik yang membangun. (nama pegawai) selalu bersemangat membantu project baru dan cukup kreatif saat diminta mengemukakan ide baru, seperti (tulis contoh).

(nama pegawai) adalah kandidat yang bisa diandalkan serta jujur, dia tidak akan mengecewakan dan akan bekerja keras sebagai (nama posisi) untuk (nama perusahaan). Saya yakin dia akan bermanfaat bagi tim Anda. Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi saya di (detil kontak).

Salam,

(nama lengkap)

(jabatan)

Contoh 2

Berikutnya ada contoh yang sudah terisi nama dan detil perusahaannya, berbeda dengan contoh pertama yang berupa template:

Dear Mr. Regner,

It is my pleasure to recommend Scarlett Johansson. I have known her for three years in my capacity as Assistant Manager at Main St. Company. Scarlett worked for me on various projects as a consultant, and based on her work, I would rank her as one of the best consultants we ever had.

Scarlett distinguished herself by consistently submitting exceptionally well-researched and well-written reports on our clients. Scarlett is highly intelligent and has superb analytical and communication skills.

If her performance in our company is a good indication of how she would perform in yours, she would be an extremely positive asset to your program.

If I can be of any further assistance, or provide you with any additional information, please do not hesitate to contact me at the email address.

Yours sincerely,

Joe Smith

Terjemahan:

Dear Mr. Regner,

Sungguh senang berkesempatan merekomendasikan Scarlett Johansson. Saya telah mengenalnya selama tiga tahun dalam kapasitas saya sebagai Asisten Manajer di perusahaan Main St. Scarlett bekerja untuk saya di banyak project sebagai konsultan, dan dari hasil kerjanya, saya menominasikannya sebagai salah satu konsultan terbaik yang kami miliki.

Scarlett membedakan dirinya dengan secara konsisten memberikan laporan yang diriset dan ditulis dengan sangat baik tentang klien kami. Scarlett juga sangat cerdas dan punya kemampuan analisis dan komunikasi yang baik.

Jika kinerja baiknya di perusahaan kami adalah indikasi bagus bagaimana dia akan melakukan hal yang sama di perusahaan Anda, maka dia akan menjadi aset yang begitu positif bagi program Anda.

Jika ada hal lain yang bisa saya bantu, atau informasi tambahan yang diperlukan, jangan sungkan untuk menghubungi saya lewat email.

Salam,

Joe Smith

Reference Letter, Aset Berharga

Dari kedua contoh di atas terlihat bukan bagaimana sebuah surat referensi saja bisa menjadi pertimbangan besar bagi perusahaan. Jika kamu menjadi penerima kerja di perusahaan baru, tentu kalimat demi kalimat jujur dalam surat referensi akan menjadi pertimbangan tersendiri, bukan?

Terlebih jika surat referensi datang dari orang penting dari sebuah perusahaan. Itu artinya, kualitas kamu diakui oleh orang sekaliber beliau. Untuk itu, penting untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja di kantor apapun yang terjadi. Jika ada masalah, segera selesaikan. Siapa tahu suatu hari nanti membutuhkan rekomendasi surat referensi dari orang yang kamu kenal?

 

Contoh “Reference Letter” MENCARI KERJA
Contoh Surat Bahasa Inggris yang Dikirim Sahabat Pena Lewat Pos
Contoh Surat Lamaran Kerja (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris


 
Contoh Penggunaan Excuse Me, Pardon, & Please
Frasa/Kalimat Meminta, Memberi, dan Menolak Opini (Ask, Give, Refuse Opinion)
Arti dan Contoh Ironi (Irony) dalam Bahasa Inggris
Frasa atau Kalimat Certainty/Uncertainty (Yakin/Tidak Yakin)
Percakapan Memberi Nasihat atau Peringatan
Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang
Macam-macam Kata Tanya dalam Bahasa Inggris (8W+1H)
Apa itu Memo? Berikut Contoh Memo Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Do, Be, dan Have
20 Kalimat Sindiran dalam Bahasa Inggris