sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Idiom: Idiom tentang Umur

Artikel ini akan membahas idiom dalam bahasa Inggris yang berkaitan dengan umur. Bisa jadi idiom yang mengandung kata umur di dalamnya, hingga yang perumpamaan yang berhubungan dengan umur. Tahukah Anda bahwa ternyata ada cukup banyak idiom yang berkaitan dengan umur tetapi tidak secara eksplisit menyebutkan kata tersebut di dalamnya? Nah, bila belum tahu, mari simak tulisan di bawah ini.

1. Age out

Terlalu tua untuk dikategorikan atau diklasifikasikan dalam suatu program berdasarkan usia, seperti misalnya dalam hal pendidikan atau perlindungan.

You will age out your parents’ health insurance coverage when you turn 25. So you better get a decent job that will give you one. (Kamu akan melewati batas usia yang dicakup oleh asuransi kesehatan orangtuamu saat kamu berusia 25 tahun. Jadi pastikan kamu memiliki pekerjaan bagus yang akan memberimu asuransi tersebut.)

2. Over the hill

Seseorang yang terlalu tua dan tidak lagi berada di puncak/masa terbaik; telah mencapai usia tertentu di mana mereka tidak lagi berada di “puncak bukit” dan kini berjalan menuruninya.

Dad is 69 now, he’s over the hill.

3. Senior moment

Mengalami lupa, biasanya dialami oleh orang tua sehingga disebut “momen yang dialami oleh senior/orang tua”. Bisa berupa lupa akan apa yang akan diucapkan atau lupa melakukan sesuatu, hanya sebentar dan tidak untuk jangka waktu lama/permanen.

I’m sorry, I’m having a senior moment… what’s the name of the actress in the movie The Silence of the Lambs? (Maaf, saya sedang mengalami senior moment… siapa nama aktris yang ada di film The Silence of the Lambs?)

4. Age of consent

Batas usia legal seseorang, misalnya untuk menikah atau berhubungan seksual.

Some states in the USA have age of consent at 18, the others have at 17. (Beberapa negara bagian di AS memiliki usia legal 18 tahun, lainnya adalah 17 tahun.)

5. Age before beauty

Candaan saat menyuruh seseorang melakukan sesuatu lebih dulu; atau kurang lebih berarti “yang tua mendahului yang cantik”.

Please, go ahead. Take your time. Age before beauty. (Silahkan, maju saja dulu. Pelan-pelan saja. Yang tua lebih dulu.)

6. Live to a ripe old age

Hidup hingga usia yang sangat tua.

My great grandma died when she was 98, my grandpa died when he was 96, and father now is 85. I came from a long line of people who lived to a ripe old age. (Nenek buyut saya meninggal saat ia berusia 98 tahun, kakek saya meninggal saat ia 96 tahun, dan ayah saya kini berusia 85 tahun. Saya berasal dari keluarga yang hidup hingga usia sangat tua.)

7. Coming-of-age

Merujuk/menjelaskan sesuatu, misalnya buku atau film, yang berfokus pada proses pendewasaan karakternya.

I love classic coming-of-age novels such as Great Expectations, Catcher in the Rye, and To Kill a Mockingbird. (Saya menyukai novel-novel klasik tentang beranjak dewasa dewasa Great Expectations, Catcher in the Rye, dan To Kill a Mockingbird.)

8. Silver surfer

Orang tua yang menggunakan internet. Surfer adalah peselancar atau orang yang meramban internet, silver merujuk pada rambut orang tua yang memutih.

I taught my mom how to use the internet on her smartphone and now she’s ready to join the silver surfers (Saya mengajari ibu saya tentang bagaimana cara menggunakan internet di ponsel pintarnya dan kini ia siap untuk bergabung dengan para silver surfers.)

9. Mutton dressed as lamb

Wanita berusia paruh baya yang mencoba terlihat muda dengan berdandan atau mengenakan pakaian yang diperuntukkan orang muda.

Sometimes I’m embarrassed when I go out with my mom. I know she’s still very youthful, energetic, and up to date. But she’s such a mutton dressed as lamb when it comes to styling herself. (Kadang saya malu saat pergi bersama dengan ibu saya. Saya tahu bahwa ia masih sangat nampak muda, bersemangat, dan terdepan. Tapi ia seperti domba yang berdandan layaknya biri-biri bila sudah berkaitan dengan gaya.

10. Rob the cradle

Memiliki hubungan romantis dengan seseorang yang jauh lebih muda dari dirinya. Biasanya merujuk pada lelaki yang jauh lebih tua.

You really rob the cradle by dating a girl in college. You are 47, for God’s sake. (Kau benar-benar merampok buaian dengan mengencani gadis yang masih kuliah. Umurmu 47 tahun, demi Tuhan.)

11. Long in the tooth

Seseorang yang terlalu tua untuk melakukan sesuatu.

Mom just realized she is a bit long in the tooth to drive a car after crashing to a sidewalk for the fourth time. (Ibu baru sadar bahwa ia sudah terlalu tua untuk mengendarai mobil setelah menyerempet trotoar untuk keempat kalinya.)

12. Knee-high to a grasshopper

Merujuk pada seseorang yang masih sangat muda, sehingga diibaratkan seperti anak kecil yang masih setinggi lutut.

The last time I met your kid, she was knee-high to a grasshopper. Look at her now! (Terakhir kali aku bertemu anakmu, dia hanya setinggi lutut. Lihat dia sekarang!)

13. Tender age

Usia muda.

One should take advantage on their ability to absorb many things at a tender age because once you get older, you’ll learn slower (Seseorang harus memanfaatkan kemampuan mereka untuk menyerap banyak hal saat masih muda, karena saat kamu beranjak tua, kamu akan lebih lambat belajar.)

Menarik, bukan, idiom-idiom bahasa Inggris yang berkaitan dengan umur? Kini Anda bisa coba merujuk pada orang-orang tua di sekitar Anda dengan salah satu idiom di atas. Tentunya dengan cara yang sopan, ya.

 

Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Idiom yang Mengandung Nama Buah
English Idiom: Memuji dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Apa Itu Idiom?
Frase untuk Menyatakan Agreement & Disagreement
Idiom atau Ungkapan tentang Uang dalam Bahasa Inggris
Ucapan Selamat Pagi dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Idioms atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Masalah dalam Bahasa Inggris
Ucapan Kelulusan dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
English Idiom: Idiom Tentang Waktu


 
Idioms about Numbers (Idiom dengan Angka)
Frase untuk Mengakui & Menyangkal Fakta (Admitting & Denying a Fact)
Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengatakan Suka dan Tidak Suka (Expressing Like and Dislike)
Cara Lain Menyebut Stupid, Smart dan Crazy dalam Bahasa Inggris
Ucapan Turut Berduka Cita dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Selamat Tidur dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Selamat Juara dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Hari Guru dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Hari Ayah dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Cepat Sembuh dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya