sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Pronoun: Apa itu Demonstrative Pronoun?

Kata Ganti Penunjuk

Kelompok pelajaran bahasa Inggris yang akan kita pelajari dalam artikel ini termasuk dalam pronoun, yakni kata ganti dari noun. Sebagaimana kelompok pelajaran bahasa Inggris lainnya, pronoun juga memiliki kelompoknya tersendiri, dan demonstrative pronoun yang akan kita pelajari dalam artikel ini adalah salah satunya.

Demonstrative pronoun memiliki penjelasannya tersendiri yang membuatnya istimewa. Agar kita lebih mudah mencerna contoh-contoh penerapannya di dalam kalimat, percakapan, atau contoh soal dan pembahasan dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris lainnya, ada baiknya kita menyimak poin penjelasan mengenai demonstrative pronoun di bawah ini.

Penjelasan Mengenai Demonstrative Pronoun

Demonstrative pronoun merupakan pronoun yang menunjuk secara langsung maupun tidak langsung pada orang, hewan, benda, tempat, ide, atau objek noun apapun menurut singular-plural-nya dan jaraknya. Secara kategori jaraknya, demonstrative pronoun terbagi atas jarak dekat dan jarak jauh.

Demonstrative pronoun yang termasuk kategori jarak dekat adalah “this” (singular) dan “these” (plural). Sementara itu, lawan katanya, yakni “that” (singular) dan “those” (plural), termasuk kategori jarak jauh. Perlu diingat pula, “these” dan “those” hanya dapat digunakan untuk countable noun.

Beberapa kata juga dapat menjadi demonstrative pronoun berkategori spesial, seperti “such”, “neither (of)”, dan “none (of)”. Semua itu tergantung konteks kalimatnya, dan kita akan belajar lebih banyak contoh penerapan demonstrative pronoun dalam kalimat pada poin berikutnya dari artikel ini.

Contoh Penerapan Demonstrative Pronoun Dalam Kalimat

Tiga contoh kalimat yang terdapat dalam poin ini melukiskan masing-masing kategori demonstrative pronoun yang terdapat pada poin sebelumnya. Untuk memudahkan identifikasi, kami memberikan tanda bold untuk demonstrative pronoun. Sementara itu, garisbawah digunakan untuk menjelaskan noun yang dipengaruhi demonstrative pronoun.

Jadi, kedua panduan tersebut melengkapi arti bahasa Indonesia dalam tiap contoh kalimat pada poin ini untuk memudahkan pembelajaran learners sekalian. Bersama dengan penjelasan demonstrative pronoun yang ada, learners dapat menjadikan contoh kalimat di bawah ini sebagai acuan dalam belajar demonstrative pronoun:

1. She refuses to believe about this problem (Dia menolak memercayai masalah ini).

Penjelasan: Karena “problem” (masalah) adalah uncountable noun, maka demonstrative pronoun yang digunakan adalah singular, yakni “this”. Adanya “this” sebagai demonstrative pronoun menandakan masalah yang terjadi berjarak waktu tidak jauh dari saat kalimat tersebut dinyatakan.

2. Those pearls are adorable, aren’t they? (Mutiara itu benar-benar menggemaskan, ya?)

Penjelasan: Mengingat “pearls” (mutiara) dalam contoh kalimat ini adalah countable noun, maka boleh menggunakan bentuk plural pada demonstrative pronoun-nya semacam “those”. “Those” sebagai demonstrative pronoun pada contoh kalimat ini menandakan jarak letak mutiaranya yang cukup jauh dari yang mengatakan kalimat ini.

3. Such excuses are never tolerable (Alasan-alasan semacam itu tidak pernah bisa ditoleransi).

Penjelasan: Contoh kalimat ini memperlihatkan penggunaan salah satu demonstrative pronoun yang spesial, yakni “such”. Dalam hal contoh kalimat ini, letak dan jarak “excuses” (alasan-alasan) sebagai noun langsung di depan mata dan diketahui, sekalipun tidak dapat dialami benar-benar oleh indra manusia.

Jadi, jarak yang dimaksud dalam demonstrative pronoun bermacam-macam, bisa merupakan jarak tempat, waktu, letak, dan sebagainya. Dekat-jauh, dirasakan-tidaknya, semua itu tergantung kategorinya, dan ini juga berlaku dalam contoh percakapan yang akan kita pelajari dalam poin selanjutnya.

Contoh Penerapan Demonstrative Pronoun Dalam Percakapan

Seperti yang telah ada dalam artikel-artikel tutorial bahasa Inggris sebelumnya, arti di tiap baris dialog menjadi panduan yang memudahkan learners sekalian untuk memahami isi percakapan. Selain itu, bold pada demonstrative pronoun dan garisbawah pada noun yang berkaitan dengannya digunakan untuk membantu learners dalam membaca penjelasan.

Penjelasan dari pelajaran demonstrative pronoun sendiri tersedia setelah learners meluangkan waktu untuk membaca contoh percakapan berikut ini:

Pia: Aww~! Look at this dress… I think it is soooo pretty!

(Pia: Aww~! Lihat gaun ini… Aku pikir ini saaaangat cantik!)

Millie: Pretty, isn’t it? I think that dress matches with these accessories.

(Millie: Cantik, ya, ‘kan? Aku kira gaun itu cocok dengan aksesoris-aksesoris ini.)

Monique: But, Millie, neither of these will suit her! *shows Millie the different footwear*

(Monique: Tapi, Millie, tidak ada dari yang ini yang cocok dengannya! *menunjukkan pada Millie alas kaki yang berbeda-beda)

Bell: Pia, I think you will flatter Kacung with those outfits!

(Bell: Pia, menurutku, kamu akan mempesona Kacung dengan dandanan itu!)

Pia: *blushes* …Do I? Thanks for the compliment!

(Pia: *pipinya memerah* …Benarkah? Terima kasih pujiannya, ya!)

Meskipun “dress” (gaun) adalah countable noun yang dapat ditafsirkan dengan angka, hanya ada satu “dress” dalam contoh percakapan, sehingga demonstrative pronoun yang digunakan adalah “this” dan “that”.

This” Pia gunakan karena jarak letak gaunnya dekat dengan badannya, sementara “that” digunakan Millie karena saat itu Millie memiliki jarak yang panjang antar dirinya dengan gaun yang dipakai Pia. Sebagai gantinya, Millie menggunakan “these” untuk menunjuk pada countable noun bernama “accessories” (aksesoris), yang kebetulan sedang ia pegang dalam contoh percakapan yang ada.

Untuk menyatakan jarak yang jauh pula, ada baris dialog Bell yang menunjuk “outfits” (dandanan, lagi-lagi countable noun) menggunakan “those”. Hal ini dikarenakan dandanan yang ada berjarak letak yang jauh dari Pia.

Hal yang menarik dari contoh percakapan di atas terletak pada baris dialog persis di tengah-tengah. “Neither (of)” sebagai demonstrative pronoun seolah-olah melekat pada demonstrative pronoun lainnya, yakni “these”. Padahal, bila kita lihat kalimat penuhnya, “these” merujuk pada “footwear” (alas kaki) yang jaraknya dekat dengan Monique, dan ini dinyatakan pada “footwear” yang digarisbawahi.

Jarak letak memang merupakan sentral dari contoh percakapan di poin ini, namun bukan berarti jarak lain-lain, seperti waktu, tempat, dan sebagainya tidak ada, karena semua itu ada dalam poin contoh kalimat sebelumnya. Selanjutnya, kita akan membahas aspek penting lagi dari demonstrative pronoun, yakni contoh soal dan pembahasan dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis.

Contoh Soal dan Pembahasan Demonstrative Pronoun Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Dalam tes-tes yang menguji kecakapan berbahasa Inggris, seperti TOEFL atau tes-tes lain yang serupa, demonstrative pronoun kerap muncul sebagai contoh soal yang mengharuskan kita merampungkan bagian kalimat yang rumpang. Versi lainnya, demonstrative pronoun juga muncul sebagai contoh soal yang meminta kita menandai kalimat sebagai salah atau benar.

Kedua versi tersebut dapat kita lihat cerminannya dalam 2 contoh soal yang terdapat pada poin ini. Bersamaan dengan arti bahasa Indonesia dan bold sebagai tanda jawaban benarnya, kita juga dapat mendalami pembahasan mengenai jawaban benar dari tiap-tiap contoh soal di bawah ini:

1. ___________ tea is ready for brewing.

a. This bag of        b. This bags of       c. These bag of       d. These bags of

(1. ______ teh ____ siap untuk proses penyeduhan.

a. Kantong, ini        b. Kantong-kantong, ini       c. Kantong, ini semua       d. Kantong-kantong, ini semua)

Catatan: Ingat pelajaran lalu, “tea” adalah uncountable noun, dan uncountable noun tidak dapat dipasangkan dengan demonstrative pronoun berbentuk plural seperti “these”. Karenanya, pilihan c dan d pasti salah. Pilihan b juga salah, meski demonstrative pronoun-nya benar, karena “bags” yang berbentuk plural tidak cocok dipasangkan dengan “this”. Jadi, pilihan jawaban yang benar adalah pilihan a. This bag of.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

They have many haters and they forgive none. Answer: F

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Mereka memiliki banyak pembenci dan mereka tidak mengampuni. Jawaban: S)

Catatan:None” sebagai demonstrative pronoun yang terdapat pada kalimat ini hanya benar bila ada kelanjutannya, yakni “of them” (dari mereka atau darinya). Dalam hal ini, seharusnya objek noun-nya adalah “them” (mereka). Namun, karena kalimat soal ini tidak ada kelanjutan “of them”-nya, jadilah jawabannya “F” atau “False”.

Itulah serba-serbi demonstrative pronoun yang dapat kita pelajari. Kami akan terus hadir dengan artikel tutorial bahasa Inggris yang dijamin membuat learners sekalian makin pintar berbahasa Inggris. Maka, terus ikuti dan baca artikel dari kami hingga ke depannya, supaya learners makin menguasai berbagai materi bahasa Inggris.

Pronoun

Artikel Lainnya

Grammar-Pronoun: Apa itu Demonstrative Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Relative Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Reflexive Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Reciprocal Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Possessive Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Personal Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Interrogative Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Indefinite Pronoun?
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Grammar-Pronoun: Demonstrative Pronoun vs Indefinite Pronoun

 

Grammar-Clauses: Apa itu Adverb Clause?
Grammar: Apa itu Object?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Phrases: Apa itu Verb Phrase?
Grammar: Apa itu Misplaced Modifiers?
Daftar Pronoun dan Contoh Kalimatnya
Grammar-Comparison Adverb: Comparative vs Superlative
Verb: Apa itu Main Verb + Auxiliary Verb?
Grammar-Adverb: Apa itu Time Adverb?
Verb Mood: Indicative, Imperative, Subjunctive, dan Infinitive


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive