sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Pronoun: Relative Pronoun

Kata Ganti Penghubung

Pelajaran pronoun dalam artikel tutorial bahasa Inggris kali ini adalah kelompok pronoun terakhir yang kita pelajari dalam 10 rangkaian seri artikel ini. Dalam artikel tutorial bahasa Inggris ini, kelompok relative pronoun-lah yang akan kita pelajari.

Seperti biasa, kita akan melihat penjelasan mengenai relative pronoun terlebih dahulu yang terdapat dalam poin setelah ini, sebelum bergerak pada contoh-contoh penerapan relative pronoun dalam kalimat, percakapan, dan contoh soal maupun pembahasannya dalam tes TOEFL atau tes-tes serupa yang menguji kecakapan berbahasa Inggris.

Penjelasan Mengenai Relative Pronoun

Secara harafiah, relative pronoun adalah kata ganti (pronoun) penghubung antar orang, benda, atau hewan dengan karakteristik tertentu. Untuk kategorinya sendiri, relative pronoun terbagi menjadi 3 kelompok, yakni “that”, “who/whom/whose”, dan “which”.

Relative pronoun that” dapat digunakan untuk menghubungkan antar orang, benda, atau hewan. Sementara itu, relative pronoun who/whom/whose” pasti untuk orang, dan “whom” digunakan untuk gaya yang lebih formal, sementara “whose” digunakan sebagai bentuk possessive. Berlawanan dengan “who/whom/whose”, “which” sebagai relative pronoun digunakan untuk menghubungkan benda atau hewan saja.

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan relative pronoun dapat kita temui dalam kalimat atau percakapan. Untuk poin selanjutnya dari artikel ini, kita akan melihat penggunaan atau penerapannya dalam contoh kalimat terlebih dahulu.

Contoh Penerapan Relative Pronoun Dalam Kalimat

Untuk masing-masing 3 kelompok contoh relative pronoun, kami telah menyediakan masing-masing 1 contoh kalimat, sehingga jumlah keseluruhan contoh kalimat acuan adalah 3. Contoh kalimat acuan untuk pelajaran relative pronoun ini juga dilengkapi dengan arti bahasa Indonesianya dan tanda-tanda semacam bold untuk relative pronoun dan garisbawah untuk hal yang dihubungkan oleh relative pronoun.

Di akhir tiap contoh kalimat di bawah ini pula, kita akan menyimak penjelasan lebih lanjut mengenai relative pronoun sekaligus komponen-komponennya yang terkait:

1. He loves women that can talk back (Dia menyukai wanita yang pandai berbicara).

Penjelasan:That” sebagai relative pronoun di sini menghubungkan orang (berupa “women”) dengan karakteristik orang yang diharapkan, yakni “can talk back” (pandai berbicara).

2. The man whose pendant’s shape is heart is her older brother (Pria yang liontin kalungnya berbentuk hati adalah kakak laki-lakinya).

Penjelasan: Dalam contoh kalimat ini, “whose” sebagai relative pronoun yang serumpun dengan “who” atau “whom” menjelaskan dalam bentuk possessive, yakni yang pertama adalah siapa orangnya (“the man” atau pria (itu)), dan yang kedua adalah apa yang ia miliki, yang merupakan karakteristik yang dimaksud (yakni “pendant’s shape” atau bentuk liontin kalung).

3. The phone’s replica which was made from aluminum was broken (Replika telepon yang terbuat dari aluminium telah rusak).

Penjelasan:Which” sebagai relative pronoun dalam contoh kalimat ini menghubungkan antar benda (“the phone’s replica” atau replika telepon) dengan karakteristiknya, yakni “was made from aluminum” (terbuat dari aluminium).

Fungsi relative pronoun sebagai penghubung orang, benda, atau hewan dengan karakteristiknya tersebut juga berlaku dalam percakapan, yang akan kita lihat contohnya dalam poin selanjutnya dari artikel ini.

Contoh Penerapan Relative Pronoun Dalam Percakapan

Contoh percakapan yang akan kita pelajari dalam poin ini menggunakan panduan yang hampir sama dengan contoh kalimat pada poin sebelumnya, yang terdiri atas arti bahasa Indonesia dalam tiap baris percakapan, bold pada relative pronoun, dan garisbawah untuk hal yang dihubungkan dengan relative pronoun.

Ada juga penjelasan mengenai pelajaran relative pronoun yang akan makin memperkaya pengetahuan kita. Namun, ada baiknya kita membaca hingga habis contoh percakapan di bawah ini sebelum dapat menyimak mengenai penjelasan pelajarannya:

Rina: We seek a companion that is able to stay with us over the next 3 weeks. Who wants to volunteer?

(Rina: Kami mencari teman yang sanggup tinggal bersama kami selama 3 minggu ke depan. Siapa yang mau?)

Bell: Rina, what about the woman who wore vintage clothes at department store last few days? Can we choose them?

(Bell: Rina, bagaimana dengan perempuan yang memakai baju kuno di pusat perbelanjaan beberapa hari lalu? Dapatkah kami memilihnya?)

Rina: The woman whom owe my sister’s money? No, thanks!

(Rina: Perempuan yang berhutang uang pada kakak perempuanku? Tidak, terima kasih!)

Millie: I, too, witness her by my own self. I tell you, Bell, she owns a pet which furs not groomed!

(Millie: Aku juga melihatnya sendiri. Aku beritahu kamu, Bell, dia punya peliharaan yang bulunya tidak terawat!)

Bell: That’s a bad news to hear. I think I’ll accompany you instead, Rina!

(Bell: Itu kabar yang buruk untuk didengar. Sepertinya aku saja yang menemani kamu, Rina!)

Baris percakapan pertama memperlihatkan “that”, relative pronoun yang menghubungkan “a companion” (sebutan alternatif untuk teman, bisa manusia, bisa juga bukan manusia) dan karakteristik “is able to stay with us” (sanggup tinggal bersama kami). Meskipun dalam konteks contoh percakapan, “a companion” adalah manusia, kenyataannya bila kalimat ini berdiri sendiri, pengertian “companion” itu fleksibel, sehingga relative pronoun yang digunakan adalah “that”.

Dalam dua baris percakapan selanjutnya, kita melihat penggunaan relative pronoun who” dan “whom”, yang keduanya pasti merujuk pada orang. Benar juga, karena “the woman” (perempuan) yang dimaksud Bell dan Rina adalah perempuan, dan karakteristik perempuan yang dihubungkan dengan relative pronoun tersebut masing-masing adalah “wore vintage clothes” (memakai baju kuno) dan “owe my sister’s money” (berhutang uang pada kakak perempuanku).

Di sisi lainnya, “which” merupakan relative pronoun yang menghubungkan hal selain manusia. Kita dapat melihat ini pada baris percakapan Millie menjelang akhir. Dalam hal contoh percakapan poin ini, “which” menghubungkan hewan (yakni “a pet” atau hewan peliharaan) dan karakteristiknya (yakni “furs not groomed” atau bulu(nya) tidak terawat).

Contoh Soal dan Pembahasan Relative Pronoun Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Ketika menghadapi tes TOEFL atau sejenisnya yang sama-sama mengukur kemampuan berbahasa Inggris, biasanya relative pronoun muncul sebagai soal yang mengharuskan kita merampungkan bagian kalimat yang rumpang. Alternatifnya, relative pronoun juga muncul sebagai soal yang meminta kita menentukan benar-salahnya sebuah kalimat dalam soal.

Wujud dari kemunculan relative pronoun pada tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis itu dapat kita lihat pada 2 contoh soal di bawah ini, beserta artinya dalam bahasa Indonesia. Selain itu, kita juga dapat belajar lewat tanda bold yang berarti jawaban yang benar dan pembahasan jawaban benar dari kedua contoh soal di bawah ini:

1. I’d like a roommate _______ prefers to stay at home.

a. which       b. whom        c. who       d. whose

(1. Aku ingin teman sekamar ________ memilih untuk tinggal dalam rumah.

a. yang mana       b. barangsiapa        c. yang        d. milik siapa)

Catatan: Hati-hati, jangan sampai terkecoh dengan “room” (kamar) yang menjadi salah satu elemen “roommate” (teman sekamar). Mengingat arti teman sekamar pasti orang, jadi pilihan a. which pasti salah.

Kemudian, bila kita perhatikan konteks klausa mulai dari “prefers”, maka kita akan melihat itu bukan kata yang menandakan kepemilikan atau berpotensi untuk dibuat bentuk possessive, sehingga relative pronoun whose” pada pilihan d salah. Pilihan b juga salah, karena “whom” tidak biasanya melekat pada bentuk preference seperti “prefers”. Jadi, pilihan jawaban yang benar adalah c. who.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

A person that has just left our apartment is one of my best friends. Answer: T

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Seseorang yang baru saja meninggalkan apartemen kami adalah salah satu teman baikku. Jawaban: B)

Catatan: Ingat-ingat, “that” merupakan relative pronoun yang fleksibel untuk orang, benda, atau hewan. Jadi, “that” tidak seperti “which” yang hanya berlaku untuk hewan atau benda saja. Karena ada “a person” sebelum “that” yang dihubungkan dengan karakteristik “has just left our apartment” (baru saja meninggalkan apartemen kami), maka jawaban untuk contoh soal kalimat ini adalah “T” atau “True”.

Setelah mengenal berbagai macam kelompok pronoun yang berbeda-beda, termasuk relative pronoun dalam artikel ini, kita akan mempelajari topik bahasa Inggris yang tidak asing bagi kita—Ya, kita akan membahas berbagai macam quantifier dalam skala yang lebih besar!

Nah, seperti apa, ya, kira-kira, ekspansi dari pelajaran quantifier itu? Simak dan baca saja, yuk, artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya dari kami untuk mengetahui pengembangan atau ekspansinya!

Artikel Lainnya

Grammar-Pronoun: Demonstrative Pronoun
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun
Grammar-Pronoun: Reflexive Pronoun
Grammar-Pronoun: Reciprocal Pronoun
Grammar-Pronoun: Possessive Pronoun
Grammar-Pronoun: Personal Pronoun
Grammar-Pronoun: Interrogative Pronoun
Grammar-Pronoun: Indefinite Pronoun
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Grammar-Pronoun: Demonstrative Pronoun vs Indefinite Pronoun

 

Grammar-Conjunction: Correlative Conjunction
Grammar-Noun: Compound vs Collective Noun
Grammar-Noun: Concrete Noun
Grammar-Verb: Gerund
Grammar-Verb: Active vs Passive Voice
Sentence: Positive Sentence (Kalimat Positif)
Grammar Tenses: Simple Past Tense
Sentences: Imperative Sentence (Kalimat Perintah)
Grammar-Adverb: Place Adverb
Verb: Present Participle


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Sentences: Run-On Sentence
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Apa itu Sentence Modifier?
Aturan Menggabung Kalimat Bahasa Inggris
Clauses: Adjective Clause
Sentence Structure: Complex Sentence
Phrases: Noun Phrase
Phrases: Verb Phrase
Verb: Main Verb+Auxiliary Verb
Grammar-Verb: Modal Verb