sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan “Respect” vs “Appreciate “

Ketika belajar Bahasa Inggris maka kita akan sering menemui banyak hal atau banyak kata yang memiliki makna atau arti yang hampir sama. Seringkali kita sering salah menggunakannya atau bingung harus menggunakan kata yang mana karena secara harfiah memiliki arti yang sama.

Salah satu jenis kata yang seringkali membuat anda bingung adalah respect dan appreciate. Kedua kata ini merupakan kata kerja yang bisa kita gunakan sehari-hari, dalam bahasa Indonesia respect memiliki arti menghargai dan untuk appreciate memiliki arti menghormati. Supaya anda tidak bingung lagi ketika menggunakan respect atau appreciate, maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Penggunaan Respect

Tentu saja anda sudah sering mendengar kata dalam Bahasa Inggris yang ini bukan? Di dalam Bahasa Indonesia sendiri, respect memiliki arti atau makna sebagai menghormati atau menghargai.

Di dalam Bahasa Inggris, penggunaan appreciate digunakan sebagai verbs maka appreciate lebih cocok diartikan sebagai grateful or thankful atau bersyukur atau berterimakasih, dan respect untuk hormat tau menghormati. Sedangkan sebagai noun atau kata benda, respect lebih ditujukan untuk menggambarkan sikap pertimbangan yang tinggi.

Contoh penggunaan respect sebagai noun

Yang pertama kami akan mengajak anda untuk mengetahui beberapa contoh kalimat penggunaan respect sebagai noun atau kata benda. Seperti yang sudah kami bahas secara singkat di atas tadi bahwa ketika digunakan sebagai noun, maka respect ditujukan untuk menunjukkan sikap pertimbangan yang tinggi. Berikut adalah beberapa contoh menggunakan respect sebagai noun.

  • She is an intellectual girl, and I have great respect for her (Dia adalah gadis yang memiliki intelektual, aku sangat menghormatinya)
  • This month’s model is superior to last month’s in several respects (Model bulan ini lebih unggul dibandingkan dari bulan lalu dalam beberapa hal)
  • He said that he don’t need your respect anymore (Dia berkata bahwa dia tidak membutuhkan hormatmu lagi)
  • Will you give her your respect? (Maukah kamu memberikannya rasa hormatmu?)
  • This is my respect for your brother (Ini adalah rasa hormatku kepada kakakmu)

*Usage notes: Biasanya kata sifat yang sering digunakan untuk respect adalah great (hebat), absolute (absolut), utmost (maksimal), high (tinggi)

Contoh penggunaan respect sebagai verb

Jika tadi kita sudah melihat bagaimana penggunaan respect sebagai noun, maka kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui respect sebagai verb atau kata kerja. Sebagai verb sendiri respect biasanya menunjukkan hormat atau untuk menghormati seseorang.

Supaya anda lebih mudah memahami bagaimana penggunaan respect sebagai verbs, maka simak contohnya di bawah ini.

  • He is an intellectual boy, and I respect him greatly (Dia adalah anak laki-laki yang intelektual, dan saya menghormatinya dengan baik)
  • Even though she is learned, I can’t respect her (Sekalipun ia mendapatkan beasiswa, aku tidak bisa menghormati dirinya)
  • At the same time, we respect individual privacy (Pada waktu yang sama, kami menghargai privasi individu)
  • The oldest of whom, Renika was a respected member of the teacher (Kakak tertua mereka, Renika merupakan orang yang disegani di kalangan guru)
  • We will respect your order (Kami akan mematuhi perintah anda)

Sinonim dan Antonim Respect

Kami juga tak lupa akan memberikan informasi kepada anda mengenai sinonim atau persamaan kata dan antonim atau pertidaksamaan kata dari respect. Untuk sinonim atau persamaan kata dari respect dalam Bahasa Inggris sendiri adalah deference (hormat), regard (hormat), esteem (menghargai), admiration (kekaguman), recognition (pemujaan). Sedangkan untuk antonim dari respect adalah disrespect (tidak menghormati / tidak menghargai)

Penggunaan Appreciate

Sekarang waktunya kami mengajak anda untuk membahas informasi mengenai bagaimana penggunaan dari appreciate, karena masih banyak orang yang bingung menggunakan respect atau appreciate.

Dalam penggunaan appreciate sendiri biasanya akan diikuti gerund yang merujuk ke subjek suatu klause namun juga diikuti oleh kata sifat yang menunjukkan kepemilikan atau possesive adjective + gerund saat gerund itu tidak merujuk ke subjek.

Selain itu appreciate juga bisa diikuti dengan kata benda. Supaya anda lebih memahami bagaimana penggunaan dari appreciate, maka simaklah beberapa contoh kalimat di bawah ini.

  • We appreciate chocolate milkshake (Kami menghargai milkshake coklat)
  • We appreciate eating fried rice (Kami menghargai karena bisa makan nasi goreng)
  • I appreciate having time off (Saya menghargai waktu istirahat)
  • I appreciate Nanda and your efforts (Saya menghargai Nanda dan usaha anda)
  • You must learn to appreciate other people (Anda harus belajar menghargai orang lain)

Sinonim dan Antonim Appreciate

Supaya anda lebih memahami bagaimana penggunaan appreciate, maka kami juga akan memberikan informasi kepada anda mengenai sinonim dan antonimnya. Sinonim atau persamaan kata dari appreciate di dalam Bahasa Inggris adalah estimate (perkiraan), esteem (hargai), dan understand (mengerti). Sedangkan untuk antonim atau lawan katanya adalah depreciate (tidak menghargai). Anda bisa menggunakan persamaan jika ingin menggunakan kata selain appreciate di dalam sebuah kalimat.

Itulah beberapa jenis informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai apa perbedaan dari respect vs appreciate. Keduanya memang memiliki makna yang hampir sama, namun bisa digunakan untuk konteks yang berbeda. Kami juga sudah memberikan beberapa contoh kalimat dari dua jenis kata itu sehingga anda bisa lebih memahaminya lagi. Kunci supaya anda lebih memahami perbedaannya adalah tentu saja dengan rutin berlatih. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan membantu anda semua!

 

Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Perbedaan Assure vs Ensure
Perbedaan Convince vs Persuade
Perbedaan ‘To’ vs ‘For ‘
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Perbedaan Listen vs Hear
Perbedaan Miss vs Lose
Perbedaan Become & Became
Perbedaan Too vs Enough
Perbedaan Bahasa Inggris Kuno vs Bahasa Inggris Modern