sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pidato Bahasa Inggris Singkat: Pemilihan Ketua OSIS SMK

Pemilihan ketua OSIS biasanya membutuhkan adanya pidato yang dilakukan oleh masing-masing calon, sama halnya dengan ketua OSIS SMK. Maka tidak heran jika sekarang pidato bahkan dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. Untuk membantu, berikut ini adalah contoh pidato untuk pemilihan ketua OSIS SMK yang dilakukan dalam bahasa Inggris.

Berikut adalah contoh pidato dalam bahasa Inggris yang dilakukan saat pemilihan ketua OSIS SMK. Semoga contoh pidato tersebut dapat membantu Anda dalam mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari.

English

Good morning, everyone. My name is Fadli Rahmat, I am from class 2-B. I am sure that many of you have already known that I am running to become the head of OSIS in our school. The voting for the head of OSIS would start next week, and today, during campaign season, I would like to ask you to spend a little bit of time listening to what I have to say. Today, I would like to give a little bit of speech about leadership and educational institution.

Starting my second year here, I start to see some things that I weren’t able to see before, especially about some flaws that this school and the student organization have. From the start, we have been teached to follow the rules, follow what the teachers said, and to follow the tradition. All of these continues to teach us to be submissive and it held us back from being able to develop a critical thinking.

We have been held back from questioning anything, something, everything. It is as if we have to be spoon fed by the teachers, by the institution itself without being able to open our mouths. This is not a great sign for our generation nor for our future. If we want to be better, then we should be able to speak our minds, we should be able to question everything. And this is what a great leader should support.

Being a leader does not mean that you have to force your subordinates to do things for you, it is the other way around. Being a leader means that you have to listen to your subordinates, it  means that you have to serve others and not the other way around. A great leader should support their subordinates to think critically and to question everything. A great leader should be the operator of youth movement especially in schools to fight against the tyranny of tradition and illogical rules.

That is why, if I were to be chosen as your leader, I will do all of that and more. I won’t be a silent reader who cowers under the rules of the institution. I will be the leader who brings your voice to the front and fight for our rights. I will be the leader who serves you, not the other way around. Thank you so much for your attention. I hope that we would get the best leader for the next whole year.

Indonesia

Selamat pagi, semuanya. Nama saya Fadli Rahmat, saya dari kelas 2-B. Saya yakin bahwa banyak dari kalian sudah tahu bahwa saya akan mencalonkan diri sebagai ketua OSIS di sekolah kita. Pemilihan untuk ketua OSIS baru akan dimulai minggu depan, dan hari ini, pada masa kampanye, saya ingin meminta Anda untuk memberikan sedikit waktu mendengarkan apa yang ingin saya katakan. Hari ini, saya ingin memberikan pidato kecil mengenai kepemimpinan dan institusi pendidikan.

Saat memulai tahun kedua saya di sini, saya mulai melihat beberapa hal yang tidak dapat saya lihat sebelumnya, terutama mengenai kecacatan yang dimiliki oleh sekolah dan organisasi murid di sini. Sejak awal, kita telah diajarkan untuk mengikuti peraturan, mengikuti apa kata guru, dan mengikuti tradisi. Semua hal tersebut terus mengajarkan kita untuk menjadi submisif dan hal tersebut menahan kita dari dapat mengembangkan pemikiran kritis.

Kita telah ditahan untuk tidak menanyakan apapun, sesuatu, segalanya. Ini sama seperti kita harus disuapi oleh para guru, oleh institusi itu sendiri tanpa dapat membuka mulut kita. Ini bukanlah tanda yang bagus untuk generasi kita, juga tidak bagus untuk masa depan kita. Jika kita ingin menjadi lebih baik, maka kita harus dapat mengutarakan pendapat kita, kita seharusnya dapat mempertanyakan segalanya. Dan inilah yang seharusnya didukung oleh pemimpin yang baik.

Menjadi seorang pemimpin bukan berarti bahwa Anda harus memaksakan bawahan Anda untuk melakukan hal-hal untuk Anda, justru sebaliknya. Menjadi pemimpin berarti Anda harus mendengarkan bawahan Anda, ini artinya Anda harus melayani yang lainnya dan bukan sebaliknya. Seorang pemimpin yang baik seharusnya mendukung bawahannya untuk berpikir secara kritis dan mempertanyakan segalanya. Seorang pemimpin yang baik seharusnya menjadi operator pergerakan muda terutama di sekolah untuk melawan tirani tradisi dan peraturan yang tidak logis.

Itulah kenapa, jika saya terpilih sebagai pemimpin Anda, saya akan melakukan segala hal itu dan lebih lagi. Saya tidak akan menjadi pembaca yang diam yang tunduk di bawah peraturan institusi. Saya akan menjadi pemimpin yang mengedepankan suara Anda dan berjuang untuk hak kita. Saya akan menjadi pemimpin yang melayani Anda, bukan sebaliknya. Terima kasih banyak atas perhatian Anda. Saya harap kita akan mendapatkan pemimpin terbaik selama satu tahun ke depan.

 

Figure of Speech: Simile
Figure of Speech: Apa itu Metaphor?
Pidato Singkat dalam Rangka Tahun Baru
Pidato Bahasa Inggris: Ulang Tahun Sekolah (School Anniversary)
Pidato Bahasa Inggris: Pemanasan Global (Global Warming)
Penggunaan Direct dan Indirect Speech Bahasa Inggris
Pidato Bahasa Inggris: Jangan Buang Sampah Sembarangan
Pidato Bahasa Inggris Singkat: Pemilihan Ketua OSIS SMK
Contoh Pidato Perayaan Imlek dalam Bahasa Inggris
Pidato Bahasa Inggris: Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency)