sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Pidato Mengenai Transportasi Online

Kita semua pasti sudah mengetahui apa makna dari sebuah pidato. Jika belum mengetahuinya, secara garis besar, pidato adalah suatu aktivitas di mana satu orang menyampaikan atau membacakan ide dan gagasannya di hadapan orang banyak dengan mengangkat satu tema atau topik tertentu.

Umumnya, sebuah pidato disampaikan di beberapa kesempatan: penyambutan suatu acara, hari besar keagamaan, lomba pidato yang diadakan di sekolah atau universitas, orasi, dan berbagai kesempatan lainnya. Metode penyampaian pidato pun ada beberapa macam, seperti menyiapkan teks terlebih dahulu atau dengan spontan sesuai dengan pengetahuan kita.

Sebuah pidato yang sistematis akan memiliki urutan atau susunan seperti berikut:

  • Pembukaan yang didahului oleh salam pembuka.
  • Biasanya pada bagian pendahuluan akan disampaikan sedikit gambaran mengenai isi pidato yang mengikuti tema yang telah ditentukan.
  • Materi atau isi dari pidato itu sendiri, yang memuat ide atau gagasan dari topik yang diberikan.
  • Penutup pidato. Bagian ini berisi harapan dan pesan berdasarkan topik. Pada bagian ini pula salam penutup dihaturkan.

Ada banyak topik atau materi yang dapat dijadikan bahan untuk kita berpidato. Topik-topik tersebut berfungsi menjadi acuan dalam pembuatan pidato kita, dan untuk menghindari kerancuan (out of topic) dalam pidato. Hal ini terutama sekali dilakukan ketika mengadakan lomba pidato. Seorang pembawa pidato sangat diharapkan untuk menguasai materi dalam pidatonya agar penyampaian pidato dapat dilakukan dengan baik dan lancar.

Salah satu topik atau materi yang seringkali dimunculkan dalam sebuah pidato, naik itu perlombaan maupun suatu acara, adalah mengenai transportasi. Biasanya, topik ini hadir dalam lomba pidato yang diselenggarakan baik di pidato sekolah atau universitas. Pidato dengan tema transportasi seringkali disajikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Kali ini, artikel kita akan merangkum contoh pidato dalam Bahasa Inggris yang berkaitan dengan tema transportasi. Terjemahan pidato dalam Bahasa Indonesia juga akan dihadirkan untuk mempermudah proses belajar kita semua.

Mari kita simak contoh di bawah ini.

Transportasi dari Masa ke Masa (Transportation through the Ages)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. I bid good morning and may God’s blessing is always with all of us.

First thing first, let us send the gratitude to the Almighty God, for His love and blessings that make us gather here today, to be an important part of the English Speech Competition between senior high schools in Majalengka district, West Java, in health and also in a happy condition.

Thank you for this kind opportunity that is given to me. My name is Aliyah Sunusi and I am one of the participants of today’s speech contest as a representative from SMA PGRI 1 Majalengka. The topic for my speech is about transportation and the transformation through the days and ages.

Transportation, as we all know, is an activity or process where we deliver people and things from one place to another. Generally, this process of moving or delivery involve the people or things we want to move or deliver, the vehicled used in this process, and the access of road.

Why do we need transportation?

Transportation itself has several functions which why we need it: (1) to make people’s daily activities become easier, (2) as a tool to support the moving of people and goods needed in daily routine, (3) as a medium to enhance the growth and development in cities and villages, (4) a supporting tool for financial growth through the service of transportation.

To all ladies and gentlemen,

There are 3 common types of transportation: land or ground, air, and water or ocean transportations. From the very beginning, we use animals, such as horses and cows, to support the carts and wagons we use to move people or things. This process of moving using carts or wagons and animals is what we know as a traditional transportation. As for the ocean transportation, our ancestors already knew how to sail row boats or rafts. For the air transportation, people in those days use hot-air ballons, but it is limited to certain level of people.

From using carts or wagons and the support of animals, and sailing row boats and also rafts, transportation started to flourish by the presence of bicycles, steam ships, cars, motorcycles. Air transportation started to flourish,as well, with the presence of airplanes, helicopters, and space crafts.

Dear kind audience,

With the rapid development of technology, especially in urban and metropolitan cities, transportation also develop really fast. In early phase of transportation, it takes a really, really long time for us mankind to reach destined location. It also consumes a lot of energy. As for now, transportation has also become more sophisticated and the travel take less time and less energy.

From this factor, online transportation is born. In Indonesia, we already acknowledge a form of black-plated taxis, such as Uber and GrabCar, as parts of today’s online trasportation. We also know other types of online transportation: GoJek and GrabBike. By using the power of internet connection, online transportation quickly become the trend and we all love using all the service they have to offer, especially the less-time consume service.

Online transportation does not offer the service to pick someone up to their specific location only. Nowadays, online transportation companies also offer the service to deliver things for their customers, such as: goods and foods. All we need to do is download their application on our phone, request the type of order we want until our goods or food are ready to be delivered, while we are waiting for the person who will deliver our stuff.

Dear happy audience,

I hope with the presence of online transportation, our daily routine or activity becomes more and more convenient. And, always remember that technology will always develop and sometimes it gets faster than we thought, and so does with all the form of transprtation.

 I think this is all the material I can say in my speech for today. I thank each and every one of you for paying attention to my speech. You give me courage. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Terjemahan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya ucapkan selamat pagi dan semoga berkat Tuhan menyertai kita semua.

Pertama-tama, mari kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Kuasa, atas cinta dan kasih-Nya yang membuat kita berkumpul di tempat ini hari ini, untuk menjadi bagian yang penting dari Kompetisi Pidato Bahasa Inggris antar SMA se-kabupaten Majalengka, Jawa Barat, dalam kondisi yang sehat dan gembira.

Terimakasih atas kesempatannya yang telah diberikan kepada saya. Nama saya Aliyah Sunusi dan saya adalah salah satu peserta kompetisi pidato hari ini sebagai perwakilan dari SMA PGRI 1 Majalengka. Topik dari pidato saya adalah mengenai transportasi dan transformasinya dari hari ke hari dan dari masa ke masa.

Transportasi, seperti yang kita semua ketahui, adalah sebuah kegiatan atau proses dimana kita mengantarkan orang-orang atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Umumnya, proses perpindahan atau pengantaran ini melibatkan orang atau barang yang ingin kita pindahkan atau antarkan, kendaraan yang digunakan dalam proses ini, dan akses jalan.

Mengapa kita memerlukan transportasi?

Transportasi sendiri memiliki beberapa fungsi yang menjadi penyebab kita membutuhkannya: (1) untuk membuat kegiatan sehari-hari orang-orang menjadi lebih mudah, (2) sebagai alat pendukung perpindahan penduduk dan barang-barang yang dibutuhkan dalam kegiatan rutin, (3) sebagai media meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan di kota-kota dan desa-desa, (4) sebagai alat pendukung pertumbuhan finansial melalui layanan transportasi.

Ada 3 tipe umum transportasi: transportasi darat, udara, dan laut. Sedari awal, kita menggunakan tenaga hewan, seperti kuda dan sapi, untuk menyokong gerobak dan kereta yang kita gunakan untuk mengantarkan orang-orang atau barang-barang. Proses perpindahan menggunakan gerobak atau kereta dengan hewan adalah apa yang kita kenal sebagai transportasi tradisional. Untuk transportasi laut sendiri, nenek moyang kita sudah mengetahui bagaimana melayarkan perahu dayung atau rakit. Untuk transportasi udara, orang-orang zaman dahulu menggunakan balon udara, tetapi transportasi ini terbatas untuk kalangan tertentu saja.

Dari menggunakan gerobak atau kereta dan dukungan dari hewan-hewan, dan melayarkan perahu dan juga rakit, transportasi mulai berkembang dengan hadirnya sepeda, kapal uap, mobil, dan sepeda motor. Transportasi udara juga mulai berkembang, dengan hadirnya pesawat terbang, helikopter, dan pesawat ruang angkasa.

Hadirin sekalian yang baik,

Dengan perkembangan teknologi yang cepat, terutama di kota-kota besar dan metropolitan, transportasi juga berkembang dengan sangat pesat. Pada masa awal transportasi, waktu yang dibutuhkan kita umat manusia untuk mencapai lokasi yang dituju sangatlah lama. Energi yang dihabiskan pun tidak sedikit. Sekarang, transportasi juga telah menjelma menjadi lebih canggih dan perjalanan memakan waktu dan energi yang lebih sedikit.

Dari faktor inilah, transportasi daring lahir. Di Indonesia, kita telah mengenal taksi-taksi berplat kendaraan hitam, seperti Uber dan GrabCar, sebagai bagian dari transportasi daring masa kini. Kita juga mengenal bentuk transportasi daring lainnya: GoJek dan GrabBike. Dengan menggunakan kekuatan koneksi internet, transportasi daring dengan cepat menjadi tren dan kita semua menyukai layanan yang mereka tawarkan, terutama layanan mereka yang menghemat waktu kita.

Transportasi daring tidak hanya menawarkan layanan mengantarkan seseorang ke tempat tujuan mereka sekarang. Sekarang ini, perusahaan-perusahaan transportasi daring juga menawarkan jasa pengantaran kepada pelanggan mereka, seperti: barang-barang dan makanan. Yang harus kita lakukan adalah mengunggah aplikasi mereka ke telepon seluler kita, memesan jenis pesanan yang kita inginkan hingga barang atau makanan kita siap diantarkan, sementara kita menunggu orang yang akan mengantarkan pesanan kita.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Saya harap dengan hadirnya transportasi online ini, kegiatan atau aktivitas harian kita akan semakin dan semakin nyaman. Dan, selalu ingat bahwa teknologi akan selalu berkembang dan terkadang memakan waktu yang lebih cepat dari yang kita kira, dan begitu juga dengan semua model transportasi.

Saya rasa inilah yang dapat saya sampaikan dalam pidato saya pada hari ini. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada Anda sekalian yang telah memberi perhatian pada pidato saya. Anda semua memberikan saya keberanian. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian contoh pidato dalam Bahasa Inggris mengenai transportasi daring (online transportation) yang dapat dihadirkan. Semoga dapat membantu teman-teman semua, baik yang sedang belajar Bahasa Inggris ataupun yang tengah mencari ide atau gagasan tentang pidato apa yang akan dibawakan. Semoga sukses dan tetap semangat belajar!

 

Contoh Kalimat Advice & Suggestion
Contoh Dialog dengan Kata “Excuse Me”
Contoh Pidato Mengenai Transportasi Online
Contoh Presentasi Bahasa Inggris tentang Produk
Contoh Interview Kerja di Kapal dalam Bahasa Inggris
Contoh Dialog tentang Reservation (Pemesanan) dalam Bahasa Inggris
English Vocabulary: Transportation (Transportasi)
Contoh Presentasi Bahasa Inggris tentang Makanan
Pidato Bahaya dan Pembatasan Plastik
Pidato Bahasa Inggris: Jangan Buang Sampah Sembarangan