sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar: Apa itu Preposition?

Preposisi

Ketika kita berbicara mengenai preposition, akan begitu banyak bahasan dan ingatan yang menyerbu kepala kita. Hal ini normal dikarenakan begitu banyak dan kompleks bahasan ini bahkan di tengah-tengah orang yang memiliki bahasa inggris sebagai bahasa ibu.

Karena inilah, hal ini masih sangat gencar diajarkan di sekolah sekolah di negara negara tersebut. Terdapat begitu banyak

Secara singkat, preposition berarti kata yang menghubungkan antara noun dan pronoun.

Untuk memudahkan pengertiannya dengan lebih baik, contoh-contoh umum dari preposition yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari adalah seperti in, of, to, by, for, with, under, above, into, upon, behind, beside, before, after, towards, inside, outside, below, dan lain-lain.

Apabila dibahas secara rinci, terdapat enam (6) tipe preposition yang perlu diketahui.

  1. Prepositions for time
  2. Prepositions for place
  3. Prepositions for direction
  4. Prepositions for agent
  5. Prepositions of instruments

Berikut adalah penjelasan dan contoh sederhana untuk masing-masing tipe prepositions:

1. Prepositions of time

Preposition ini digunakan untuk menjelaskan keterangan waktu. Contoh paling dasar dan sederhana untuk preposition ini adalah at, on, dan in.

  • In digunakan untuk menjelaskan bulan atau tahun (In January, In March, In 2018), selain itu preposition ini juga digunakan untuk menjelaskan keterangan waktu mengenai waktu-waktu yang jelas dan tepat dalam suatu hari (In the morning, In winter, In the evening), dan juga untuk menjelaskan waktu spesifik pada suatu masa di masa lalu maupun masa depan (In the 20th century, In early days, In future, etc).
  • On digunakan untuk menjelaskan hari yang jelas (On Sunday, On Monday, etc), untuk menjelaskan tanggal (On the 7th of January, etc), dan untuk hari-hari yang jelas waktunya (On my birthday, On independence day, etc).
  • At digunakan untuk menjelaskan waktu (At 3pm, At 6am, etc) atau menjelaskan sebuah kejadian yang jelas terjadi waktunya (At sunset, At the moment, At bed time, etc).

2. Prepositions of place

Preposition ini digunakan untuk menjelaskan keterangan tempat. Contoh paling dasar dan sederhana untuk preposition ini adalah at, on, dan in.

  • In digunakan untuk menjelaskan sebuah tempat yang memiliki batas atau dengan lebih mudah, bayangkan sebuah gedung yang memiliki tutup dan pintu. Segala tempat yang memiliki tempat terbatas atau sebuah ruangan (In a garden, In England, In a room, In a school).
  • On digunakan untuk menjelaskan sebuah tempat yang ada diatas sebuah barang atau berdempetan dengan barang lain. (On the wall, on the table, On a wall, etc).
  • At digunakan untuk menjelaskan tempat yang spesifik dan memiliki tujuan yang spesifik juga. (At the school, At the office, At bus stop, etc).

3. Prepositions of Direction

Preposition ini bercerita dan menjelaskan tentang arah menuju suatu tempat. Akan paling banyak digunakan ketika seseorang mencoba menjelaskan arah menuju suatu tempat. Adapun contoh-contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • They are going to the classroom. (Mereka pergi menuju ruang kelas.)
  • She was running toward me with a huge ball in front of her foot. (Dia berlari menuju saya dengan bola besar didepan kakinya.)
  • He threw the phone he was holding into the bag he’s been bringing everywhere. (Dia melempar handphone yang dia pegang ke dalam tas yang dia selalu bawa kemanapun.)

4. Prepositions for Agents

Preposition ini digunakan untuk menjelaskan hubungan antara noun atau subject di dalam sebuah kalimat dengan aksi yang dilakukan di dalam kalimat tersebut.

Kata-kata paling umum yang termasuk dalam preposition ini adalah by, with, etc. Adapun contoh-contoh agar membuat hal ini dapat dengan lebih mudah dimengerti adalah sebagai berikut:

  • I believe this book was written by Ken Adams. (Saya yakin bahwa buku ini ditulis oleh Ken Adams.)
  • A lot of noise was done by those kids. (Begitu banyak keributan yang disebabkan oleh anak anak tersebut.)
  • I believe she is going there with her boyfriend. (Saya yakin dia pergi kesana dengan pacarnya.)

5. Prepositions for Instruments

Preposition ini digunakan untuk menjelaskan hubungan antara noun atau subject di dalam sebuah kalimat dengan instrument atau sebuah obyek yang ada di dalam kalimat.

Contoh preposition umum yang ada di dalam kategori ini adalah by, with the help of, on, etc. Adapun contoh-contoh kalimat yang menggunakan prepositions for instruments adalah sebagai berikut:

  • He actually broke the door with the help of the hammer. (Dia benar-benar mendobrak pintunya dengan bantuan palu tersebut.)
  • I don’t think that she can actually fix the phone by that computer. (Saya rasa dia tidak akan bisa memperbaiki handphone tersebut dengan komputer itu.)
  • This room cannot be opened with this key. (Ruangan ini tidak dapat dibuka dengan pintu ini.)

Walaupun prepositions hanya terdiri dari lima (5) kategori, masih banyak kata-kata yang mungkin tidak dibahas di artikel ini. Hal ini disebabkan karena bahasa inggris yang terus berkembang sepanjang waktu, sama halnya dengan bahasa-bahasa lain.

Hal yang paling penting adalah terus menerus membaca dan membiasakan diri dengan bahasa agar kita bisa terus mengerti dan menjadi terbiasa dengan bahasanya.

Selamat belajar dan selamat berbahasa inggris!

Preposition

 

Grammar-Phrases: Apa itu Adjective Phrases?
Preposition (Preposisi dalam Bahasa Inggris)
Sentences: Apa itu Imperative Sentence (Kalimat Perintah)?
Grammar-Verb: Apa itu Regular Verb (Kata Kerja Beraturan)?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Tense?
Grammar-Noun: Apa itu Countable Noun?
Apa itu Sentence Modifier?
Grammar-Adverb: Apa itu Purpose Adverb?
Sentences: Apa itu Compound Complex Sentence?
Grammar-Conjunction: Apa itu Subordinating Conjunction?


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Apa itu Syntax?
Figure of Speech: Simile
Figure of Speech: Apa itu Metaphor?
Figure of Speech: Apa itu Hyperbole?
English Spelling
Parts of Speech (The Eight Parts of Speech)
Four Sentence Types (Jenis-Jenis Kalimat)
Grammar-Verb: Apa itu Subjunctive Verb?
Apa Itu “Recount Text” dalam Bahasa Inggris?