sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Sentences: Apa itu Compound Complex Sentence?

Kita sudah mengenal dengan baik sebutan dependent clause dan independent clause, dimana dependent clause adalah kalimat yang tidak bisa berdiri sendiri, melainkan harus bersamaan dengan kalimat lain yang juga disebut sebagai independent clause. Independent clause berarti kalimat mandiri yang bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari kalimat lain.

Contoh dari independent clause adalah sebagai berikut: “I draw my new comic this year.”

Contoh dari dependent clause adalah sebagai berikut: “After I wrote my last novel last year.”

Compound-Complex-Sentence

Compound-Complex-Sentence structure adalah kalimat yang terdiri dari dua buah independent clause dan dependent clause. Hal ini akan sedikit lebih sulit untuk dimengerti karena adanya beberapa hal yang membingungkan, terlebih bagi mereka yang baru saja belajar bahasa Inggris.

Yang perlu diingat adalah bahwa independent clause adalah kalimat yang apabila berdiri sendiri, mereka menjadi sebuah kalimat lengkap dan tidak membutuhkan kalimat lain. Sementara itu dependent clause adalah kalimat yang tidak akan memiliki arti atau akan menjadi sangat aneh ketika kalimat itu tidak ditemani oleh kalimat lain.

Dasar pengertian itu yang harus diingat dalam mempelajari independent dan dependent clause.

Berikut adalah beberapa contoh compound-complex-sentence yang bisa diberikan, dengan maksud untuk bisa lebih mengerti apa yang dimaksud dengan kalimat itu.

  • While she’s doing her laundry, James is reading the novel, and Lucky is drawing the comic book. (Ketika dia melakukan laundry nya, James sedang membaca sebuah novel, dan Lucky sedang menggambar komik.)

Dari kalimat ini kita bisa memecah secara satu persatu dengan lebih rinci. Kalimat pertama yang berbunyi while she’s doing her laundry adalah sebuah dependent clause karena kalimat ini tidak dapat berdiri sendiri dan tidak akan memiliki arti apapun ketika diucapkan secara mandiri.

Sementara itu kedua kalimat setelahnya, yaitu James is reading the novel dan Lucky is drawing the comic book adalah independent clause karena secara teori, apabila kita memisahkan dua kalimat ini secara mandiri, mereka masih memiliki arti yang relevan dan tidak menjadi aneh.

  • Lucky is reading the comics, and James is watching the movie, because reading books is difficult. (Lucky sedang membaca komik, dan James sedang menonton film, karena membaca buku adalah hal yang sulit.)

Dari kalimat ini, apabila kita bisa memecah secara satu persatu dengan lebih rinci, kalimat pertama yang berbunyi Lucky is reading the comics adalah sebuah independent clause karena kalimat ini dapat berdiri sendiri tanpa penjelasan dari kalimat lain.

Sementara itu, kalimat kedua yang berbunyi James is watching the movie juga adalah sebuah independent clause karena kalimat ini masih valid dan tidak akan menjadi aneh ketika tidak disambungkan dengan kalimat lain.

Kalimat ketiga yang berisi because reading books is difficult adalah sebuah dependent clause karena kalimat ini membutuhkan kalimat lain untuk dapat berfungsi dengan normal dan memiliki arti yang baik.

  • Eventhough it is already late, James is still reading the harry potter while Daniel is browsing through his computer. (Walaupun sudah larut malam, James masih membaca harry potter sementara Daniel sedang melihat-lihat komputernya.)

Apabila kita melihat kalimat ini, terdapat pola yang tidak jauh berbeda dari kalimat sebelumnya. Kalimat pertama adalah dependent clause karena terdiri dari kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri dan memiliki arti yang aneh ketika tidak memiliki pendampingnya.

Sementara untuk kalimat kedua dan kalimat ketiga, keduanya adalah independent clause yang dapat berdiri sendiri dan tidak membutuhkan bantuan atau validasi dari kalimat-kalimat lain.

  • She goes to work everyday while he travels a lot, and not one of them actually cares to take care of the family. (Dia pergi kerja setiap hari, sementara dia sering berjalan-jalan, dan tidak ada satupun dari mereka yang peduli untuk mengurus keluarga.)

Kalimat pertama dari kalimat ini menyatakan bahwa dia (perempuan) pergi setiap hari. Kalimat ini adalah independent clause yang bisa berdiri sendiri tanpa bantuan atau validasi dari kalimat lainnya. Kalimat selanjutnya juga adalah independent clause yang bisa berdiri sendiri. Sementara itu, kalimat terakhir adalah dependent clause.

Pada awalnya, akan sangat sulit bagi seseorang untuk mengerti dan memisahkan berdasarkan kategori clause untuk setiap kalimat, namun seiring dengan waktu dan seiring dengan makin bertambahnya media untuk belajar terlebih secara online, hal ini semakin dimudahkan bagi kita yang ingin lebih mengenal dengan lebih baik bahasa inggris.

Di dalam bahasa Inggris, terlebih di compound-complex sentence, perbedaan yang dimiliki hanya pada nama dari sebuah kalimat. Akan sering sekali kejadian dimana kita sebenarnya paham akan apa yang dikatakan, namun kita tidak mengetahui nama resmi dari teori atau kalimat tersebut dalam bahasa Inggris; hal ini adalah hal yang normal dan bahkan sering terjadi bukan hanya pada satu atau dua orang, tetapi lebih.

Yang terpenting adalah untuk mengingat dengan baik perbedaan independent clause dan dependent clause yang sejak awal artikel ini sudah dibicarakan. Ketika kita sudah mengerti dengan baik, maka melakukan kategori terhadap setiap tipe kalimat akan jadi jauh lebih mudah dan tidak terlalu membingungkan.

Tentu saja hal ini tidak mudah, tetapi dengan banyak latihan dan membaca, niscaya kita akan bisa lebih baik dalam mengenal bahasa inggris, terlebih dengan dukungan banyak platform yang sudah tersedia pada zaman sekarang ini.

Selamat belajar dan selamat berbahasa inggris!

 

Grammar-Pronoun: Apa itu Indefinite Pronoun?
Grammar-Noun: Common Noun vs Proper Noun
Grammar Tenses: Apa itu Future Perfect Continuous Tense?
Past Tense: Simple Past vs Past Continuous
Grammar-Conjunction: Apa itu Subordinating Conjunction?
Slang Words: Bahasa Gaulnya Bahasa Inggris
Verb Mood: Indicative, Imperative, Subjunctive, dan Infinitive
Grammar-Verb: Apa itu Imperative Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Active Verb (Kalimat Aktif)?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Tense?


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Apa itu Syntax?
Preposition (Preposisi dalam Bahasa Inggris)
Figure of Speech: Simile
Figure of Speech: Apa itu Metaphor?
Figure of Speech: Apa itu Hyperbole?
English Spelling
Parts of Speech (The Eight Parts of Speech)
Four Sentence Types (Jenis-Jenis Kalimat)
Grammar-Verb: Apa itu Subjunctive Verb?