sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Staf Admin dalam Bahasa Inggris

Pada artikel yang lain kami telah membahas terkait contoh percakapan wawancara kerja sebagai seorang sekretaris. Nah mungkin ada beberapa dari kita yang saat ini tengah mencari kerja, atau bahkan sudah menerima panggilan interview? Tahapan interview kerja sendiri umumnya terjadi setelah kita melakukan tes awal. Contohnya seperti tes potensi akademik maupun tes psikologi. Besar harapan ketika kita memasuki tahap interview kerja kita dapat menjelaskan diri sebaik-baiknya dan dapat diterima di perusahaan tersebut.

Namun ada hal yang harus anda pahami, bahwa tahap interview kerja sendiri bisa terbagi menjadi beberapa bagian. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ada beberapa kemungkinan yang bisa kami sampaikan diantaranya :

  • Jumlah pelamar pada perusahaan tersebut banyak untuk satu posisi yang sama
  • Kualifikasi yang dibutuhkan cukup tinggi meskipun untuk jabatan yang termasuk entry level
  • Perusahaan merupakan pilihan utama bagi sebagian besar pencari kerja
  • Perusahaan membutuhkan orang-orang atau individu yang benar-benar sesuai dengan filosofi perusahaan
  • Gaji dan manfaat yang ditawarkan tinggi meskipun entry level
  • Dalam interview terdapat 2 tahapan utama yakni wawancara dengan HRD dan juga user atau dalam hal ini manajemen langsung yang akan memanfaatkan kemampuan pekerja.

Mungkin beberapa pembaca yang sudah memahami hal tersebut, namun perlu juga untuk diperhatikan bahwa di setiap tahapan wawancara tersebut pertanyaan yang keluar akan jauh berbeda. Khususnya tahapan ketika wawancara dengan user atau pengguna, mereka pasti akan memberikan anda pertanyaan yang spesifik.

Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai: Staff Administrasi

Salah satu profesi yang saat ini seringkali dicari dan tersedia di berbagai perusahaan adalah staff administrasi. Seorang staff administrasi akan banyak bekerja dengan berbagai laporan kerja dan angka. Hal yang biasanya dicari dari seorang staff administrasi adalah kerapian dalam mengatur dan mengkoordinir pekerjaan atau kegiatan, detail dan juga kemampuan dalam menyajikan data juga sangat diperlukan pada seorang staff administrasi.

Ada beberapa hal pokok yang perlu diperhatikan oleh seorang staff administrasi diantaranya adalah,

  • Untuk perusahaan skala kecil maka seorang staff administrasi harus mampun mengatur jadwal atasan, mengelola cash flow perusahaan maupun koordinasi terhadap pegawai lainnya.
  • Berkoordinasi dengan tim lain untuk melakukan meeting atau kegiatan rapat bulanan
  • Mengumpulkan dan menyusun dokumen-dokumen.
  • Memastikan bahwa persediaan alat tulis kantor.
  • Menyajikan data bulanan dalam bentuk statistik.
  • Mengatur jadwal meeting dan koordinasi ruangan juga biasanya dilakukan oleh staff administrasi.

Pekerjaan sebagai seorang staff administrasi memang dikategorikan sebagai pekerjaan entry level, namun jangan salah bahwa pekerjaan yang dilakukan cukup kompleks. Apa yang kami jabarkan sebelumnya hanya beberapa contoh secara garis besar saja. Setiap bidang industri pasti membutuhkan kualifikasi yang berbeda-beda meskipun jabatan yang dicari adalah sama.

Berikut ini merupakan contoh wawancara yang dapat anda jadikan panduan jika melamar sebagai staff administrasi :

Mr. Edward: Hello, welcome to our company. My name is Edward and you’ve applied for the administration position right? (Halo, selamat datang di perusahaan kami. Namaku Edward dan kau telah melamar di posisi staff administrasi, benar?)

Kennedy: Yes, that’s right Mr. Edward. And my name is Kennedy Richer, it’s nice to be here. (Ya, itu benar Pak Edward. Dan nama saya adalah Kennedy Richer, senang berada disini.)

Mr. Edward: Tell me about yourself Kennedy. (Ceritakan tentang dirimu Kennedy.)

Kennedy: Right Mr. Edward, as you can also see in my resume, that I am a fresh graduated from University of Liamberg. I have a part time job related to administration before in publishing company for almost 1.5 years. And it was a great opportunity to have this chance. I would like to join in your company, since I look forward for better chance to develop my talent as well as networking. (Baik Pak Edward, seperti bisa anda lihat dalam resume saya, bahwa saya adalah lulusan baru dari Universitas Liamberg. Saya memiliki pekerjaan paruh waktu sebelumnya yang berkaitan dengan administrasi di sebuah perusahaan penerbitan selama hampir 1.5 tahun. Dan ini merupakan kesempatan besar bagi saya. Saya ingin bergabugn dengan perusahaan anda, karena saya sedang mencari kesempatan yang lebih baik untuk mengembangkan kemampuan dan juga jaringan.)

Mr. Edward: Well, our company really want to search a suitable person for this position. We are strongly open for fresh graduater to join our company. And here, we always encourage our employee to perform its best and develop them by training. Are you able work in high mobility and the ability to do many things at once? (Oke, perusahaan kami benar-benar ingin mencari orang yang tepat untuk posisi ini. Kita membuka kesempatan bagi lulusan baru untuk bergabung dengan perusahaan. Dan disini, kami mendukung penuh karyawan untuk memberikan performa terbaik dan mengembangkan mereka melalui training. Apakah kamu mampu bekerja dengan mobilitas tinggi dan mampu mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu?)

Kennedy: Actually I work in that kind of environment before in part time job. I able to organize things both paper based or online based. And I also able to work in data, number, or coordinating with other people. I like to watch and work on documentaries. (Sebenarnya saya bekerja dalam lingkungan tersebut di pekerjaan paruh waktu sebelumnya. Saya mampun mengkoordinir berbagai hal melalui catatan di kertas atau secara online. Dan saya juga dapat bekerja dengan data, angka, atau koordinasi dengan orang lain. Saya senang melihat dan bekerja terkait dokumen.)

Mr. Edward: I  see. And if by any means we decide to hire you, when will you be able to start? (Baiklah. Dan jika kami memutuskan untuk mempekerjakan anda, kapan anda siap untuk bekerja?)

Kennedy: Any time soon Sir. (Kapanpun Pak.)

Mr. Edward: Excellent. You seem to be the kind of employee we are looking for. We will let you know of our decision in the next 3 days. (Bagus sekali. Anda sepertinya karyawan yang sedang kami cari. Kami akan infokan tentang keputusan kami dalam 3 hari ke depan.)

Kennedy: Great. I look forward for the news from you. (Baik. Saya menunggu kabar dari Anda.)

 

Menjaga Percakapan Inggris Tetap Berlanjut
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Staf Admin dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Inggris dengan Future Tense
Contoh Percakapan antara Tour Guide dengan Wisatawan Saat Menjelaskan Tempat Wisata
Contoh Percakapan Customer Service Menerima Komplain dari Pelanggan Lewat Telepon
Contoh Perkenalan Singkat di Depan Kelas Secara Lisan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Alamat dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Cara Menyudahi Percakapan?
Tak Perlu Malu, Ini Cara Memulai Percakapan Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Membicarakan Rumah Tinggal dalam Bahasa Inggris