sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Pidato Bahasa Inggris: Hari Merdeka

Berikut ini adalah contoh teks pidato dalam bahasa Inggris beserta dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia tentang hari merdeka. Contoh teks ini bisa menjadi referensi kita semua dalam membuat teks pidato kita sendiri dengan tema yang serupa. Teks pidato ini utamanya cocok disampaikan di depan kelas atau di depan warga sekolah.

Good morning, my respected teachers, my beloved friends, and ladies and gentlemen who present here. I feel so honored to be standing here in front of all of you on this special occasion. First of all, let us extend our gratitude toward the Almighty whose blessing and grace are always with us so that we all can be here on this sunny morning in good condition.

For decades, our country has lived in freedom. This freedom was not easy to obtain. Sweat, blood, and tears had been sacrificed by our heroes to achieve freedom. For decades, we have celebrated Independence Day with happiness and honor. For decades, we also have built this country in hope and despair.

Ladies and gentlemen, the Independence Day celebration is the right moment to look back at the past of how our heroes were struggling to gain freedom. Learning the history of our country is one way to make this nation big. History can make us get to know Indonesia better and love it even more. Looking back at the past can also help us to think about what we should do to maintain freedom and to make this nation become a better country to live in.

Although our nation has tasted freedom for a very long time, this country has still many aspects and situations to improve. It is sad to see that there are still many civilians living in poverty, corruption is everywhere, and the economy seems to get worst day by day. It looks like we still have a long way to go to become one big fabulous nation. Even so, that is not impossible to achieve. With the natural and human resources we have, I believe we can pursue our dream to become the greatest country.

Respected teachers and dearest friends, freedom is something we should grateful for. To show our gratitude, we should contribute positively to society. We don’t have to be the president or the ministry first to contribute to our country. Even a small act, like being respectful and tolerant towards others, plays a really important part in developing this country. Every person has a role to help to make our nation better and always peaceful. For example, students’ roles are to study hard, and teachers’ roles are to educate students. Of course, we ideally have to do our roles right so we can obtain our goals faster.

Ladies and gentlemen, to end my speech, I would like to ask you to pray to God for us and this country. Let’s ask Him to help us maintaining peacefulness so that our children and grandchildren will also be able to celebrate Independence Day with the freedom right in their hearts.

Terjemahan:

Selamat pagi, guru-guru yang saya hormati, teman-teman yang saya sayangi, dan hadirin sekalian yang hadir di sini. Saya merasa sangat terhormat untuk berdiri di sini di hadapan Anda semua di acara yang spesial ini. Pertama-tama, mari kita ucapkan rasa syukur kita kepada Yang Maha Kuasa  yang berkat dan rahmatNya selalu menyertai kita sehingga kita semua bisa berada si sini pada pagi yang cerah ini dalam kondisi baik.

Selama puluhan tahun, negara kita telah hidup dalam kemerdekaan. Kemerdekaan ini tidaklah mudah untuk dicapai. Keringat, darah, dan air mata telah dikorbankan oleh para pahlawan kita untuk mencapai kemerdekaan. Selama puluhan tahun, kita telah merayakan Hari Kemerdekaan dengan kebahagiaan dan kehormatan. Selama puluhan tahun, kita juga telah membangun negara ini dalam harapan dan keputusasaan.

Hadirin sekalian, perayaan Hari Kemerdekaan adalah momen yang tepat untuk melihat ke masa lalu bagaimana para pahlawan kita berjuang untuk mencapai kemerdekaan. Mempelajari sejarah negara kita adalah satu cara untuk membuat bangsa ini menjadi besar. Sejarah bisa membuat kita mengenal Indonesia lebih baik dan lebih mencintainya. Melihat ke masa lalu juga bisa membantu kita untuk berpikir apa yang harus kita lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan dan untuk membuat bangsa ini menjadi negara yang labih baik untuk ditinggali.

Meskipun bangsa kita telah mencicipi kemerdekaan untuk waktu yang sangat lama, negara ini masih memiliki banyak hal dan situasi yang harus diperbaiki. Sedih sekali melihat masih banyak rakyat yang tinggal dalam kemiskinan, korupsi di mana-mana, dan ekonomi terlihat memburuk setiap harinya. Sepertinya kita masih memiliki perjalanan yang panjang untuk menjadi satu bangsa yang besar. Meskipun demikian, itu tidaklah mustahil untuk diwujudkan. Dengan sumber daya alam dan manusia yang kita miliki, saya yakin kita bisa meraih impian kita untuk menjadi negara terbesar.

Guru yang terhormat dan teman yang tercinta, kemerdekaan adalah sesuatu yang harus kita syukuri. Untuk menunjukan rasa syukur kita, kita harus kontribusi positif kepada masyarakat. Kita tidak harus menjadi presiden atau menteri terlebih dahulu untuk berkontribusi kepada negara. Bahkan tindakan kecil seperti menghormati dan menoleransi orang lain pun, bermain peran yang sangat penting dalam memajukan negara ini. Setiap orang memiliki perannya masing-masing untuk membantu membuat bangsa kita menjadi lebih baik dan selalu damai. Contohnya, peran siswa adalah belajar giat, dan peran guru adalah mendidik siswa. Tentu saja, idealnya kita harus melakukan peran kita dengan benar untuk mewujudkan tujuan kita lebih cepat.

Hadirin sekalian, untuk mengakhiri pidato saya, saya ingin mengajak Anda untuk berdoa kepada Tuhan untuk kita dan negara kita. mari kita meminta kepadaNya untuk membantu kita mempertahankan kedamaian ini sehingga anak-anak dan cucu-cucu kita akan bisa merayakan Hari Kemerdekaan dengan hak kebebasan di hati mereka.

 

Contoh Idiom dalam Bahasa Inggris
Contoh Kalimat Present Perfect Tense
Pidato Inggris Singkat: Stop Bullying
Contoh Kalimat Forbidding
Contoh Cerita Pendek Tentang Sahabat
Contoh Oxymoron Dalam Bahasa Inggris
Contoh Penggunaan These
Contoh Perkenalan Diri dalam Wawancara Bahasa Inggris
Speech: Apa itu Direct Speech (Kalimat Langsung)?
Contoh Dialog tentang Menawarkan Jasa (Offering Service) dalam Bahasa Inggris