sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Pendidikan

Pidato merupakan salah satu kegiatan yang selalu ditemui di hampir seluruh bidang atau institusi. Tidak jarang juga, mengingat saat ini telah memasuki era globalisasi, pidato seringkali dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini tidak mengagetkan karena sebagian besar orang Indonesia di perkotaan saat ini sudah cakap berbahasa Inggris.

Oleh karena itu, dirasa penting untuk mempelajari bagaimana cara untuk membuat pidato dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kosakata atau padanan kata yang biasanya selalu digunakan di dalam sebuah pidato bahasa Inggris. Untuk dapat mengetahuinya, dirasa akan sangat membantu jika sejumlah contoh pidato dapat dijadikan acuan.

Untuk dapat membuat pidato nantinya, berikut ini adalah sejumlah contoh pidato dalam bahasa Inggris mengenai pendidikan yang dapat Anda jadikan acuan.

Contoh 1:

Greetings, Ladies and Gentlemen. (Salam, Tuan dan Nyonya)

It is my honor to have the chance to speak to you all in this occasion today on the 56th Annual of Education for Women. Even in the year of 2020, women and girls around the world are still unable to gain education in various programs because of gender discrimination, preventing laws, and inequal opportunities in educational programs. I am saddened by this fact and should all of us be.

(Merupakan kehormatan saya untuk berkesempatan berbicara kepada Anda semua dalam kesempatan hari ini di ajang ke-56 Pendidikan untuk Perempuan. Bahkan di tahun 2020, para perempuan dan para gadis di seluruh dunia masih tidak dapat mengenyam pendidikan di berbagai program karena diskriminasi gender, hukum yang menghambat, dan kesempatan tidak adil di program pendidikan. Saya merasa sedih karena fakta ini dan kita semua seharusnya begitu juga.)

However, being saddened will not bring anything good or better to the table. While our empathy is still working, we should use this moment to also do something about it. We should urge the government in every country to promote educational programs to empower women. We should meet this urgency at once to further improve the lives of every women affected by this lack of equality in education for women.

(Akan tetapi, merasa sedih tidak akan membawa hal baik atau lebih baik dalam keadaan ini. Ketika empati kita masih bekerja, kita seharusnya menggunakan momen ini untuk melakukan sesuatu mengenai ini juga. Kita seharusnya mendesak pemerintah di seluruh negara untuk mendukung program edukasi untuk memperkuat perempuan. Kita seharusnya mencapai urgensi ini secepatnya untuk terus memperbaiki kehidupan setiap perempuan yang terpengaruhi oleh kurangnya kesetaraan dalam pendidikan untuk perempuan.)

Finally, we should continue to raise our voices regarding this matter. Only through speaking about this, we would be able to raise the public awareness for this issue. (Terakhir, kita seharusnya terus mengangkat suara mengenai hal ini. Hanya dengan membicarakannya, kita akan bisa meningkatkan kesadaran publik untuk isu ini)

Thank you all for listening to me and may our goal for equal education rights be meet in the future. (Terima kasih semuanya karena telah mendengarkan saya dan semoga tujuan kita untuk hak kesetaraan pendidikan bisa tercapai di masa depan.)

Contoh 2:

Ladies and Gentlemen, (Tuan dan Nyonya,)

Thank you all for coming to this event today. I will now present you my speech regarding the issue on the table, which is education. We could probably look around in this room and see that almost every one of us are privileged enough to have education since child. However, sadly that is not the case for everyone in the world. (Terima kasih telah datang ke acara ini hari ini. Saya sekarang akan mempersembahkan pidato saya mengenai isu yang dibicarakan, yaitu pendidikan. Kita mungkin bisa melihat ke sekeliling ruangan ini dan melihat bahwa hampir semua orang di sini memiliki privilese yang cukup untuk mendapatkan pendidikan sejak kecil. Akan tetapi, sayangnya hal itu tidak terjadi untuk semua orang di dunia.)

Many children in developing countries are still struggling just to go to school everyday. They have to cross a river or even hike a mountain just to get to school. Their struggles every day just to gain knowledge is unimaginable for us all, but we could help them.  (Banyak anak di negara berkembang yang masih kesulitan hanya untuk pergi ke sekolah setiap harinya. Mereka harus menyeberangi sungai atau bahkan mendaki gunung hanya untuk pergi ke sekolah. Kesulitan mereka setiap hari hanya untuk mendapatkan pengetahuan tidak dapat dibayangkan oleh kita semua, namun kita bisa membantu mereka.)

Our foundation is opening up donors to help the children in need to help with their education. With your money, we will build a more accessible school and libraries in developing countries to help these children. One thing we have to keep in mind, knowledge is everything. (Yayasan kami membuka donor untuk membantu para anak-anak yang membutuhkan untuk membantu pendidikan mereka. Dengan uang Anda, kami akan membangun sekolah dengan akses yang lebih mudah dan perpustakaan di negara-negara berkembang untuk membantu anak-anak ini. Satu hal yang harus diingat, pengetahuan adalah segalanya.)

Thank you for listening to me. I really do hope that we all could give everything we’ve got to help these children for a noble cause. (Terima kasih telah mendengarkan saya. Saya sungguh berharap bahwa kita semua bisa memberikan segalanya untuk membantu anak-anak ini demi tujuan yang mulia.)

Itulah dua contoh pidato dalam bahasa Inggris yang membicarakan tentang pendidikan. Terlihat bahwa terdapat sejumlah kosakata atau padanan kata yang sering digunakan dalam sebuah pidato dengan tema pendidikan. Dengan mengetahui contoh pidato bahasa Inggris satu ini, diharapkan Anda dapat membuat pidato dalam bahasa Inggris juga dengan baik dan benar. Semoga dapat bermanfaat.

 

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Lingkungan
Figure of Speech: Simile
Kosakata tentang Pendidikan dalam Bahasa Inggris
Pidato Bahasa Inggris: Hari Valentine (Valentine’s Day)
Salutation dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Penggunaan, dan Contohnya
Pidato Bahasa Inggris tentang Efek Globalisasi pada Generasi Muda Masa Kini
Apa Itu Suggestion Beserta Contohnya
Contoh-contoh Kata Sifat dalam Bahasa Inggris
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Gotong Royong
Pengertian dan Contoh Reported Speech