sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Adverb: Apa itu Amplifiers Adverb?

Nah, para learners, artikel kedua ini masih membahas mengenai kelompok adverb. Seperti yang terlihat pada judul, amplifiers adverb merupakan salah satu kelompok adverb yang dapat kita pelajari.

Sebagaimana adjectives dan comparative adverb pada pelajaran yang lalu, amplifiers adverb memiliki penjelasannya tersendiri. Penjelasan akan kita simak bersama dalam poin di bawah ini, yang kemudian diikuti dengan contoh-contoh penerapannya dalam kalimat, percakapan, tes TOEFL, atau tes-tes bahasa Inggris sejenis.

Penjelasan Mengenai Amplifiers Adverb

Secara sederhana, amplifiers adverb merupakan adverb yang memberikan kepastian akan sesuatu yang terdapat di depan atau di belakangnya. Amplifiers adverb terbagi atas 3 fungsi, yakni fungsi untuk memperkuat kesan, menyatakan kepastian, dan menunjukkan ketepatan.

Adverbs semacam “really”, “very”, “extremely”, dan kawan-kawannya merupakan jenis amplifiers adverb yang berfungsi untuk memperkuat kesan. Amplifiers adverb yang digunakan untuk menyatakan kepastian dapat dilihat pada adverbs semacam “surely”, “definitely”, dan lain-lain. Sementara itu, adverbs semacam “exactly”, “precisely”, dan lain-lain digunakan untuk menunjukkan ketepatan.

Untuk melihat bagaimana amplifiers adverb tersebut digunakan dalam contoh kalimat, ada baiknya kita lanjut membaca contoh penerapan amplifiers adverb dalam kalimat pada poin di bawah ini.

Contoh Penerapan Amplifiers Adverb dalam Kalimat

Bagi sebagian orang, amplifiers adverb dapat menjadi filler words atau kata-kata yang tidak memiliki makna. Padahal, sesuai fungsinya, kehadiran amplifiers adverb dapat membuat kata atau kalimat berkesan lebih kuat, pasti, atau persis bagi yang mendengar kalimatnya.

Contoh-contoh penerapan amplifiers adverb dalam kalimat di bawah ini, beserta arti dan penjelasannya, dapat kita jadikan acuan untuk belajar mengenai amplifiers adverb. Bold menunjukkan amplifiers adverb, sementara garisbawah menunjukkan sesuatu yang dipengaruhi amplifiers adverb.

1. Thank you for being a really helpful friend (Terima kasih sudah menjadi teman yang benar-benar membantu).

Penjelasan: Amplifiers adverb really” (sangat atau benar-benar) dalam contoh kalimat pertama ini berfungsi untuk memperkuat kesan “helpful” (membantu) dari “friend” (teman).

2. If we don’t prepare well, then we will surely lose points (Kalau kita tidak benar-benar siap, maka kita pasti kehilangan poin).

Penjelasan:Surely” (pasti) dalam contoh kalimat kedua ini berfungsi untuk memberi kepastian akan konsekuensi yang dapat dialami, yakni “lose points” (kehilangan poin).

3. What do you mean? You have said that for exactly three times (Apa maksudmu? Kamu sudah mengatakan itu sebanyak 3 kali).

Penjelasan: Berkat adanya “exactly” (pasti) sebagai amplifiers adverb yang berfungsi menunjukkan ketepatan dalam contoh kalimat ketiga ini, maksud sebanyak 3 kali menjadi lebih kuat, yakni persis 3 kali, tidak kurang dan tidak lebih. Bedanya dengan contoh di kalimat kedua adalah, amplifiers adverb semacam ini biasanya digunakan untuk menjelaskan waktu, frekuensi, panjang, tinggi, berat, dan lain-lain yang sejenis.

Demikian contoh penerapan amplifiers adverb dalam kalimat yang dapat kita pelajari. Poin selanjutnya akan mengajak kita untuk melihat bagaimana contoh-contoh penerapan amplifiers adverb yang terdapat dalam percakapan.

Contoh Penerapan Amplifiers Adverb dalam Percakapan

Sebagaimana dalam kalimat, amplifiers adverb juga kerap muncul dalam sebuah percakapan dengan berbagai variasinya. Sebelum melangkah lebih jauh pada pembahasan, kita akan melihat amplifiers adverb dalam bentuk bold dan penjelasnya dalam garisbawah pada contoh percakapan di bawah ini berikut dengan artinya untuk setiap dialog percakapan yang terjadi:

Kira: It is exactly 6:15 P.M now. We are definitely going to be late! (Sekarang sudah pukul 18:15. Kita jelas-jelas akan terlambat!)

Kacung: Don’t worry. The professor said our assignments’ deadlines are postponed for another 3 days. (Jangan kuatir. Profesor berkata tenggat waktu tugas kita ditunda 3 hari lagi.)

Kira: Phew! That was very relieving to hear! (Fiuh! Lega sekali mendengarnya!)

Kacung: Besides, why do we have to worry if we have finished 95% of the tasks…? (Lagipula, mengapa kuatir kalau kita sudah menyelesaikan 95% dari tugas…?)

Kira: Indeed, we don’t have to. You really are a smart ally! (Benar, kita tidak usah kuatir. Kamu benar-benar teman yang pintar!)

Dari contoh percakapan di atas, kita melihat ketiga fungsi amplifiers adverb benar-benar berjalan. Seperti yang terdapat pada penjelasan contoh penerapan kalimat dalam poin sebelumnya, “exactly” yang melekat pada waktu (“6:15 P.M.” atau “pukul 18:15”) pasti jenis amplifiers adverb yang menunjukkan ketepatan.

Sementara itu, bila amplifiers adverb bermakna pasti seperti “definitely” digunakan untuk menjelaskan konsekuensi, maka itulah fungsi amplifiers adverb sebagai pemberi kepastian. Kasus khusus dalam contoh percakapan di atas terdapat pada “indeed” (iya juga, benar, pasti) yang digunakan sebagai persetujuan atas kalimat pertanyaan atau pernyataan sebelumnya.

Amplifiers adverb yang berfungsi memperkuat kesan, seperti “very” atau “really” (sangat) biasanya melekat pada adjectives. Contoh dalam percakapan memperlihatkan “very relieving” (sangat melegakan) dan “really” yang tersisip di antara “you” (kamu) dan “are a smart ally” ((adalah) seorang teman yang pintar) untuk memperkuat kesan “kamu” (Kacung)-lah teman yang pintar (“smart”).

Sekadar tips, lebih baik bila amplifiers adverb yang memperkuat kesan digunakan tidak lebih dari 2 kali dalam satu waktu. Hal ini untuk menghindari filler words yang kerap membuat sebagian orang salah fokus dengan yang kita ucapkan.

Dalam poin selanjutnya, kita akan membahas mengenai contoh dan pembahasan soal amplifiers adverb yang terdapat pada tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris serupa. Dear learners, siapkah kalian untuk menapaki poin selanjutnya?

Contoh Soal dan Pembahasan Amplifiers Adverb yang Terdapat pada Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Serupa

Amplifiers adverb merupakan salah satu materi U.S. English. Karena itu, soal-soal terkait amplifiers adverb dapat kita jumpai pada tes-tes bahasa Inggris yang bersifat U.S. seperti TOEFL, TOEIC, atau sejenisnya.

Dalam soal-soal tes bahasa Inggris semacam ini, amplifiers adverb muncul sebagai soal pilihan ganda untuk melengkapi bagian yang hilang dalam kalimat dengan cara melihat pada kata yang dikurung. Ada juga saat amplifiers adverb muncul sebagai soal written expression yang mengharuskan kita untuk memilih jawaban yang salah.

Supaya peluang kita lulus tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris serupa lebih besar, tidak ada salahnya kita melihat 2 contoh soal di bawah ini. Jawaban yang benar akan diberi bold, kemudian kita akan bergerak pada pembahasan masing-masing contoh soal supaya kita lebih mengerti bila mengerjakan soal-soal seperti demikian:

1. These balls are round-shaped and checkered, and present in his room. These are _______ (doubt) his balls!

a. doubtful       b. doubtfully        c. undoubtedly       d. undoubtfully

(1. Bola-bola ini berbentuk bulat dan bermotif kotak-kotak, dan berada di kamarnya. ___________ (ragu), ini adalah bola-bolanya!

a. ragu       b. diragukan       c. tidak diragukan lagi       d. tidak ragu lagi)

Catatan: Karena “bola-bola ini” berada di kamarnya, maka pilihan jawaban a dan b pasti salah. Meskipun “doubt” (ragu, curiga) memiliki kata sifat atau adjective doubtful” (peragu, curigaan), namun bila digabungkan menjadi satu adverb yang digunakan adalah yang terdekat dengan bentuk dasarnya.

Karena itu, pilihan jawaban yang tepat untuk contoh soal nomor 1 ini adalah c. undoubtedly, amplifiers adverb yang juga digunakan untuk menyatakan kepastian akan konsekuensi.

2. Choose the wrong answer:

Please put those belongings of where they surely belong. I will need those in the future.

A        B       C       D

(2. Pilihlah jawaban yang salah:

Tolong taruh barang-barang itu di tempat yang sudah seharusnya. Saya akan butuh itu di kemudian hari.)

A        B       C       D

Catatan: Pilihan c dan d pasti salah karena penempatan grammar maupun keterangan waktunya sudah tepat semua, demikian juga pilihan a. Dalam pertanyaan semacam ini, mungkin kita berpikir pilihan b-pun tidak bisa dipilih, apalagi amplifiers adverb yang menyatakan kepastian konsekuensi dan ketepatan waktu, tempat, atau ukuran sesuatu fungsinya hampir sama.

Namun, semua itu lebih jelas ketika kita melihat keterangan tempat (“of where” atau “di mana / di tempat”) yang bisa diukur. Dari sini, “surely” salah, karena seharusnya menggunakan “exactly”. Karena itu, pilihan b merupakan pilihan yang benar untuk jenis soal “jawab yang salah” semacam ini.

Artikel selanjutnya akan membahas kelompok adverb lain yang masih berkaitan dengan amplifiers adverb. Apa itu? Simak saja artikel tutorial bahasa Inggris dari kami selanjutnya, wahai learners!

Adverb

Artikel Lainnya

Grammar-Adverb: Apa itu Time Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Superlative Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Purpose Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Place Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Manner Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Frequency Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Emphasizers Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Downtoners Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Amplifiers Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Comparative Adverb?

 

Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Continuous Tense?
Grammar-Determiner: Apa itu Quantifiers?
Sentence: Apa itu Elliptical Construction?
Grammar: Apa itu Infinitive without To?
Grammar: Apa Itu Determiner?
Grammar-Pronoun: Apa itu Reflexive Pronoun?
Grammar: Apa itu Noun Clause?
Grammar Tenses: Apa itu Future Perfect Tense?
Grammar-Conjunction: Apa itu Subordinating Conjunction?
Verb -ing: Apa itu Gerund?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs