sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Menggunakan Live Chat Saat Memilih Penginapan

Semakin Greget, Ini Dia Pelajaran Bahasa Inggris yang Dapat Kita Ambil Melalui Penggunaan Live Chat Saat Memilih Penginapan

Disco begitu frustasi dengan sistem pembayaran yang ia tidak mengerti penggunaannya dalam artikel sebelumnya. Dalam artikel ini, ceritanya mengambil latar belakang saat ia sudah menemukan situs yang lebih cocok baginya.

Tidak tanggung-tanggung, fitur live chat pun tersedia dalam dialog yang hendak kita pelajari bahasa Inggrisnya ini. Sekadar informasi, modifikasi fitur live chat yang ada pada dialog tidak benar-benar ada, hanya modifikasi supaya pelajaran dari dialog dan dialognya sendiri jadi lebih greget. Ini dia dialog yang hendak kita pelajari pada artikel ini:

Online Call Agent: Good evening, I am Donna. Is there anything that I can help?

(Agen Bicara lewat Komputer: Selamat sore, dengan saya Donna. Adakah hal yang dapat saya bantu?)

Disco: Hi Donna, I am Disco. How can I pay for my selected accommodation?

(Disco: Halo Donna, saya Disco. Bagaimana cara saya membayar untuk akomodasi yang saya pilih?)

Donna: Hi Disco, you can choose to pay when you have arrived or by credit, debit cards, or e-wallet. Everything is there for you to choose from!

(Donna: Halo Disco, kamu dapat memilih untuk membayar saat kamu tiba atau lewat kartu kredit, debit, atau dompet virtual. Apapun (cara pembayarannya) tersedia untuk kamu dapat memilihnya!)

Disco: That’s excellent. Thank you very much, Donna!

(Disco: Itu hal yang luar biasa. Terima kasih banyak, Donna!)

Donna: You’re welcome! Is there anything else that I can help?

(Donna: Sama-sama! Apakah ada hal lain yang bisa saya bantu?)

Disco: That’s enough for now. Thank you for helping!

(Disco: Itu sudah cukup untuk sekarang. Terima kasih sudah membantu!)

Donna: You’re welcome, Disco! I hope your accommodation’s transactions will be successful.

(Donna: Sama-sama, Disco! Mudah-mudahan lancar transaksi akomodasinya, ya.)

Percakapan antara Disco dan Donna serta Rika dan Pia yang menjadi “figuran” pada setting percakapan ini memang agak panjang. Namun, tiga poin pelajaran bahasa Inggris yang hendak kita pelajari dijamin akan membuat kita lebih pintar. Ini dia 3 poin pelajaran bahasa Inggris yang dapat dipetik dari kutipan percakapan live chat di atas:

1. Tata Cara Bertanya pada Agen Live Chat Online

Dalam beberapa situs selama beberapa tahun ini, kita akan sering menjumpai kolom khusus berbicara dan bertanya pada bagian layanan pelanggan online yang biasa kita sebut dengan “Online Call Agent” atau “agen bicara lewat komputer” seperti halnya pada contoh percakapan di atas ini. Ada hal-hal yang perlu kita perhatikan untuk dapat memperoleh jawaban yang cepat dari para agen bicara online yang sibuk ini.

Pertama, kita memperkenalkan diri dan menyebutkan nama setelah sebelumnya menyebutkan nama “online call agent” yang melayani kita. Kita dapat melakukan seperti Disco yang berkata, “Hi Donna, I am Disco,” sebelum benar-benar bertanya mengenai, “How can I pay for my selected accommodations?” atau “Bagaimana cara saya membayar untuk akomodasi yang saya pilih?)

Meskipun Disco (dan Rika serta Pia juga) sudah sepakat untuk memilih akomodasi di Bali, pertanyaan yang lebih meluas pada “selected accommodations” memungkinkan “online call agent” untuk berfungsi lebih banyak dalam membantu kita. Karena itu, pertanyaan Disco mengenai cara pembayaran untuk akomodasi yang ia pilih dalam bahasa Inggris patut kita jadikan acuan.

2. Belajar Lebih Banyak Lagi Mengenai Sistem Pembayaran dan Kalimat Layanan

Kita tidak dapat bertahan hidup di dunia tanpa membayar. Karena itu, tiap industri memiliki sistem pembayarannya sendiri-sendiri. Tidak hanya soal penggunaan uang tunai, melainkan juga lewat sistem elektronik seperti kartu debit atau kredit atau rekber yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Versi “bayar di tempat” dalam bahasa Inggris untuk penginapan agak berbeda sebutannya dengan produk barang-barang lain di toko online. Dalam hal ini, frasa yang digunakan adalah, “pay when you have arrived” atau “membayar saat kamu datang”. Selain itu, untuk menyegarkan ingatan kembali tentang rekber, “e-wallet” juga dapat digunakan sebagai istilah pengganti “escrow account” atau “escrow balance” yang mungkin terlalu rumit diucapkan.

Lebih dari sekadar pelajaran soal sistem pembayaran, kita pun dapat belajar melalui kalimat, “Everything is there for you to choose from!” yang diungkapkan oleh Donna. Partikel “is” sebenarnya melekat pada tiap kata atau frasa yang dimulai dengan “every”, yang menandakan “satu kumpulan”. Sementara itu, penekanan kalimat ini adalah “for you” atau “untuk Anda / customer / penanya / siapapun itu”, sehingga kalimat ini merupakan tanda keramahan pelayan online maupun yang tidak online.

3. Jawaban yang “Win-Win Solution” Atas Tanggapan “Online Call Agent”

Merupakan tugas seorang “online call agent” untuk memastikan seluruh pertanyaan dari konsumen terjawab. Sebagai konsumen yang baik, kita dapat menggunakan kalimat semacam, “That’s excellent,” seperti yang digunakan Disco untuk mengapresiasi kerja keras mereka dalam mencarikan solusi dan jawaban atas pertanyaan konsumen.

Ada kalanya para agen bicara lewat komputer ini begitu senang hingga ia menanyakan hal-hal semacam, ” … Anything else that I can help?” seperti yang ditanyakan Donna. Bila kita sedang terburu-buru, ada baiknya kita menjawab, “That’s enough for now,” seperti yang dikatakan Disco. Dengan demikian, kita akan memiliki waktu untuk benar-benar mempraktekkan apa yang telah disimulasikan oleh si “online chat agent”.

Artikel selanjutnya akan membahas poin bahasa Inggris yang berbeda untuk dialog yang berbeda namun masih berkesinambungan dengan percakapan atau dialog yang terdapat pada artikel tutorial bahasa Inggris ini. Penasaran seperti apa artikelnya? Simak ulasannya pada artikel berikutnya, yuk!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Situasi Sulit Saat Menelepon Pihak Akomodasi
Percakapan Bahasa Inggris: Reaksi Tiga Wisatawan Saat Mendapat Kupon
Percakapan Bahasa Inggris: Berdiskusi Mengenai Pilihan Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Kuta dan Mencari Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Berkemas-Kemas
Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Fasilitas Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan dalam Kegiatan BBQ di Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Kendala yang Dialami Saat Memesan dari Situs Travel
Percakapan Bahasa Inggris: Tawar Menawar Harga Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Menggunakan Live Chat Saat Memilih Penginapan


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)