sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Wawancara Wartawan dengan Narasumber Berita

Narasumber adalah pihak yang penting dalam mendapatkan sebuah berita. Seorang pewawancara atau reporter harus tahu apa saja yang perlu ditanyakan agar mendapatkan informasi yang akurat serta menarik. Selain itu, harus dipastikan juga semua informasi penting bisa didapatkan dari wawancara tersebut.

Pembahasan kali ini akan memberikan contoh wawancara dalam Bahasa Inggris antara pewawancara atau reporter dengan narasumber sebuah berita. Pada contoh ini, wawancara dilakukan antara reporter dengan kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta membahas musim liburan selama COVID-19.

Langsung saja simak contohnya berikut ini, ya!

Reporter: Good morning, Mr. Ardiansyah. I’m Bagas from ABC newspaper. Thank you for giving me your precious time for this interview. (Selamat pagi, Pak Ardiansyah. Saya Bagas dari koran ABC. Terima kasih atas waktunya yang berharga untuk wawancara ini)

Informant: It’s alright, Mr. Bagas. I’ll be glad if I can give some help. We can start the interview now. (Tidak masalah, Pak Bagas. Saya senang kalau bisa membantu. Kita bisa mulai wawancaranya sekarang)

Reporter: First, could you introduce yourself? (Pertama, bisa Anda memperkenalkan diri?)

Informant: I’m Ardiansyah Putra, the head of Yogyakarta Government Tourism Office. (Saya Ardiansyah Putra, kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta)

Reporter: We know that we’ll be facing a holiday season soon, and Yogyakarta is one of destination city to spending holiday. Do you have special preparation to greet this holiday season? (Kita tahu kalau kita akan segera menghadapi musim liburan, dan Yogyakarta adalah salah satu kota tujuan untuk menghabiskan liburan. Apakah Anda punya persiapan khusus untuk musim liburan ini?)

Informant: Just like you said, Yogyakarta is one of desired destination for holiday. We’re used to it and already prepared for long time. There is no problem in public facilities and infrastucture, I think. But we have to adjust to the current condition as COVID-19 still become an important issue. (Seperti yang Anda bilang, Yogyakarta adalah salah satu kota yang diminati untuk liburan. Kami terbiasa untuk itu dan sudah mempersiapkannya sejak lama. Tidak ada masalah dalam fasilitas umum dan infrastuktur, saya rasa. Tapi kami harus menyesuaikan dengan kondisi sekarang dimana COVID-19 masih menjadi masalah penting)

Reporter: That’s right. Public have a concern about COVID-19 when going to public places. Do you have any measurement to handle it? (Itu benar. Masyarakat memiliki kekhawatiran akan COVID-19 saat pergi ke tempat-tempat umum. Apakah Anda memiliki tindakan tertentu untuk mengatasinya?)

Informant: The most important thing is follow the health protocol. We’ll apply the health protocol strictly, but we can’t do much if public don’t cooperate well. All of elements, from officer to public, must follow the protocol with high discipline. (Yang paling penting adalah mengikuti protokol kesehatan. Kami akan menerapkan protokol kesehatan dengan tegas, namun kami tidak bisa berbuat banyak jika masyarakat tidak bekerjasama dengan baik. Semua elemen, mulai dari petugas hingga masyarakat, harus mengikuti protokol dengan disiplin tinggi)

Reporter: Is there any penalty for those who violate the health protocol? (Apakah ada sanksi bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan?)

Informant: Yes. We’ll start by giving a strict warning. Then if they violate the protocol again, we’ll give them a fine. If they still repeat it, we’ll be sorry to send them away from the public places. (Ya. Kami akan mulai dengan memberikan peringatan tegas. Lalu jika melanggar protokol lagi, kami akan memberikan denda. Jika masih mengulanginya, kami mohon maaf untuk mengirim mereka pergi dari tempat-tempat umum)

Reporter: I see. And do you have special events during this holiday season? (Saya mengerti. Dan apakah Anda memiliki acara spesial pada musim liburan ini?)

Informant: We reduce the offline events as many as possible, so we’ll only have one or two events. It’ll be held in the town square and we’ll be limit the audiences. In the other hands, we have many online events and people from any place can join. (Kami mengurangi acara offline sebanyak mungkin, jadi kami hanya akan menggelar satu atau dua acara. Itu akan diadakan di alun-alun kota dan kami akan membatasi penonton. Di sisi lain, kami memiliki banyak acara online dan orang dari berbagai tempat bisa ikut serta)

Reporter: What kind of online events? (Acara online seperti apa saja?)

Informant: There are so many events, I can’t tell you one by one. You can visit our website to know the details. It’ll be fun. (Ada banyak sekali acara, saya tidak bisa kasih tahu satu per-satu. Anda bisa kunjungi website kami untuk detailnya. Akan sangat menyenangkan pokoknya)

Reporter: Is there any message you’d like to tell the public? (Apakah ada pesan yang ingin Anda sampaikan untuk masyarakat?)

Informant: This is not an easy time for all of us, but we can overcome it together. As we give the best service for you all, we hope that you’re also giving your best to follow the protocol. (Ini bukan waktu yang mudah untuk kita semua, tapi kita bisa mengatasinya bersama. Selagi kami memberikan pelayanan terbaik untuk Anda semua, kami berharap Anda juga berusaha yang terbaik untuk mengikuti protokol)

Reporter: Thank you for the interview, Mr. Ardiansyah. (Terima kasih untuk wawancaranya, Pak Ardiansyah)

Informant: You’re welcome. (Sama-sama)

Demikianlah contoh wawancara Bahasa Inggris dengan narasumber berita beserta artinya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Jawaban Pertanyaan Interview: What Really Drives Results in This Job?
Percakapan Inggris: Saat Wawancara Kerja (In The Job Interview)
Pertanyaan yang Sering Diajukan di College Interview
Kalimat untuk Mendeskripsikan Diri Ketika Wawancara dalam Bahasa Inggris
Contoh Wawancara Kerja (Finance atau Keuangan) dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Sekretaris dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Perawat dalam Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: “Out of all other candidates, why should we hire you?”
Jawaban Pertanyaan Interview: What Big  Decision You Took in Last 6 Months?
Mempersiapkan Diri dalam Interview Kerja Bahasa Inggris