sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip TOEFL: Supaya Tidak Kehabisan Waktu saat Kerjakan Tes TOEFL

Beberapa hari jelang hari H pelaksanaan tes TOEFL, tentu semua hal telah kamu persiapkan. Mulai dari yang paling umum seperti memahami struktur soal dan format, hingga hal-hal detil seperti baju apa yang akan kamu kenakan. Tenang, tetaplah rileks.

Wajar jika kamu mulai merasa tegang jelang hari H. Siapa sih yang tak ingin mempersiapkan yang terbaik demi mencapai skor TOEFL maksimal? Nah, dalam artikel ini kami ingin mengingatkan satu hal yang bisa jadi luput kalian simak, yaitu bagaimana memanfaatkan waktu yang tersedia seefektif mungkin.

Bukan hal baru bahwa ada orang yang mengeluhkan waktu yang mereka rasa kurang saat mengerjakan tes TOEFL. Waktu selama empat jam untuk mengerjakan tes TOEFL berlalu tanpa terasa. Terlebih setiap kategori soal dalam tes TOEFL diberi tenggat waktu masing-masing.

Tidak ada yang namanya mengerjakan soal dalam satu kategori dan berpindah pada kategori lain. Atau, berpindah kembali ke kategori sebelumnya saat kamu seharusnya sudah mulai mengerjakan kategori lain.

Aturan yang ada dalam tes TOEFL sangat ketat. Regulasi harus ditaati sebagai syarat untuk menyelesaikan tes TOEFL. Tapi lagi-lagi, masih saja terjadi orang-orang yang tidak rampung mengerjakan tes TOEFL dan merasa kekurangan waktu.

Untuk itu, artikel kali ini akan fokus membahas tips agar tak kehabisan waktu saat mengerjakan tes TOEFL. Tentu hal ini sangat detil dan bisa berbeda pengaplikasiannya pada tiap orang. Kamu bisa mencoba tips berikut ini agar bisa mengetahui cara memanfaatkan waktu pengerjaan soal secara maksimal, okay? Yuk kita simak.

1. Kenali Detil Format Soal

Format soal tes TOEFL telah ditetapkan secara universal. Hanya ada satu aturan dan berlaku di seluruh dunia. Semua soal tes TOEFL diterapkan sama, dengan empat kategori soal untuk Internet-based TOEFL atau iBT.

Jika kamu sudah paham dengan format soal yang akan kamu hadapi, tentu bukan perkara sulit untuk mengalokasikan waktunya. Pahami ada berapa soal, dan harus ditamatkan dalam waktu berapa lama.

Bila perlu bagi satu persatu jumlah soal dengan total waktu yang ada. Dengan cara ini, kamu bisa tahu berapa waktu untuk mengerjakan setiap soal. Kamu juga bisa berlatih sebelumnya dengan stopwatch atau timer agar tahu berapa waktu yang kamu perlukan.

2. Tata Meja dan Kursi

Terdengar sepele? Sebenarnya tidak. Bagaimana kamu menata meja, kursi, alat tulis, hingga komputer adalah hal yang harus kamu prioritaskan saat akan mengerjakan tes TOEFL. Buat susunan meja dan kursi senyaman mungkin buat kamu.

Dengan cara ini kamu bisa mengesampingkan hal-hal kecil yang mungkin mengganggu dan fokus untuk mengerjakan soal tes TOEFL dengan baik. Kamu tidak akan menyangka bagaimana susunan meja, kursi, atau apapun yang ada di depanmu bisa mengganggu konsentrasimu.

3. Baca dengan Cepat

Cepat dalam hal ini bukan berarti sembarangan dan terburu-buru. Pada saat menjawab soal reading, misalnya. Kamu akan dihadapkan pada beberapa narasi yang menuntut konsentrasi tinggi. Sayangnya, waktu yang kamu miliki sangat terbatas, baik untuk membaca narasi sekaligus untuk menjawab beberapa pilihan ganda.

Untuk itu, bacalah dengan cepat. Bukan cepat hingga tidak mengetahui maknanya, tapi cepat dengan mengambil intisari per kalimat. Jangan artikan secara literal satu persatu karena hanya akan mengulur waktu yang kamu miliki.

4. Intip Pertanyaan

Kamu berhak untuk melihat pertanyaan yang ada dalam soal reading sebelum mulai menjawab atau bahkan membaca narasi. Manfaatkan waktu ini untuk mengetahui apa yang ditanyakan.

Dengan cara ini, kamu bisa tahu apa yang disoroti dalam pertanyaan dan memberikan porsi perhatian lebih pada hal yang ditanyakan. Hal ini tentu bermanfaat untuk memangkas waktu membaca.

5. Cermati Ide Utama Paragraf

Berhadapan dengan kalimat demi kalimat yang membentuk paragraf, kamu perlu tahu bahwa seringkali ide utama ada di kalimat pertama setiap paragraf. Cermati hal ini baik-baik. Kamu bisa menghemat waktu dengan membaca utuh kalimat pertama, tapi hanya dengan membaca cepat sisa kalimat yang lain. Beri perhatian penuh pada bagian dengan detil-detil penting.

6. Ikuti Cara Bicara Speaker

Dalam soal listening, wajar jika kadangkala kamu merasa ketinggalan dari apa yang dibicarakan oleh speaker. Terlebih jika kamu tidak familiar dan bukan berasal dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi utama. Jika ini terjadi, fokus pada kata kunci.

Gambarkan dalam bayangan kamu situasi yang sedang terjadi pada speaker. Simak dialog antara orang-orang di speaker untuk menyerap informasinya. Hal ini bisa membantu kamu, bahkan saat merasa ketinggalan dan kurang memahami sebuah kalimat yang terdengar.

7. Perhatikan Kata Tanya

Kunci dari menjawab soal dengan benar adalah tahu apa yang sebenarnya ditanyakan. Untuk itu, persiapkan diri dengan baik saat speaker akan membacakan pertanyaan. Biasanya ada jeda yang tercipta, dan fokuskan pikiran pada kata tanya yang mereka ucapkan. Hal ini biasa disebut kata-kata bersinyal, yang bisa membantu kamu untuk menjawab dengan tepat.

8. Efisien Berbuah Kecepatan

Semakin efisien caramu mengerjakan sesuatu, akan semakin sedikit waktu terbuang sia-sia. Bagaimana caranya agar kamu bisa efisien mengerjakan soal? Tentu saja dengan memahami materi dan terbiasa dengan soal yang ada di depan mata.

Contohnya saat menjawab soal speaking dan writing, kamu bisa memilih jawaban yang sederhana dan mudah dicerna. Bukan terburu-buru, ya. Ingat itu. Terburu-buru hanya akan membuat kamu sulit dipahami dan menyulitkan penilai untuk memahami apa yang kamu ucapkan. Pilih jawaban sederhana dan efektif. Sebutkan jawaban utama terlebih dahulu, baru tambahkan detil jika waktu memungkinkan.

9. Catat dengan Simbol

Mencatat detil yang kamu perlu ingat adalah salah satu kiat untuk bisa memberi jawaban tanpa melebar dari pertanyaan yang diajukan. Untuk itu, kamu perlu tahu trik mencatat detil yang paling sesuai dengan karakter dirimu.

Buat simbol dan cara menulis yang kamu kenali dan bisa kamu aplikasikan dengan mudah. Tenang saja, hanya kamu yang akan memahami apa yang kamu tulis. Untuk itu, tidak perlu bertele-tele. Yang terpenting adalah kamu paham apa detil penting yang kamu catat.

10. Belajar Menulis Cepat

Menulis jangan sampai terlalu lama dan bertele-tele. Rumuskan apa yang ingin kamu tulis dalam tiga bagian besar, yaitu pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Dengan membagi tiga konten spesifik ini, kamu bisa menyampaikan apa pendapatmu dengan baik. Jangan terburu-buru tapi tulislah dengan cepat dan ringkas. Sampaikan dalam bentuk kalimat singkat satu persatu agar ide kamu bisa dimengerti dengan baik.

Itu tadi tips untuk menghemat waktu saat menjawab tes TOEFL. Kuasai semuanya agar kamu bisa menamatkan seluruh pertanyaan dengan baik tanpa kekurangan waktu. Bagi porsi menjawab dengan seimbang agar soal terakhir tidak dilakukan terburu-buru karena sisa waktu yang sedikit.

Tip Umum Lainnya

Artikel Lainnya

Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Tip TOEFL: Berapa Lama Masa Berlaku Skor TOEFL?
Tip TOEFL: Apakah Belajar TOEFL Bermanfaat di Kehidupan Nyata?
Tip TOEFL: Supaya Tidak Kehabisan Waktu saat Kerjakan Tes TOEFL
Tip TOEFL: Berapa Lama Waktu untuk Belajar TOEFL?
Tip TOEFL: Tip Taklukan TOEFL bagi Kamu yang Dari Indonesia
Tip TOEFL: Ketika Sistem Sebuah Negara Mempengaruhi Skor TOEFL

 

Reading TOEFL: Jenis Pertanyaan dalam Reading, Kategorisasi
Reading TOEFL: Sinonim Bahasa Inggris
Contoh Soal Listening TOEFL: Short Talks (Part 2)
Speaking TOEFL: 8 Tip Speaking Tes TOEFL untuk Pemula
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Smart Energy
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Petakan Isu Formal
Reading TOEFL: Temukan Tokoh Utamanya untuk Mengetahui Maknanya
Writing: 15 Latihan Soal Independent Essay dalam Writing
Speaking TOEFL: Cara Menjawab dengan Cermat
Writing TOEFL: Etika Kutipan dan Parafrase


 
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Seni
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Mengenal Negara-negara
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Sosok Penting
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Health