sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip TOEFL: Belajar TOEFL dari Komunitas Kekinian? Bisa!

Mempersiapkan diri untuk menghadapi tes TOEFL kadang bisa jadi melelahkan, loh. Bagaimana tidak, kamu harus terpaku pada buku-buku panduan tebal, duduk di depan komputer untuk mengerjakan kursus online, hingga berlatih bicara di depan kaca. Rasanya setiap waktu luang yang kamu punya akan kamu alokasikan demi mendapat skor TOEFL gemilang. Setuju, bukan? Jika ini yang kamu lakukan, saatnya duduk dan istirahat sebentar. Jangan sampai persiapan yang kamu lakukan justru membuat kamu stres dan sakit saat hari H digelarnya tes!

Tahukah kamu, bahwa belajar mempersiapkan diri untuk tes TOEFL bisa dilakukan lewat berbagai cara yang menyenangkan. Termasuk dengan bergaul dan bersenang-senang dengan teman! Tapi bukan hanya bersenang-senang biasa, ya. Ada tips dan trik agar kamu bisa mendapat ilmu dan tetap mengasah pengetahuan bahasa Inggrismu selagi bergaul dengan teman-teman. Sebagai bonus, kamu juga bisa memperluas jaringan, menambah teman dan pengalaman, serta menemukan banyak cara pandang baru yang menarik! Apa saja kira-kira caranya? Berikut cara belajar Inggris lewat komunitas:

1. Couchsurfing

Apakah kamu pernah mendengar tentang Couchsurfing? Dalam situs resminya www.couchsurfing.com, taglinenya adalah stay with locals and meet travelers. Ya, Couchsufring adalah jejaring sosial yang membuat semua anggotanya bisa berinteraksi terutama saat traveling. Pertama kali ada pada tahun 2003, berawal dari sebuah proyek non-profit untung menghubungkan para traveler. Hingga kini sudah ada ribuan orang yang bergabung dalam Couchsurfing dan mendapat banyak keuntungan darinya!

Contoh keuntungannya adalah berupa hospitality exchange, yaitu saling bergantian membantu ketika ada anggota Couchsurfing lain yang berkunjung ke negaramu. Misal, kamu sedang akan berkunjung ke New Zealand. Lalu kamu menemukan teman dalam situs Couchsurfing, dan dia bersedia menampungmu selama berada di New Zealand. Kalian bisa mengenal lebih dekat satu sama lain, bahkan kamu bisa mendapat pemandu gratis! Hal yang sama terjadi saat dia berkunjung ke Indonesia. Kamu bisa menawarkan rumahmu atau jasa untuk mengajaknya menikmati Jakarta dari sudut pandang berbeda. Menarik, bukan? Selain menambah teman, dengan Couchsurfing tentu saja kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggrismu akan terasah! Kamu akan terpancing untuk aktif berbicara dalam bahasa Inggris sekaligus memperkaya perbendaharaan katamu.

2. Polyglot Indonesia

Pernah dengar tentang Polyglot? Ya, Polyglot adalah sebutan untuk satu orang yang bisa memahami banyak bahasa. Di Indonesia, ada komunitas yang menaungi mereka dengan kemampuan spesial tersebut, dengan nama Polyglot Indonesia. Dalam situs resminya www.polyglotindonesia.org, Polyglot berdiri pada tahun 2012 atas inisiatif 3 pendirinya yang sedang menempuh kuliah di negeri orang. Polyglot Indonesia mewadahi orang yang gemar dengan bahasa atau bagi ekspatriat yang sedang mempelajari bahasa Indonesia.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh Polyglot, seperti pertemuan reguler di beberapa kota besar. Terinspirasi dari komunitas Polyglotclub di Paris, Polyglot Indonesia hingga kini berkembang semakin besar. Konsep regular meetup mereka pun menyenangkan. Tidak ada batasan bagi anggotanya, siapapun berhak untuk ikut asalkan memiliki kemauan besar untuk belajar. Uniknya, nanti saat bertemu semua anggotanya akan memperkenalkan diri lengkap dengan bahasa yang dikuasai. Bukan tidak mungkin kamu bisa belajar lebih dari 1 bahasa jika bergabung dalam komunitas yang satu ini! Jadi, kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris, bahkan meminta tips dari mereka yang lebih berpengalaman atau pernah tinggal di luar negeri. Banyak sekali manfaatnya, bukan?

3. Goodreads

Apakah kamu si kutu buku? Jika iya, Goodreads bisa menjadi pilihanmu untuk bergabung dengan mereka sesama pecinta buku! Dalam website Goodreads yang dirilis pada tahun 2007 ini, ada jutaan anggota dan buku yang bisa kamu ulas. Lewat review yang ditulis oleh sesama anggota Goodreads, kamu bisa tahu buku apa yang cocok untuk kamu baca berikutnya! Begitu pula halnya dengan ulasan yang kamu tulis tentang buku yang baru kamu baca, bisa bermanfaat bagi orang lain.

Terutama bagi kamu yang sedang mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, fokuslah pada novel atau buku berbahasa asing. Hal ini sangat ampuh memperkaya perbendaharaan katamu akan hal-hal yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Jangan ragu untuk membuka kamus jika suatu ketika kamu merasa tertarik dengan sebuah kata di novel favoritmu. Ini adalah cara efektif untuk membuat kamu paham betul dengan kata baru karena kamu mengingatnya dengan cara yang menyenangkan!

4. Grup Facebook

Komunitas selanjutnya juga bisa kamu temukan dengan mudah. Cukup ketikkan kata kunci “TOEFL” di kolom pencarian, dan akan muncul daftar grup yang berkaitan dengan TOEFL. Kamu bisa melihatnya satu persatu dan menimbang mana yang paling cocok dengan kepribadianmu! Pasti tiap anggota dari grup ini akan rajin mengunggah informasi terkait TOEFL yang bisa menjadi referensi bermanfaat buatmu. Sebagai bonus, kamu bisa menambah teman baru sekaligus memperluas jaringan. Menarik, bukan?

5. Streaming Film atau Serial

Tips yang terakhir ini bisa jadi adalah favorit semua orang. Siapa yang tidak suka mengikuti sebuah serial atau menonton film yang menarik? Nah, khusus untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri demi skor TOEFL gemilang, pilih film atau serial berbahasa Inggris. Kamu bisa menontonnya dari berbagai media, mulai dari offline hingga streaming di berbagai platform yang kini tersedia di mana saja. Pastikan kamu menonton tanpa subtitle, ya! Karena akan percuma jika kamu masih dibantu dengan teks terjemahan. Jika kamu terbiasa untuk menonton tanpa subtitle, kemampuan komunikasi dan listening kamu juga akan meningkat. Jangan hanya berhenti sampai di sini, ya. Sebisa mungkin bergabung dalam diskusi dengan orang-orang yang juga menonton film itu, sehingga kamu bisa memperkaya sudut pandang dan perbendaharaan kata.

Itu tadi 5 cara menarik untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris sekaligus refreshing saat mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL. Lakukan kelima hal di atas dengan tetap belajar secara teratur agar kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara maksimal. Selamat bersenang-senang!

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Tip TOEFL: Berapa Lama Masa Berlaku Skor TOEFL?
Tip TOEFL: Apakah Belajar TOEFL Bermanfaat di Kehidupan Nyata?
Tip TOEFL: Supaya Tidak Kehabisan Waktu saat Kerjakan Tes TOEFL
Tip TOEFL: Berapa Lama Waktu untuk Belajar TOEFL?
Tip TOEFL: Tip Taklukan TOEFL bagi Kamu yang Dari Indonesia
Tip TOEFL: Ketika Sistem Sebuah Negara Mempengaruhi Skor TOEFL
Tip TOEFL: Cara Interpretasi Skor TOEFL, Tahukah Kamu?
Tip Umum TOEFL: Cara Mempersiapkan Tes TOEFL bagi Orang Sibuk
Tip TOEFL: Kiat menghadapi Tes TOEFL, Persiapan Menentukan Prestasi!
Tip TOEFL: Belajar TOEFL dari Komunitas Kekinian? Bisa!

 

Speaking TOEFL: Kenali Perbendaharaan Kata untuk Debat
Tip TOEFL: Pentingnya “Reading Out Loud”
Reading TOEFL: Parafrase
Listening TOEFL: Belajar Listening dari Subtitles dan Transkrip
Belajar Grammar Tes TOEFL: Struktur Kalimat Paralel
Writing TOEFL: Struktur dalam Menjawab Independent Essay
Reading TOEFL: Momen-momen Darurat dalam Reading
Speaking TOEFL: Mengenal Idiom
Speaking TOEFL: Seni Diplomasi dalam Percakapan Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Mengulik Prefixes Bahasa Inggris: “CO-“ dan “MIS-“


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Tip TOEFL: Susunan String of Adjectives sebagai Penjelas Kata Benda
Tip TOEFL: Kamus Mini Phrasal Verbs
Tip TOEFL: “Text Insert” Asah Ketelitian dalam Menjawab Soal
Tip Writing TOEFL: Penggunaan “Koma” dalam Bahasa Inggris
Writing TOEFL: 4 Langkah Membuat Essay yang Terorganisir
Reading TOEFL: Jenis Pertanyaan dalam Reading, Kategorisasi
ReadingTOEFL: Asah Reading dengan Baca Novel (Part 2)
Reading TOEFL: Asah Reading dengan Baca Novel (Part 1)
Reading TOEFL: Konteks Reading dari Berita Entertainment
Reading TOEFL: Temukan Tokoh Utamanya untuk Mengetahui Maknanya