sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Paket Zoo Admission Plus Spa dalam Bali Zoo

Penasaran Mengenai Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Sambil Mengikut Jejak Wisata dalam Dialog? Simak Percakapan dalam Bali Zoo yang Akan Menuntun Kita Ini

Seperti yang terdapat pada artikel sebelumnya, ketiga wisatawan kita kali ini sudah sampai dalam Bali Zoo dengan paket “Zoo Admission” yang lengkap dengan spa 1 jamnya. Meskipun spa merupakan sedikit bagian dalam dialog yang kita pelajari bahasa Inggrisnya ini, namun saya akan membuat learners sekalian belajar lebih lagi mengenai hal-hal yang termasuk dalam paket ini.

Seperti biasa, sebelum kita melangkah lebih jauh pada poin-poin pelajaran bahasa Inggrisnya, kita akan melihat contoh dialog sebagai berikut:

Pia: Aww, these colorful parrots are so cute!! Let me observe further… Wow, Rika, we can play water guns here!

(Pia: Aww, burung kakatua yang berwarna-warni itu begitu menggemaskan!! Coba aku amati lebih jauh… Wah, Rika, kita bisa bermain pistol air di sini!)

Rika: You sure want to challenge me at those games? You won’t win.

(Rika: Kamu mau menantangku dalam permainan-permainan itu? Kamu tidak akan menang.)

Pia: Well, let’s try!!! *splashing water gun shots to Rika and get splashed a few times in return, and so on…*

(Pia: Yah, coba saja!!! *sambil menyiprati air lewat tembakan pistol (mainan) ke Rika dan mendapat cipratan balik beberapa kali sebagai balasannya, dan seterusnya…*)

Disco: Friends, it seems that our spa session is approaching. Look at that beeping car!

(Disco: Teman-teman, sepertinya sesi spa kita sudah akan dimulai. Coba lihat mobil yang klaksonnya berbunyi itu!)

Pia: Hooray!!! Amazing spa experience in Bali waits for us!

(Pia: Hore!!! Pengalaman spa di Bali yang menyenangkan menunggu kita semua!)

Cukup beragam, bukan, hal-hal yang dapat dilihat dalam Bali Zoo dengan paket yang dipilih Disco ini? Saya akan mengajak learners sekalian untuk “membedah” pelajaran bahasa Inggris yang terkandung di dalamnya, yakni ketiga poin seperti yang terdapat pada uraian berikut ini:

1. Belajar Mengenai Sebutan Bahasa Inggris Soal Fitur-Fitur dalam Paket

Selain spa, fitur-fitur yang terdapat dalam paket “Zoo Admission” yang dipilih Disco pada dialog sebelumnya dan terdapat pula pada contoh dialog artikel ini adalah melihat-lihat aksi binatang (dilambangkan dengan kalimat, “These colorful parrots are so cute!!” dan bermain aneka permainan.

Dalam kalimat, “These colorful parrots are so cute!!”, kita perlu mengingat kalau “cute” tidak harus berarti lucu, bisa saja artinya adalah imut atau menggemaskan seperti yang terdapat pada terjemahan dialog ini. Selain itu, permainan sendiri artinya adalah “games” dalam bahasa Inggris, dan “water guns” adalah salah satu contoh “games” yang dapat kita mainkan lewat paket “Zoo Admission”-nya Bali Zoo.

2. Melihat Kata-Kata dan Frasa “Aksi” dalam Bahasa Inggris

“Aksi” yang pada umumnya dilambangkan dengan tanda bintang di setiap bagian percakapan ini mungkin sudah banyak kita ketahui pada pembahasan artikel-artikel sebelumnya. Namun, mungkin kita para learners baru mengenal kata dan frasa “aksi” yang lebih luas saat melihat pada contoh dialog artikel ini dan pemaparannya di paragraf berikutnya pada poin ini.

“Observe” yang terdapat pada bagian awal dialog Pia merupakan salah satu contoh kata pengganti aksi “walk” yang esensi artinya sama bila digabung dengan kalimat, “Let me observe / walk further,” Selain itu, kita juga belajar frasa “splashing … and get splashed” sebagai frasa “aksi” yang bersifat timbal balik. Lari-larinya, frasa aksi “splashing … and get splashed” ini sama dengan “showering … and get showered”, “catching … and get caught”, dan sebagainya.

3. Belajar Lebih Banyak Tentang Majas Personifikasi dalam Bahasa Inggris

Siapa sangka, majas personifikasi atau majas / idiom yang membuat deskripsi benda mati seolah-olah menjadi “makhluk hidup” juga dapat kita temui dalam bahasa Inggris sebagaimana bahasa Indonesia. Dalam dialog yang terdapat pada artikel ini, paling tidak ada 2 majas personifikasi dalam bahasa Inggris yang dapat kita pelajari bersama.

Majas pertama adalah “the beeping car” pada bagian dialog Disco, yang “menghidupkan” bayangan mobil karena menggunakan kata kerja “beeping”. Padahal sesungguhnya, “beeping” pada “the beeping car” mengacu pada klakson mobil sebagai bagian mobil yang berbunyi.

Selain itu, masih ada majas kedua, yakni, “Amazing spa experience in Bali waits for us!” pada dialog Pia di bagian akhir contoh percakapan. Bila kita membaca sekilas kalimat ini, seolah-olah “amazing spa experience in Bali” atau “pengalaman spa yang menyenangkan di Bali” merupakan manusia yang menunggu kehadiran kita karena ada kata “waits for us”. Padahal sebenarnya, ini baru dalam imajinasi Pia saja yang tidak sabar menikmati keindahan spa yang “amazing” atau “menarik / mengagumkan / menyenangkan” di Bali.

Untuk contoh dialog pada artikel selanjutnya, anggap saja ketiga wisatawan sudah menyelesaikan sesi spa mereka, sehingga mereka akan sharing pengalaman spa mereka selama di Bali Zoo. Setting-nya sendiri masih di Bali Zoo, namun pelajaran bahasa Inggrisnya berbeda dengan artikel ini. Saksikan artikel selanjutnya untuk contoh dialog lengkapnya yang menjadi pelajaran atau sesi tutorial bahasa Inggris selanjutnya.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Pantai Legian di Siang Hari
Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Paket Zoo Admission Plus Spa dalam Bali Zoo
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Pengurusan Visa Turis Australia
Percakapan Bahasa Inggris: Mengelompokkan Barang Bawaan di Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat di Ramayana
Percakapan Bahasa Inggris: Bagian Dalam Pesawat
Percakapan Bahasa Inggris: Cerita Perencanaan Negara Tujuan Liburan Berikutnya
Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Kawasan Mewah Singapura
Percakapan Bahasa Inggris: Pengalaman Mengunjungi Kawasan Q1
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Berada di Universal Studio


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)