sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Pengalaman Mengunjungi Kawasan Q1

Ingin Merasakan Indahnya Belajar Bahasa Inggris Lewat Pengalaman Wisata? Jangan Lewatkan Contoh Percakapan di Kawasan Q1 Ini Beserta Poin-Poin Bahasa Inggrisnya!

Sesuai dengan ringkasan akhir dari artikel sebelumnya yang menunjukkan contoh percakapan dalam artikel ini, contoh percakapan ini akan mengajak kita untuk melihat sisi kota Brisbane selain Build-a-Bear yang dijadikan tempat pesta ulang tahun pada contoh sebelumnya.

Sisi kota Brisbane ini terlihat dari Q1, proyek yang menawarkan berbagai macam pengalaman berwisata. Pengalaman-pengalaman tersebut terlihat pada contoh percakapan berikut ini, bersamaan dengan poin-poin bahasa Inggris yang akan kita pelajari nantinya:

Pia: Let’s party and dance together!!! *while drinking lots of beers and champagnes in the Crystal Blue yacht and toasting those glasses*

(Pia: Mari berpesta dan berdansa bersama-sama!!! *sambil meminum banyak bir dan sampanye di dalam kapal pesiar Crystal Blue dan mengajak bersulang lewat gelasnya*)

Rika: My, my… *shakes her head in confusion* Pia, is this what you call attracting your beloved Kacung? *goes away while picking up her cheeses*

(Rika: Ya ampun… *menggeleng-gelengkan kepalanya dalam kebingungan* Pia, apa ini yang kamu bilang ingin menarik hati Kacungmu yang tercinta? *pergi sambil mengambil jatah kejunya*)

Disco: *after an hour of sailing and looking on his techie devices* We’re arriving at the SkyPoint, guys!

(Disco: *setelah satu jam mengarungi lautan dan melihat pada peralatan canggihnya* Kita akan tiba di SkyPoint, teman-teman!)

Kacung: Charlotte, ready to climb the high?

(Kacung: Charlotte, siap memanjat ketinggian?)

Charlotte: Yaaay!

(Charlotte: Yeeey!)

Mungkin dialog di atas singkat, namun pelajaran bahasa Inggrisnya dapat menjadi hal menarik yang dapat kita ambil darinya. Tiga poin pelajaran bahasa Inggris berikut inilah yang dapat kita ambil dari contoh percakapan di atas:

1. Belajar Mengenal Lebih Banyak Mengenai Fasilitas Kapal Pesiar

Dalam bahasa Inggris, kapal pesiar identik artinya dengan “cruise ship”. Namun, istilah “cruise ship” itu ternyata hanya dipakai untuk kapal pesiar berukuran besar saja. Cara lain untuk menyebut kapal pesiar adalah “yacht” seperti “Crystal Blue yacht” yang ada di kawasan Q1.

Dalam “Crystal Blue yacht”, penumpang akan dimanja dengan minuman-minuman seperti “beers” dan “champagnes”, yang disajikan dalam berbagai macam gelas atau “glasses” dalam bahasa Inggrisnya. Biasanya, minuman-minuman ini dipasangkan dengan aneka ragam “cheeses”, namun Rika dan Pia sepertinya mengambil approach atau pendekatan yang berbeda dengan mengonsumsi “beers”, “champagnes”, dan “cheese” secara terpisah.

2. Mengenal Ekspresi Tidak Tertarik Dalam Bahasa Inggris

Ekspresi tidak tertarik dalam contoh percakapan ini terlihat dari frasa-frasa dalam dialog aksi dan pertanyaan tag Rika. Kesemua hal tersebut, yakni “shakes her head in confusion”, “is this what you call … ?”, dan “goes away” merupakan 3 di antara sekian banyak contoh ekspresi ketidaktertarikan dalam bahasa Inggris yang dapat kita pelajari.

Shakes her head” sendiri arti harafiahnya “menggoyang-goyangkan kepalanya”, namun arti sebenarnya adalah “menggeleng-gelengkan” mengingat frasa ini adalah lawan kata dari “nods her head” yang berarti “mengangguk-anggukkan kepalanya”. Di sisi lain, “goes away” berbeda dengan hanya “go” yang pergi tanpa tujuan negatif, karena siapapun yang “goes away” pastilah pergi meninggalkan tempat karena tidak tertarik.

Bila orang sedang merasa sinis atau sarkas mengenai cita-cita lawan bicaranya, kalimat tanya semacam, “is this what you call attracting your beloved Kacung?” dapat muncul. Karena ini adalah question tag, maka pertanyaan ini biasanya tidak membutuhkan jawaban lisan.

3. Belajar Mengerti Lebih Banyak Ungkapan Frasa dan Idiom yang Berbeda-Beda

Masing-masing ada 1 frasa dan idiom menarik yang dapat kita pelajari dari contoh percakapan di atas. Frasa tersebut adalah “an hour” pada bagian dialog aksi Disco, sementara idiomnya adalah “ready to climb the high?” pada bagian dialog Kacung menuju akhir.

Kita, para learners, yang telah mempelajari serba-serbi beda “a” dan “an”, mungkin kebingungan bagaimana bisa “hour” yang awalannya huruf mati melekat dengan “an”. Sebenarnya, fokus imbuhan “a” atau “an” adalah pada bunyi pelafalannya, yakni “a-wer”, sehingga depannya menjadi “an” bukan “a”.

Climb the high” merupakan idiom penjelas dengan kata “high” atau “tinggi”. Biasanya, ungkapan ini ditujukan untuk sesuatu yang sangat tinggi, seperti SkyPoint Observation Deck and Climb di Q1 yang dapat menolong pengunjung melihat keindahan kota Brisbane dari ketinggian 400 meter lewat 300 anak tangga. Awalan “Ready to … “ sebelum “climb the high” merupakan pertanyaan ajakan, yang lebih ke arah tantangan untuk melakukan sesuatu yang baru.

Kacung dan Charlotte tidak sendirian saat “climb the high” di contoh percakapan pada artikel selanjutnya. Trio wisatawan pun menemani mereka. Bagaimana dengan poin-poin bahasa Inggrisnya? Pastinya makin seru… Namun, bagaimana? Simak saja kelanjutannya pada artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah SkyPoint Observation Deck
Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Little Venice
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat di Ramayana
Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Kawasan Mewah Singapura
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Pod Chocolate Factory
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Pengurusan Visa Turis Australia
Percakapan Bahasa Inggris: Brosur dan Penganggaran untuk Liburan ke Vietnam
Percakapan Bahasa Inggris: Mencari Orang Hilang di Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Berbagi Kesan Selama Berada di Zona Spa Bali Zoo
Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Pantai Legian di Siang Hari


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)