sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan di Kebun Raya Cibodas

3 Poin Pelajaran Bahasa Inggris pada Percakapan di Kebun Raya Cibodas Ini Akan Membukakan Pikiran Kita Lebih Lanjut Lagi, Para Learners!

Setelah puas “bermain-main” dengan keindahan pegunungan dan kehidupan reptil, amfibi, serta burung yang melintasi sungai Tapos di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) pada artikel sebelumnya, ketiga tokoh utama wisatawan kita ini akhirnya sampai juga ke Kebun Raya Cibodas, tempat bunga sakura bermekaran.

Anggaplah mereka sudah membayar tiket masuk pada kebun raya yang jaraknya kurang dari 10 kilometer dari TNGGP ini, dan mereka sudah memasuki kawasan bunga sakura. Mari, kita simak “perjalanan” mereka pada dialog ini sambil mempelajari 3 poin penting bahasa Inggris yang terkait dengannya pada poin-poin berikutnya:

Pia: The cherry blossom flowers are soooooo pretty!!! This is a truly economical way to see Japanese cherry blossom flowers, isn’t it, Rika?

(Pia: Bunga sakuranya begitu iiiiinnnnddaaah, ya!!! Ini benar-benar cara hemat untuk melihat bunga sakura Jepang, ya ‘kan, Rika?)

Rika: Yes, and I see several purple-colored cherry blossoms as well here… So pretty with its dominant pink-colored gradations.

(Rika: Ya, dan aku melihat beberapa bunga yang berwarna ungu juga di sini… Begitu cantik dengan kombinasi gradasi merah mudanya yang dominan.)

Disco: Aren’t these beautiful? Let me show you Cibodas’ 6 greatest waterfalls. Follow me through these paths.

(Disco: Apakah semua yang kalian lihat itu indah? Mari aku tunjukkan 6 air terjun Cibodas yang terbesar. Ikuti aku lewat jalan-jalan ini.)

Rika: Wow… It seems you are familiar with this place.

(Rika: Wow… Sepertinya kamu begitu mengenal tempat ini.)

Disco: Of course! After all, I’ve been travelling here for 5 consecutive years.

(Disco: Tentu saja! Lagipula, aku sudah pernah berwisata ke sini selama 5 tahun berturut- turut.)

Singkat cerita, setelah melewati medan perjalanan yang cukup menantang, ketiga tokoh wisatawan akhirnya mengunjungi air terjun dengan masing-masing titik indah pemandangan alamnya yang berbeda-beda. Karena mereka sudah sekian jauhnya dari perjalanan awal, maka kita para learners juga tidak boleh kalah dalam mempelajari bahasa Inggris yang terkait dengan dialog pada artikel ini.

Jadi, apa saja poin-poin pelajaran bahasa Inggris yang dapat kita ambil lewat dialog di atas? Simak ketiganya lewat ulasan tutorial bahasa Inggris berikut ini:

1. Question Tag dan Ekspresi Lain dalam Bahasa Inggris untuk Menyatakan Harga

Masih ingat dengan pelajaran question tag dalam beberapa seri artikel lalu? Sekadar menyegarkan ingatan kembali, question tag serupa dengan bentuk pertanyaan yang mencoba meyakinkan pihak yang ditanyai, sehingga kita akan menjumpai tambahan unsur “not” seperti “isn’t it?” pada kalimat question tag Pia di bagian pertama percakapan.

Question tag pada dialog di artikel ini lebih spesifik bila dibandingkan dengan question tag pada artikel-artikel sebelumnya. Penambahan panggilan “Rika” sesudah “isn’t it” bukan hanya membuat question tag menjadi lebih dekat antar teman atau lawan bicara, namun juga membuat pertanyaan lebih fokus dan terarah, khususnya ketika lawan bicara ada lebih dari 1 orang.

Selain itu, harga tidak harus dinyatakan dalam jumlah mata uangnya. Misalnya, dalam bahasa Inggris, kita dapat menggunakan ekspresi “a truly economical way” seperti yang digunakan Pia untuk menyatakan cara yang benar-benar murah, ekonomis, dan tidak memakan banyak biaya. Bila yang dimaksudkan hanya “murah” saja, maka “truly”-nya dapat dihilangkan dan “a” diganti “an”, karena kata “economical” diawali dengan huruf vokal.

2. Ekspresi Keindahan Komponen Alam dalam Bahasa Inggris

Bila dihubungkan dengan konteks dialog pada artikel ini, kita akan mengetahui kalau ada 2 macam ekspresi keindahan alam yang tercermin. Pertama, cerminan “gradation” pada warna bunga yang bercampur indah. Kedua, ada “waterfalls” sebagai sebutan salah satu komponen alam pada tempat wisata alam.

Seperti yang telah disinggung pada paragraf sebelumnya, “gradation” mencerminkan campuran atau gradasi warna. “Gradation” hampir selalu mengandungi warna dominan, yang dalam bahasa Inggris artinya adalah “dominant”. Contoh kalimat dalam percakapan di atas adalah, “…with its dominant pink-colored gradations”, yang berarti warna bunga sakura dalam Kebun Raya Cibodas yang mendominasi gradasi warna adalah merah muda.

Kita, para learners, yang sering berlibur ke Bogor, pasti tidak asing dengan curug. Karena curug merupakan bahasa daerah, mungkin kita akan susah dalam membahasakannya. Faktanya, curug dan air terjun memiliki bahasa Inggris yang sama, yakni “waterfalls”. Jadi, jangan bingung lagi, ya!

3. Belajar Lebih Jauh Mengenai Cara Menceritakan Pengalaman dalam Bahasa Inggris

Bila kita memperhatikan perkataan Disco di bagian terakhir, “I’ve been travelling here for 5 consecutive years,” dan menggabungkannya dengan seluruh bentuk kalimat present yang telah kita pelajari pada artikel sebelumnya, kita akan segera mengetahui kalau inilah salah satu bentuk present atau masa kini yang dapat kita pelajari.

Secara umum, bentuk berumuskan “have / haven’t been + verb –ing” ini merupakan bentuk present perfect continuous yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sudah terjadi di masa lalu namun masih ada kemungkinan berlanjut sampai ke depannya. Kalimat Disco sebagaimana dijelaskan pada dialog dan pada paragraf pembuka poin ketiga ini menunjukkan di masa lalu, Disco telah bepergian ke Kebun Raya Cibodas selama hitungannya 5 tahun, dan masih ada kemungkinan berangkat lagi sekarang hingga ke depannya.

Kita mengenal “for” pada bentuk menceritakan pengalaman seperti ini sebagai waktu yang dapat diukur, seperti 5 tahun, 10 tahun, 2 tahun, setengah bulan, dan sebagainya yang sudah pasti angkanya. “For (berapa durasinya) consecutive” sendiri artinya adalah “Selama (berapa durasinya) berturut-turut”. Kata lain “consecutive” dengan makna dan penempatan kalimat yang sama adalah “in a row”, yang menunjukkan durasi berkelanjutan yang sudah pasti jumlahnya.

Wow, wow, wow… Semakin menarik, bukan, pelajaran bahasa Inggris pada artikel ini? Kendati ketiga wisatawan tokoh utama kita pada artikel selanjutnya sudah kembali ke villa dan menikmati fasilitas yang ada, pelajaran bahasa Inggris yang ada akan menjadi makin unik dan yang pastinya memperkaya pengetahuan kita akan poin-poin penting dalam bahasa Inggris. Jadi, para learners, siapkan “amunisi” Anda untuk pelajaran berikutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Cerita Perencanaan Negara Tujuan Liburan Berikutnya
Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Ubud Adventure Center
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Pod Chocolate Factory
Percakapan Bahasa Inggris: Mencari Orang Hilang di Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Mengelompokkan Barang Bawaan di Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Menentukan Tempat Wisata Alam
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Berada di Pameran Wisata Mal
Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah SkyPoint Observation Deck
Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Percakapan Bahasa Inggris: Kembali Lagi ke Rumah dan Menjelajah Rencana Liburan


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)